Tips: Kirim dan Terima SMS Gratis via GMail

svg%3E

Google Mail atau yang lebih kita kenal dengan Gmail kini memiliki fitur kirim dan terima SMS gratis. Bekerja sama dengan puluhan operator di berbagai negara, Anda dapat dengan mudah mengirimkan pesan singkat melalui komputer ke nomor dari operator-operator baik di dalam negeri maupun di luar negeri dengan gratis, sehingga tak perlu lagi menguras pulsa di ponsel Anda saat harus bertegur-sapa menanyakan kabar kerabat di luar sana.

Namun tak ada artinya jika hanya mampu mengirim ke operator luar negeri jika tidak dapat mengirim ke operator negeri sendiri. Jangan khawatir, saat tulisan ini dibuat, Google telah menggandeng 3 operator tanah air yakni Indosat, Telkomsel dan Tri sehingga Anda dapat mengirim SMS gratis ke nomor-nomor dari tiga operator tersebut. Ke depannya, akan bertambah lagi operator-operator baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Mengirim SMS

svg%3E

Lalu bagaimana caranya? Pertama, Anda harus memasukkan nomor tujuan di kolom seperti pada gambar. Saat kami memasukkannya tanpa kode negara (08999xxx), GMail tetap dapat langsung mengenalinya. Setelah itu, Anda harus menyimpan terlebih dahulu nomor tersebut di buku kontak Anda dengan nama si empunya nomor.

svg%3E

Dalam percobaan kali ini, saya mengirimkan pesan ke nomor saya sendiri. Selesai mengetikkan pesan, Anda tinggal menekan Enter untuk mengirimnya. Tak perlu menunggu lama, pesan akan masuk dalam beberapa detik (tergantung tangkapan sinyal ponsel penerima).

svg%3E

Lalu, hasil kiriman Anda pada komputer juga akan tampil seperti balon chat di sisi kanan bawah layar GMail Anda. Nantinya jika penerima membalas pesan Anda, balasan tersebut juga akan langsung tertampil di situ. Namun yang perlu diingat adalah, Anda hanya memiliki kredit untuk mengirim 50 SMS. Sedangkan jika Anda menerima balasan atau SMS ke email Anda, kredit Anda akan langsung bertambah 5 (maksimal 50). Lalu bagaimana kalau masih kehabisan? Tenang saja, dalam 24 jam poin Anda akan kembali utuh kok.

Memblokir SMS dari GMail

Rupanya teman Anda menggunakan fitur ini untuk iseng, atau Anda mendapat teror dari pengagum rahasia Anda. Jangan khawatir, Anda dapat memblokir pesan masuk dari akun email tersebut lewat cara membalas yang mereka kirim dengan perintah BLOCK. Untuk membukanya, tinggal kirim SMS balasan UNBLOCK.

[tab:Daftar Operator]

Manfaatkan layanan ini untuk menyapa kerabat Anda di luar negeri. Cek operator yang telah menjalin kerja sama dengan Google. Khusus untuk Amerika Serikat, Google telah support untuk operator di sana. Operator dari Indonesia tidak lagi kami cantumkan di sini.

Afghanistan
svg%3E
Afghan Wireless Communication Company

Algeria
Nedjma

Angola
svg%3E
Unitel

Bahrain

Zain

Cameroon
MTN

Côte d’Ivoire
Orange

Ghana
Airtel
svg%3E
Tigo

svg%3E

Iraq
Zain

Israel
Orange
Pelephone

Jordan
Zain

Kazakhstan
svg%3E
Kcell

Kenya
Airtel
Orange
svg%3E
Safaricom

Kuwait
Wataniya
Zain

Liberia
Cellcom

Malawi
Airtel
TNM

Maldives (Maladewa)
svg%3E
Wataniya

Mozambique
Vodacom

Nigeria
Glo
Starcomms

Palestine
svg%3E
Jawwal
Wataniya Mobile

Philippines
Globe
SMART
Sun Cellular

Saudi Arabia
Mobily
svg%3E
STC
Zain

Senegal
orange
Tigo

Sri Lanka
svg%3E
Dialog
Mobitel

Tanzania
Vodacom
Tigo

Tunisia
svg%3E
Tunisiana

Uganda
Orange
MTN
Uganda Telecom

United States of America
Semua operator

Zambia
svg%3E
Airtel
MTN
Zamtel