Review Toshiba Portege Z830

 

svg%3E

Portege Series telah lama dikenal sebagai jajaran laptop Toshiba yang hadir dengan desain tipis dan menawan. Hal ini juga terlihat pada Portege keluaran terbarunya. Toshiba Portege Z830 merupakan Ultrabook yang paling tipis dan paling ringan di dunia saat ini. Untuk performa, Anda mendapatkan pilihan antara Core i5 dan Core i7. Untuk pengujian kali ini, kami akan mengulas versi Core i7.

[tab: Konsep dan Desain]

Ultra Slim, Light & Sexy

svg%3E

Z830 memiliki desain yang super tipis yaitu 8,3 mm dan bobot sekitar 1,1 kg, paling tipis dan paling ringan untuk jajaran Ultrabook. Bahkan ukurannya ini lebih tipis dari legenda laptop langsing, Apple MacBook Air. Desainnya juga berkelas dibalut warna abu-abu berbahan magnesium alloy dengan didukung rangka yang menyerupai sarang lebah (honeycomb) yang kokoh. Begitu membuka notebook tipis ini, tampak layar LCD berukuran 13,3 inci (1366×768)pixels ditemani dengan webcam 1.3MP di bagian atasnya.

Segala macam konektivitas di letakkan pada bagian belakang notebook mulai dari 2x USB 2.0, 1x USB3.0, HDMI, LAN hingga VGA out. Desain ini memberikan kesan tipis jika dilihat dari samping dan membuat notebook nampak minimalis. Toshiba juga tidak melupakan mereka yang suka menggunakan mouse dengan menyisakan satu port USB di samping kanan laptop. Mekanisme engsel cukup kuat dan meyakinkan sehingga Anda tidak perlu cemas akan membuatnya rusak saat membuka tutup layarnya. Bicara soal layar, salah satu ciri layar Ultrabook adalah layar yang “bergetar” jika dibuka. Hal ini disebabkan karena bagian layar yang ekstra tipis dan ini juga ditemukan di Z830.

Keyboard Nyaman
Menariknya lagi adalah tombol keyboard memiliki jarak yang cukup antar tombolnya. Kami dapat mengetik dengan nyaman dan cepat saat mengujnya. Keyboard juga dapat menyala dengan sinar backlit dari bawah ketika kondisi ruangan dalam kondisi kurang cahaya.

Tidak hanya mengandalkan desain, Ultrabook portege Z830 ini juga memiliki performa yang mantap dengan didukung processor Intel Core i7-2677M @ 1.8 GHz (4CPU) serta memori sebesar 6 GB DDR3. Sistem operasi yang ditanamkan juga sudah Windows 7 Professional 64 bit bukan Windows 7 Home Premium, menandakan bahwa Ultrabook ini memang ditujukan untuk kebutuhan bisnis. Ada beberapa faktor yang membuat notebook ini ringan; yaitu absennya drive optik internal serta penggunaan SSD sebagai media penyimpanan. Salah satu faktor lain yang lebih krusial adalah penggunaan bahan magnesium untuk bodinya.

Untuk grafis, Z830 menggunakan Intel HD 3000 graphic yang juga sudah mendukung teknologi Wi-Di. Teknologi Wi-Di sendiri adalah teknologi untuk menampilkan visual notebook ke layar HDTV anda secara wireless melalui koneksi Wifi. Mengingat tidak adanya perangkat TV dengan koneksi wireless di kantor kami, maka fitur ini belum sempat diuji.

Hi-speed Start Mode

Fitur penunjang lainnya yang tidak kalah adalah Hi-speed Start Mode. Anda hanya memerlukan waktu sekitar 20 detik dari kondisi notebook dinyalakan hingga Windows siap dipakai. Fitur Shock Absorb andalan Toshiba juga masih menjadi andalan di Ultrabook ini. Untuk konektivitas wirelessnya Ultrabook ini telah ditanamkan Wi-Di, Bluetooth 3.0HS dan Wifi 802.11 a/b/g/n. Fingerprint juga hadir di Ultrabook ini sebagai sistem pengamanannya dengan sistem scan jari untuk mengakses windows.

Kualitas Suara & Baterai

Anda pasti tidak akan mengira bila notebook tipis ini mampu menghasilkan suara yang keras dan jernih meskipun speakernya sangat kecil berada di sisi depan. Hal ini disebabkan karena stereo speakers piranti ini didukung oleh MaxxAudio? yang mampu menghasilkan performa tersebut di atas, sehingga dapat menghasilkan performa audio yang tetap nyaman. Dan menariknya lagi adalah daya tahan baterai Ultrabook ini mampu bertahan hingga sekitar 8 jam dalam kondisi pemakaian terus menerus sehingga sangat menguntungkan bagi para mobile worker agar tidak perlu sering mencari saklar untuk mengisi ulang baterai internalnya. Seperti Ultrabook lain, Anda tidak dapat melepas baterainya sendiri yang telah tertanam di dalamnya.

Spesifikasi

svg%3E

svg%3E

Bagi anda yang menyukai notebook lifestyle yang lebih mengutamakan desain, baik dalam hal bobot, ketipisan serta fitur dan performa, Ultrabook Toshiba Portege Z830 sangat layak diperhitungkan. Dengan harga mulai dari US$1429 untuk tipe dengan prosesor Intel Core i5, Portege Z830 dapat menjadi pilihan bagi Anda yang membutuhkan laptop ekstra ringan, cepat, dan bergaya.

Spesifikasi Toshiba Portege Z830 Ultrabook:

•Intel Core i7-2677M @ 1.8 GHz (4CPU) processors

• RAM 6 GB DDR3

•13.3 “LED-backlit display (1366 × 768)

•Onboard Intel HD 3000 graphics

•128GB SSD

•Magnesium alloy chassis dengan honeycomb structure

•Backlit, spill-resistant keyboard

•2xUSB 2.0, 1x USB 3.0 (right side), HDMI dan VGA out

•1.3-megapixel webcam

•Fingerprint reader

•Bluetooth 3.0HS, Wi-Di dan Wifi 802.11 a/b/g/n

•Ketipisan 8.3 mm

•Berat 1.1 kg

[tab: Galeri Foto]