Ventura Sparc MGS: Arloji Otomatis dengan Sistem Mikro Generator

Jam tangan atau arloji otomatis memang bukanlah suatu hal yang baru. Arloji otomatis akan bergerak aktif saat pegas berliku di dalamnya bergerak. Namun hal ini berbeda dengan Sparc MGS, sebuah arloji terbaru besutan perusahaan penghasil jam Ventura Watch. Arloji digital otomatis ini akan menyimpan tenaga saat rotor bergerak yang disebut mikro-generator. MGS sendiri merupakan singkatan dari Micro Generating System.

Ventura menyatakan, rata-rata pergerakan orang tiap harinya dapat disalurkan untuk menggerakkan pusat rotasi pada jam tangan. Setiap kali sumber putaran ini bergerak, maka akan mengeluarkan tenaga untuk menggerakkan micro-generator yang menimbulkan tenaga listrik. Pada saat jam tangan dikenakan, rotor tersebut bergerak, maka sumber tenaga yang dihasilkan mampu mengaktifkan arloji Sparc MGS hingga 45 hari tanpa henti.

Seperti dilansir oleh The Wrist Watch Review, Minggu (23/10), selain memiliki fungsi untuk menunjukan waktu, Sparc MGS memiliki fitur menarik lain seperti teknologi LED backlight, zona dual time, alarm, chronograph, dan juga kalendar. Selain itu, salah satu fitur unik lain yang cukup menarik dari jam tangan ini adalah memiliki sistem operasi EasySkroll v2.0. Sistem operasi ini juga berfungsi pada saat Sparc MGS memerlukan upgrade terbaru untuk beberapa fungsi tambahan terbaru.

svg%3E

Arloji yang pertama kali diperkenalkan pada pameran jam dan perhiasan terbesar di dunia, BaselWorld 2011, di Swiss, April 2011 lalu ini dipasarkan dalam dua pilihan model warna, hitam dan silver. Untuk yang berwarna hitam (model W 55 Ltd) merupakan jam tangan limited edition, dan Ventura Watch membanderolnya dengan harga USD 5500 (sekitar Rp 48 juta). Sedangkan untuk yang berwarna silver (model W 50 Ltd) cukup ditebus dengan harga USD 5250 (sekitar Rp 46 juta).