Quantcast
Aksesoris KomputerKomputer

LG Hadirkan Monitor Cinema 3D dengan Harga Terjangkau

LG01

LG telah resmi meluncurkan monitor 3D mereka lewat seri LG D2342P. Dengan ukuran layar 23 inci, monitor ini juga dilengkapi dengan fitur Flicker Free alias bebas kedip dan kecerahan layar yang lebih baik. LG menerapkan teknologi FPR atau Film Patterned Retarder yang menggunakan lapisan khusus pada layar monitor yang memproduksi efek 3 dimensi, di mana alat bantunya hanyalah kaca mata dengan lensa terpolarisasi. Efek FPR ini juga akan membuat kedua mata menangkap sinyal dari monitor secara bersamaan.

LG dalam rilisnya menjelaskan bahwa metode jauh berbeda dibanding teknologi shutter glasses yang diterapkan pada monitor 3D kebanyakan, di mana kinerja teknologi tersebut mengandalkan kaca mata dengan lapisan khusus Liquid Crystal Glasses plus dukungan baterai akan menangkap pancaran sinyal dari layar monitor secara bergantian antara mata kanan dengan kiri pada ritme tertentu, sementara layar monitor menayangkan perspektif berbeda dari gambar yang sama. Proses inilah yang merancang otak memunculkan efek 3 dimensi.

Cara kerja yang hampir serupa dengan kejapan mata secara bergantian dan tuntutan fokus pada satu bagian layar demi memperoleh letak tepat jatuhnya sinyal pada mata, ditunjuk ssebagai sebab keletihan mata penggunanya. Inilah yang dimaksud dengan efek kedipan atau flicker.

Susanto, Product Manager of Monitor LG Indonesia menjelaskan bahwa,

“Penggunaan kaca mata shutter glasses kadang menimbulkan rasa pusing akibat efek kedipan dan gelombang elektromagnetik dari perangkat elektronik yang tertanam pada kaca matanya. Harganya pun jauh lebih mahal.”

Namun efek tersebut tidak akan ditemukan dalam produk terbaru LG Cinema 3D Monitor, lanjut Susanto, yang telah mengantongi sertifikat uji resmi dari dua lembaga berskala internasional yakni TUV dan Intertek untuk jaminan bebas dari efek flicker. Untuk harga, monitor canggih ini dilepas cukup terjangkau, yakni Rp3.450.000.

7 komentar

  1. monitor ini bisa di fungsikan seperti TV ga? artinya TV-nya di ganti dengan monitor ini

  2. lagi browsing2 TV 3D harga terjangkau nemu link ini.. ini sih bukan harga terjangkau lagi, TV 3D termurah kaleee
    gile 3,4jeti! langsung meluncur ke toko dah nih, cek tkp.. thx infonya!

    1. wah, gan.. ini “monitor komputer” loh, tanpa fungsi TV. saya juga bingung saudari sheila gracia menulis ini sebagai 3D Smart TV dan sudah mencobanya.

      1. hah? monitor bukan = TV maksudnya ya om? wakakak salah pengertian neh xP
        ane soalnya nemu linknya gara2 browsing nyari TV 3D harga terjangkau, ane liat harga 3,4jeti dah lgsg ngiler aje wakakak
        kalo monitor jd buat maen game kale ya om? enak jg kale yak

Back to top button