Zeo Sleep Manager: Monitor Kualitas Tidur Melalui Perangkat iOS dan Android

svg%3E

Kurang tidur ataupun jam tidur yang kurang baik sering menjadi masalah pada orang dewasa. Tidur, seperti halnya berbagai aktifitas tubuh lain dapat dijadikan patokan untuk menentukan tingkat kesehatan seseorang. Ketika berbicara masalah tidur, durasi tidak memainkan peran utama dalam menghasilkan tubuh yang segar pada saat bangun, melainkan kualitas tidur yang harus diperhatikan.

Perusahaan Zeo Mobile telah mengumumkan aplikasi wireless headband terbaru mereka yang dapat digunakan saat penggunanya sedang dalam keadaan tertidur. Aplikasi yang bernama Zeo Sleep Manager membantu pengguna dalam memonitor kualitas tidur mereka. Aplikasi ini tersinkronisasi dengan sebuah headset yang mengukur aktivitas otak, gerakan mata, dan sinyal-sinyal lainnya pada saat pengguna sedang dalam fase tidur ringan, tidur nyenyak, maupun tidur REM (Rapid Eye Movement).

Zeo Sleep Manager mengambil data saat otak kita mulai berhenti berada di dunia nyata dan masuk ke alam bawah sadar manusia (saat tertidur). Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi kualitas tidur setidaknya saat kita mencoba untuk tidur. Data-data yang dikumpulkan tersebut lalu dikirim ke perangkat iOS Anda atau perangkat Android (melalui koneksi Bluetooth) dan disinkronisasikan dengan situs Zeo Mobile yang akan menyediakan kepada Anda gambaran detail mengenai aktivitas otak Anda. Aplikasi ini bahkan bisa dipakai untuk membangunkan Anda saat berada di puncak kepulasan tidur, jadi Anda tidak akan terbangun tiba-tiba saat berada di tengah mimpi.

“Untuk mendapatkan kualitas tidur terbaik, setiap individu dianjurkan berada dalam kondisi tidur nyenyak dan REM sebanyak-banyaknya,” ujar Ben Rubin, salah satu pendiri Zeo Mobile seperti dikutip dari Reuters.com.

Menurut Rubin, headset yang disediakan oleh Zeo memiliki sensor yang mengukur aktivitas otak, otot, dan mata, sama seperti yang biasa dilakukan dalam laboratorium percobaan. Hanya saja teknologi ini sekarang hadir untuk level konsumer.

Lebih lanjut lagi, Rubin menjelaskan bahwa memonitor kualitas tidur pengguna hanyalah permulaan. Selanjutnya, Zeo akan membantu pengguna menciptakan kebiasaan tidur yang lebih baik dengan menggunakan data yang telah diambil oleh aplikasi Sleep Manager. Aplikasi ini juga dapat disinkronisasikan dengan aplikasi lainnya, seperti RunKeeper dan DailyBurn, untuk membantu pengguna melihat bagaian hubungan antara kualitas tidur dengan kondisi tubuh dan kebiasaan makan mereka.

Zeo Sleep Manager saat ini dapat dipesan melalui sistem pre-order dan akan mulai didistribusikan pada 26 Oktober 2011. Zeo Mobile membandrol aplikasi canggih ini dengan harga USD 99.

svg%3E
svg%3E
svg%3E
svg%3E
svg%3E

Verified by MonsterInsights