Quantcast
News

Olympus PEN E-P3: Kamera Micro Four Third dengan Auto Focus Tercepat di Dunia

000

Inilah kamera klasik Olympus PEN yang terlahir kembali di era digital dengan sensor Four Thirds (2x crop) dan segudang fitur mewah terdapat dalam bodi berbalut metal ini. Meneruskan kesuksesan E-P2 di tahun lalu, kamera Olympus E-P3 ini kini diklaim memiliki kinerja auto fokus tercepat di dunia, bahkan lebih cepat dari DSLR.

Kamera yang diperkenalkan pada akhir Juni 2011 lalu ini menawarkan 35 titik fokus yang terpisah tersebar di hampir seluruh sensor, memungkinkan kamera untuk pin-point akurasi fokus pada subjek kecil di manapun mereka muncul dalam frame.

Kamera berdesain retro ini ditanamkan Live MOS sensor berkekuatan 12,3 megapixel yang diklaim dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Kamera ini juga mampu mengambil foto yang bagus dalam lingkungan cahaya rendah berkat built-in flash pada kamera, AF illuminator dan ISO hingga 12.800. Di Olympus PEN E-P3 ini juga sudah tersedia built-in flash. Sehingga pengguna sudah tidak perlu membeli flash tambahan lagi seperti seri terdahulu. Namun apabila penggunaan flash eksternal masih juga diperlukan, kamera ini juga sudah menyediakan hot shoe sebagai dudukan flash.

001
002

Walaupun kekuatan sensornya masih sama dengan pendahulunya, mungkin inilah kamera micro four third pertama yang punya dual core prosesor di dalamnya. Penggunaan prosesor ini membuat E-P3 memberikan banyak dampak positif, di antaranya kemampuan merekam gambar dan menampilkan gambar di layar di saat bersamaan (biasanya merekam dulu dan gambar baru tampil). Selain itu, penggunaan dual core ini membuat auto fokus yang lebih cepat sehingga E-P3 mengkalim dirinya sebagai kamera Micro Four Thirds dengan Auto Focus (AF) tercepat di dunia.

Untuk meningkatkan warna dan kecepatan, Olympus PEN E-P3 memiliki fitur TruePic VI Image Processor sebagai pengolah gambar. Image stabilization yang dijejalkan ke dalam kamera ini juga memungkinkan pengguna untuk mengambil keuntungan dari fitur ini dengan lensa yang bisa diganti-ganti (interchangeable lens).

Seperti kamera-kamera modern lainnya, Olympus PEN E-P3 juga dilengkapi dengan modus 3D Photo. Data yang diambil dari modus ini menggunakan format MPO, yang merupakan format universal yang digunakan dalam industri gambar 3D. Sehingga hasilnya dapat dengan mudah untuk ditampilkan di televisi 3D atau laptop yang sudah dilengkapi dengan teknologi 3D.

Olympus PEN E-P3 juga menghadirkan fitur perekaman video dengan format full HD (1080p @30fps). Hasil video yang sudah dilengkapi dengan sound stereo ini dapat disimpan dalam format AVCHD atau AVI. Kamera ini pun sudah dilengkapi dengan 10 jenis filter art; Pop Art, Soft Focus, Pale & Light Color, Light Tone, Grainy Film, Pin Hole, Diorama, Cross Process, Gentle Sepia dan Dramatic Tone. Kesepuluh filter ini dapat digunakan baik pada saat mengambil foto ataupun merekam video.

005
006

Pada bagian belakang Olympus PEN E-P3 disematkan sebuah LCD berukuran 3 inci berteknologi OLED dengan sistem touch screen. LCD ini memiliki kualitas warna 614.000 dots. Dengan teknologi OLED, tampilan LCD tetap bisa dinikmati dengan nyaman walaupun di bawah terik sinar matahari. Teknologi ini juga diklaim dapat menghemat konsumsi daya baterai. Layar LCD pada Olympus PEN E-P3 juga diberi lapisan anti-fingerprint (AF coating). Lapisan ini memberikan kejernihan pada tampilan layar karena tidak ada lagi bekas sidik jari yang menempel pada layar.

Olympus PEN E-P3 rencananya akan tersedia di pasaran pada awal Agustus 2011 nanti dengan tiga pilihan warna; hitam, putih dan silver. Kamera terbaru Olympus ini dijual dengan paket lensa M. Zuiko Digital 14-42mm f3.5-5.6 II R dengan harga USD 899,99. Tersedia pula pilihan lensa M. Zuiko Digital 17mm f2.8, M. Zuiko Digital ED 12mm F2.0 dan M. Zuiko Digital ED 45mm F1.8.

Spesifikasi Olympus PEN E-P3
• Type: Digital interchangeable lens system camera
• Imaging Sensor: Live MOS Sensor
• Effective Picture Resolution: 12.3 megapixels
• Lens mount: Micro Four Thirds mount
• ISO: Auto / ISO 200 – 12800
• Shutter Speeds: 60 – 1/4000 sec.
• Focus Points: 35 AF Points
• Still Image Recording Format: RAW (12-bit lossless compression), JPEG, RAW+JPEG, MPO (3D still)
• Motion Image Recording Format: AVCHD / AVI Motion JPEG
• LCD Type: 3.0″ OLED 614K dots with AF (Anti-Fingerprint) coating and touch panel
• HD Output: Mini HDMI type-C (1080i/720p/576p/480p)
• USB Port: USB 2.0 High Speed for storage through Multi-connector (MTP mode is available)
• Recording Media: SD Memory Card (SDHC, SDXC, UHS-I compatible), Eye-Fi, Class 6 is recommended for movie shooting

008
008a
007
009
010
0111
012
013
014
015
PEN E P3 011

Back to top button