Tips: Berbagi Konten Tanpa Kabel dengan Western Digital My Book Live

svg%3E

Network Attached Storage mungkin merupakan solusi terbaik penyimpanan Anda di rumah. Apalagi seperti My Book Live dari Western Digital yang memiliki kecepatan transfer data hingga 100MBps. Dengan My Book Live Anda bisa dengan mudah berbagai bermacam file dengan komputer lain dalam jaringan yang sama.

Di dalam bodinya yang terbilang ramping tersebut tertanam hard disk 3.5 inci (WD Caviar Green) yang cepat, tidak berisik dan memakai daya rendah. Anda tidak akan menemukan port USB untuk menambahkan hard disk lain atau printer, namun sebagai media penyimpanan, kapasitas 3TB sudah cukup memadai untuk saat ini.

Western Digital memanfaatkan dengan baik sisi desain yang memiliki lubang-lubang ventilasi sehingga tak ada kipas sebagai pendingin yang disertakan. Untuk memulai menggunakannya, saya cukup melakukan beberapa langkah saja. Mencolokkan kabel power, memasang kabel LAN yang terhubung dengan router, dan memasukkan CD instalasi ke komputer.

svg%3E

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan dengan tepat, komputer akan mulai mencari My Book Live yang sudah terhubung ke jaringan tadi.

Setelah terdeteksi, maka Anda sudah mulai menyimpan dan berbagi data di jaringan. Windows 7 yang kami gunakan mendeteksi ia sebagai network server. Atau yang terpenting adalah Anda dapat dengan sangat mudah melakukan back up file-file di PC atau laptop Anda ke My Book Live berkat software WD Smart Ware. Selain itu My Book Live juga mendukung Apple Time Machine.

Kapasitas yang tersedia di pasaran mulai dari 1TB (sekitar Rp.1,5 juta), 2TB (sekitar Rp.1,9 juta) dan 3TB (sekitar Rp.2,5 juta) dengan garansi terbatas 3 tahun.