Quantcast
NewsReview

Review : Nokia C2-01, Ponsel Hemat dengan Akses Data Mantap

Nokia C2 01

Dengan bandrol harga sekitar 800 ribuan, Nokia menghadirkan kemampuan dukungan akses data 3G dalam Nokia C2-01. Walaupun desain yang diusung terbilang klasik tanpa tersentuh rasa canggih sama sekali, tetapi kemampuan yang dihadirkan fasilitas dan fitur di Nokia C2-01 rasanya lebih dari cukup dibandingkan ponsel lain dengan harga yang setara.

[tab: Konsep Desain]

Nokia C2-01 mengusung bentuk candybar praktis yang nyaman masuk dalam saku. Diantara 3 pilihan warna yang keluar di pasaran (hitam, silver dan putih), Nokia C2-01 yang masuk ke meja redaksi adalah warna hitam doff. Karakter ponsel hitam yang satu ini sesuai digunanakan untuk pria maupun wanita, mengingat tidak semua bagian body ponsel terbalut warna hitam. Karena list sisi bagian depan ponsel, bagian pemisah layar dan keypad, sekeliling keypad navigasi serta sekeliling lensa kamera di bagian belakang dihiasi warna perak mengkilap. Warna hitam doff dengan permukaan kesat yang dihadirkan memberikan keuntungan tersendiri, terutama untuk bagian belakang ponsel karena meminimalisir resiko tergelincir.

Nokia C2-01 memang tidak mengusung desain dengan ciri ponsel ‘canggih’ dengan keyboard QWERTY atau layar sentuh. Walaupun hanya dengan keyboard alphanumeric standard, Nokia C2-01 tetap nyaman digunakan untuk mengetik teks panjang. Yaaa mengingat sejak awal type keyboard ponsel memang seperti ini, jadi rasanya tidak canggung menggunakannya.

Nokia C2 01 Keypad

Susunan keypad cenderung rata dengan penempatan tombol yang terbilang solid dan kokoh. Keyboard alphanumeric standard ini juga dilengkapi dengan tambahan keypad yang terbilang umum. Keypad navigasi 5 arah, call dan endcall serta 2 keypad yang bisa disetting menjadi shortcut untuk 2 aplikasi yang sering digunakan. Selain 2 keypad yang bisa disetting untuk shortcut 2 aplikasi tersebut, Nokia C2-01 tidak memiliki keypad shortcut lain. Anda tidak akan menemukan keypad kamera ataupun volume yang biasa menghiasi bagian sisi ponsel.

Pada bagian sisi, Anda hanya akan menemukan port untuk kartu memori di sisi kiri, port charging dan port audio di bagian atas serta port kabel data di sisi kanan. Keberadaan port kartu memori di bagian luar ponsel sangat menguntungkan mengingat kegiatan membuka atau menancapkan kartu memori tidak perlu melewati proses mematikan ponsel dan membuka baterai terlebih dahulu. Tetapi sayangnya, Nokia C2-01 masing menggunakan charger kecil dengan jenis yang terbilang out of date (bukan jenis USB) sehingga akan sangat menyulitkan jika lupa membawa charger karena sudah jarang yang menggunakannya.

 

 

Dengan hanya mengusung layar sebesar 2 inci, pencahayaan layar terbilang baik, meski sedikit penurunan penglihatan ketika dipantau di bawah terik matahari. Wajar, mengingat teknologi layar yang diusung masih sebatas TFT saja. Layar utama Nokia mampu menampung maksimal 9 aplikasi yang bisa dengan cepat di akses tanpa harus membuka menu utama. 3 aplikasi akan tampil di bagian atas layar dan 6 aplikasi lainnya akan menampilkan icon dengan navigasi geser untuk dipilih. Jika bosan, Anda bisa personalisasi homescreen sesuai keinginan dengan masuk ke Menu Utama > Setting > Display > Home screen > Personalise View.

Nokia C2 01 Personalise Home Screen

[tab: Fitur]

Kirim Apapun dari menu Messaging

Nokia C2 01 Messaging

Ketika ingin mengirimkan pesan singkat (SMS) Anda dipersilahkan untuk memilih 3 jenis pesan, yaitu Message, Flash message dan Audio Message. Ketika memilih message, Anda bisa memasukkan komponen multimediameliputi video clip, kamera (ambil foto langsung), photos (foto dari memori), sound clip, calendar entry, bussines card, theme, streaming link, gallery file, text field, dan text template. Asyiknya Anda bahkan bisa melihat preview pesan yang dibuat dan mengirimkan pesan ke lebih dari 1 penerima sekaligus.

Integrasi Facebook

Nokia C2 01 Facebook

Nahhh….kalau sudah berkaitan dengan aplikasi social yang satu ini, pasti banyak yang tertarik. Nokia C2-01 memang sudah terintegrasi dengan aplikasi Facebook. Jadi urusan update status, komen status teman, komen foto, kirim pesan sampai upload foto bisa dilakukan dari ponsel mungil ini. Tampilan facebook dalam Nokia C2-01 menghadirkan 4 tab utama, yaitu Home, Profile, Friends dan Inbox. Pada bagian pojok kanan atas layar akan tampil logosuratJika Anda masih memiliki pesan baru yang belum dibuka. Upload foto bisa dilakukan dengan mengambil foto yang tersimpan dalam memori atau langsung ambil dari fitur kamera dengan menekan Option > Take Foto. Dalam menu option Anda juga bisa menggunakan fasilitas lain seperti Update status, Refresh, About, Upgrade Logout dan Exit. Jika hanya memilih Exit (bukan logout) maka ponsel akan memberikan notifikasi jika ada pesan atau komen yang masuk untuk Anda.

Mudahnya Setting Email

Nokia C2-01 mendukung protocol POP3, SMTP, dan IMAP4 sehingga mampu menampung lebih dari 1 account email dari Ovi Mail, Yahoo!, Gmail, Windows Live Hotmail, dan lainnya. Fitur email bisa diakses dari Menu Utama > Email atau Menu Utama > Messaging > Email. Ketika pertama kali setting email Anda hanya perlu mengarahkan kursor ke bagian Add account lalu pilih web untuk email account yang ingin digunakan.

Akses data 3G

Inilah satu dintara sekian daya pikat Nokia C2-01 yang ditawarkan. Walaupun sistim termasuk dalam ponsel berbasis Series 40 yang katanya ‘biasa saja’ tetapi akses data yang dihadirkan pada ponsel ini tidak sekedar dukungan untuk kecepatan data sekelas GPRS dan EDGE saja, tetapi sudah dibekali kemampuan 3G. Pencarian situs atau informasi di internet tentu saja lebih cepat dengan tempo waktu yang dibutuhkan untuk membuka website local hanya dalam hitungan detik saja. Tetapi akses 3G ini tetapi bergantung kepada operator yang Anda gunakan ya.

Nokia C2 01 Browser

Ovi Life Tools Ready

Nokia C2-01 adalah salah satu ponsel yang telah available untuk layanan Ovi Live Tools. Rangkaian layanan Life Tools terdiri dari pendidikan, pertanian serta hiburan. Tidak hanya itu, Ovi Life Tools yang disuguhkan juga bisa mengakses layanan terbaru yaitu Healthcare. Layanan Healthcare akan memberikan informasi seputar kesehatan, mulai dari tips, informasi kehamilan, perkembangan anak, kesehatan, olahraga hingga informasi umum seputar kesehatan jantung, pernafasan, pencernaan dan diabetes. Informasi lengkap tentang Healthcare dari Ovi Life Tools dapat dibaca di yangcanggih.com.

Healthcare Ovi Life Tools

Performa Multimedia

Nokia C2-01 terbilang ponsel ‘terjangkau’ yang menyuguhkan sarana hiburan memadai. Dalam menu Media, Anda bisa menemukan fitur kamera, video kamera, media player, radio, voice recorder dan equalizer. Beragam fitur multimedia tersebut didukung dengan kapasitas penyimpanan yang didukung memori tambahan microSD maksimal 16 GB.

Walaupun tidak dilengkapi dengan tombol khusus, tetapi kemampuan kamera 3.2 megapiksel yang dibenamkan dalam ponsel ini sangat menarik perhatian. Mengingat dengan kisaran harga kurang dari satu juta rupiah, ponsel keluaran merek lain tidak membenamkan kemampuan kamera yang sebesar itu. Paling tidak kamera VGA atau maksimal 2 megapiksel.

Ketika dilakukan pengujian mengambil gambar dengan posisi objek membelakangi cahaya matahari, detail dan kontras warna terbilang optimal. Hasil foto juga tetap optimal jika digunakan untuk mengambil gambar di dalam ruangan dengan cahaya cukup. Sayangnya, dengan kemampuan maksimal 3.2 megapiksel, fitur kamera tidak dilengkapi dengan fasilitas autofokus dan flash. Jadi hasil foto kurang maksimal jika digunakan untuk membidik objek di malam hari.

Simak hasil foto dari kamera Nokia C2-01 berikut ini :

Nokia C2 01 Foto Outdoor

Photo0001

Photo0002

Photo0003

Photo0007

Pengaturan untuk fitur kamera tersedia cukp lengkap. Kualitas foto disediakan dalam 5 pilihan ukuran, mulai dari 0.1MP sampai maksimal 3.2 MP.Adajuga setting self timer, Effect, White Balance serta pilihan untuk format landscape.

Untuk fitur video record, Nokia C2-01 menyediakan 2 pilihan resolusi yaitu 320×240 dan 176×144 piksel. Untuk penyesuaian berbagai kondisi, pengaturan pada video sama halnya dengan menu pengaturan yang tersedia pada fitur kamera, yaitu, self timer, Effect, White Balance, format landscape serta mute sebagai pengaturan tambahan. Hasil rekaman video bisa disaksikan dengan tampilan setengah layer atau full screen agar lebih puas melihat hasil rekaman video.

Dalam fitur Audio Player, Nokia C2-01 tidak menyediakan beragam pernak pernik pengaturan di dalamnya. Hanya dukungan pilihan equaliser yang akan mengubah suasana lagu sesuai genre masing masing musik.

Nokia C2 01 Equalizer

Fitur terakhir yang akan disambangi adalah Radio FM. Untuk mendengarkan siaran radio, terlebih dahulu Anda diminta untuk menancapkan headset. Untungnya port audio yang disediakan adalah port universal 3.5mm, jadi untuk urusan yang satu ini masih bisa pinjam teman.

Nokia C2 01 Radio

Kesimpulan

Keunggulan :

Sebagai ponsel Series 40 dengan desain yang sederhana dan keyboard ‘umum’ saya merasa bahwa Nokia C2-01menawarkan kelebihan yang lebih dari yang diduga. Dukungan akses data 3G, kamera 3.2 megapiksel, layer utama type homescreen, integrasi social media, dan kemudahan setting email menjadi rangkaian keunggulan yang ditawarkan. Terlebih lagi jika mengarah pada harga kurang dari satu juta yang ditawarkan, hmmm..rasanya Anda tidak salah pilih jika menetapkan Nokia C2-01 sebagai ponsel pegangan jika ingin mengganti ponsel baru dengan budget mepet.

Kekurangan :

Sayangnya, kamera 3.2 megapiksel yang terbilang cukup baik di kelasnya kurang optimal dengan ketiadaan tombol khusus kamera dan minus flash. Teelepas dari flash, hasil foto yang dihasilkan pada setting latar cahaya matahari cukup baik dan bisa menutupi rasa kecewa. Paling tidak tips untuk upload foto langsung dari Nokia C2-01 dilakukan di siang yaa.

12 komentar

  1. knapa ya layarnya jadi blank putih semua? pdhl aku cuma nungguin loading twitter aja. tumben bgt kayak gini. udah gue mati’in lalu gw hidupkn lagi, masih blank putih layarnya. aduhh gimana nihhh ?

  2. jadi ragu nih bli hp yg ini.??
    huft..

    emng hp ni sring restart sndri ya.???

    TQ.
    tlong jwab PLiss..

  3. Gw pake c2-01, kualitas kamera ok, koneksi 3G mantap, loudspeaker maknyus, baterai lumayan tahan…
    Minusnya : suara earpiece parah, suka memory full, kadang blank dan restart sendiri, habis softreset aplikasi2 terinstal hilang sertifikat.

    1. ane juga pake ni hape, cukup bagus tahan bantingan juga. emang yg bikin susah suka restart sendiri

Back to top button