Instagram Versi 2.0 Dirilis: Dilengkapi dengan 4 Filter Terbaru

svg%3E

Jejaring sosial berbasis foto (plus editing) terbesar di platform iOS, Instagram, baru saja merilis versi teranyarnya, Instagram versi 2.0. Selain logo dan penyegaran user interface (UI), ada sejumlah tambahan teknis yang diberikan oleh Burbn Inc., selaku pengembang Instagram, untuk semakin memanjakan penggunanya.

Di antara aspek teknis yang mendapat pembaruan adalah diperkenalnya empat filter baru. Keempat filter menarik ini adalah Amaro, Rise, Hudson, dan Valencia. Dalam pembuatan filter ini, Instagram bekerja sama dengan Cole Rise yang merupakan salah satu pengguna Instagram yang sangat populer. Cole Rise adalah seorang fotografer dan desainer yang juga berprofesi sebagai pilot. Instagram nampaknya bakal terus meningkatkan kolaborasi dengan pihak ketiga untuk penambahan filter sebagai fitur andalannya. Bukan tidak mungkin nantinya ada kolaborasi dengan Instagrammer Indonesia yang memiliki pengetahuan soal ini.

svg%3E

Pada Instagram v2.0 ini, pihak pengembang juga mengenalkan sebuah fitur terbaru, yaitu Live filters. Tidak seperti versi sebelumnya di mana Anda sebagai user harus mengambil foto kemudian baru membubuhkan filter. Dengan fitur terbaru ini, Anda bisa langsung mengaplikasikan filter melalui in-app camera-nya. Dan setelah mengambil foto, Anda pun masih bisa menggonta-ganti filternya, bahkan mengembalikan foto tersebut ke normal alias tanpa filter.

Selain itu terdapat juga fitur Instant tilt-shift. Dengan fitur ini, Anda dimungkinkan untuk melakukan selective blur 100 kali lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya. Fitur ini juga dapat digunakan untuk mendapatkan DoF (depth of field) yang lebih menawan.

Pengembangan lainnya adalah peningkatan ukuran foto yang didukung oleh Instagram. Sebelumnya ukuran standar di Instagram adalah 612 × 612 pixel. Dengan pembaruan di versi terbarunya ini, Instagram mendukung ukuran foto hingga 1936 × 1936 pixel untuk iPhone 4 dan 1536 × 1536 pixel di iPhone 3GS. Pastinya akan sangat menawan jika nantinya foto-foto hasil editing Instagram dicetak menjadi foto beresolusi tinggi ataupun dijadikan wallpaper komputer/ tablet Anda.

svg%3E

Aplikasi Instagram v2.0 ini mendukung perangkat yang menggunakan iOS 4.2.1 dan di atasnya. Dengan kata lain, produk yang mampu mendukung aplikasi ini adalah iPhone 4, iPhone 3GS, iPod touch generasi ketiga dan keempat, iPad 2, dan iPad.

Dengan rilisnya versi terbaru ini, tentu saja merupakan pencapaian luar biasa bagi pengembang yang berbasis di San Fransisco, yang sejauh ini hanya digawangi oleh 6 orang pegawai. Saat ini pengguna Instagram sudah menuju 10 juta orang dan sudah lebih dari 150 juta foto diunggah. Sayangnya, aplikasi ini belum hadir di platform lain selain iOS. Sempat terdengar kabar kalau pihak pengembang akan menghadirkan aplikasi Instagram di platform Android. Namun, hal tersebut belum terwujud. Akankah aplikasi tersebut hadir di Android? Kita tunggu saja perkembangannya…

Verified by MonsterInsights