MobiUS™ SP1, Ponsel Pintar dengan Fungsi USG

Kemajuan teknologi ponsel memang menantang banyak pihak membuat nilai lebih dari kepintaran sebuah ponsel. Seperti ponsel pintar MobiUS SP1 keluaran Mobisante. MobiUS SP1 memiliki fungsi sebagai alat pencitraan ultrasoun atau yang biasa disebut sebagai layanan USG. Mobisante mencipatakan perangkat MobiUS SP1 ini bertujuan agar pencitraan USG sampai ke semua kalangan mengingat layanan USG di sebuah klinik atau rumah sakit meminta biaya yang cukup mahal. Mengingat USG yang teratur untuk wanita dapat mendeteksi kista dan mioma serta mengurangi resiko bayi lahir tidak sehat atau bayi prematur karena perhitungan yang tidak tepat pada ibu hamil.

Dalam situs resmi mobisante dijelaskan bahwa gambar pencitraan janin, perut, hati, panggul, dan perifer dapat dengan mudah disimpan sebagai arsip menggunakan jaringan seluler, Wi-Fi, atau konektivitas langsung ke komputer pribadi. MobiUS SP1 dikatakan sebagai alat ultarasonography yang kompatibel, dengan interface yang mudah dioperasikan dan harga lebih terjangkau dibandingkan alat USG pada umumnya. Penjualan ponsel pintar ini tentunya juga dilengkapi dengan alat serupa tongkat yang ditempelkan pada bagian tubuh dan gel khusus yang dioleskan.

MobiUS SP1 menggunakan layar sentuh seluas 4,1 inchi pada dimensi perangkat 5.1″ x 2.75″ x 0.4″. Alat ini ditenagai baterai 1300 mAh yang mampu membaca pencitraan terus menerus selama 1 jam. Memori internal yang dibenamkan dalam MobiUS SP1 cukup besar, yaitu 8GB yang mampu menampung sekitar 32 ribu gambar hasil scan.

Harga yang ditawarkan untuk sebuah perangkat MobiUS SP1 adalah $ 7.495 atau lebih dari 60 juta rupiah. Kabarnya harga yang dibanderol masih bisa dikatakan terjangkau untuk klinik kecil dibandingkan perangkat USG mobile lainnya yang menawarkan harga sampai dengan $100,000.

Spesifikasi :

Layar: 4.1″ WVGA (800×480) touch screen
Dimensi: 5.1″ x 2.75″ x 0.4″
Berat: 11.6 oz
Resolusi hasil Scan: Up to 480×480
Besar file hasil scan: ~ 250KB as .BSX or ~42KB as JPEG
Imaging Presets, Plus Optimization: Gain – Near, Mid, Far; Depth, Scale, Intensity, Contrast, Text annotations, Arrow, Measurements
Kapasitas penyimpanan: 8GB (+32,000 images) or optional additional storage up to 32GB Cine: up to 6 secs, ~4MB
Share Images: Email or USB cable to PC
Jaringan koneksi: WiFi or cellular
Battery: 1300 mAh +, continuous scan time > 60 min
Data pasien: First name, Last name, ID, DOB, Picture
Cold Start: 45 seconds, instant on
PC Viewer: Included, compatible with Windows 7, XP, Vista, free download
Supported Transducers:
3.5 and 5.0 MHz — Abdominal, OB/Gyn, Guidance procedures 7.5 and 12 MHz — Vascular, Small organs
Paket Pembelian:
Smartphone with 8GB Micro-SD memory card, one transducer, USB cable, power cord, gel, Quick-Start Guide, Operator’s Manual.

Verified by MonsterInsights