HP rp5800 Retail System, Mesin Kasir Cerdas dari Hewlett-Packard

Industri ritel di Indonesia mengalami pertumbuhan sangat tinggi. Di tahun 2010, tercatat nilai penjualan sekitar Rp 100 milyar dan tahun 2011 yang diperkirakan mampu mencapai Rp 115 milyar, atau terjadi kenaikan sekitar 15%. Angka yang tidak sedikit itu turut disumbangkan oleh 500 lebih toko ritel besar maupun menengah seperti Matahari, hypermart, Carrefour, Alfamart, Indomaret, Lotte, MAP, dll. Sedangkan pusat perbelanjaan di Jakarta saja saat ini mencapai sekitar 68 buah. Hal ini dijelaskan oleh Antonni, Market Developer Manager DSO Personal System Group HP Indonesia.

HP (Hewlett-Packard) Indonesia menangkap potensi ini dengan mengembangkan jajaran produknya, dan kali ini segmen yang disasar adalah para peritel lewat solusi POS atau Point-of-Sale melalui mesin kasir yang didukung berbagai macam fitur dan layanan penunjang. Solusi ini sangat berguna bagi pelanggan maupun peritel itu sendiri.

Bagi pengunjung, tampilan layar yang menghadap ke mereka akan menciptakan pengalaman berbelanja baru yang interaktif karena didukung dengan port dual integrated graphics yang juga terhubung ke tampilan petugas kasir. Sedangkan bagi peritel, dengan adanya program khusus yang dikembangkan partner HP, Sinar Harapan Komputer, stok barang yang tersedia dapat dipantau secara real time dari kantor pusat maupun cabang lainnya memanfaatkan koneksi internet.

HP rp5800 telah memenuhi standar pengawasan tertinggi di industri seperti penggunaan Intel AMT (Intel vPro), DASH, WMI dan DMTF, serta mendukung OS Microsoft Windows 7 Prefessional, Windows POSReady 2009 dan Windows XP. Slot memori ekstra memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade hardware komputer mereka, selain tersedianya slot PCI Express lebih dari satu dan optical drives optional. Tentunya, perangkat ini dapat dengan mudah dikoneksikan dengan perankat pendukung lainnya seperti mesin pencetak struk, monitor, laci penyimpan uang dan pemindai kode bar (barcode scanner).

Pada acara peluncurannya di Jakarta, media diajak untuk ikut berinteraksi dengan produk terbaru HP tersebut dengan “berbelanja” di HP Mart, yang menggunakan HP rp5800 lengkap dengan pemindai dan thermal printer. Pongky Sutanto dari Sinar Harapan Komputer ketika diwawancarai mengatakan bahwa, hanya thermal printer yang dapat mencetak kode bar, selain tidak berisik seperti printer kasir kebanyakan.

Soal daya tahan, peritel sangat membutuhkan sebuah mesin kasir yang “bandel” demi efisiensi dan kelancaran kerja, terutama toko ritel seperti restoran yang terkadang menempatkan mesin kasir di samping dapur sehingga terpapar hawa panas terus menerus. Nah, durability HP rp5800 mampu bertahan dalam suhu hingga 40 derajat celcius. Jika ditambah sistem pendingin HP, perangkat itu bahkan masih mampu bertahan dalam suhu 50 derajat celcius. Tak hanya itu, sebuah mesin kasir harus mampu beroperasi setiap saat mengingat proses perdagangan beberapa toko ritel terjadi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. HP rp5800 sendiri mampu beroperasi selama seminggu tanpa henti.

“Mesin kasir, umumnya, beroperasi hanya delapan jam tapi HP rp5800 mampu hidup sampai 7 x 24 jam,” jelas Antonni lagi.

Ayam Goreng & Genangan Air

Selain itu, HP juga memamerkan produyk layar sentuhnya yang menggunakan teknologi resistif sehingga dapat dioperasikan dengan tangan yang berminyak atau bahkan potongan ayam sekalipun, sehingga sangat cocok digunakan di restoran atau kafe.

Selain mampu dipoerasikan dengan benda berminyak, solusi canggih dari HP tersebut juga tetap dapat bekerja dengan baik ketika ketumpahan air atau bahkan air masih menggenangi layarnya. Pengguna tak perlu takut kesetrum karena tetap aman.

Harga produk yang mulai tersedia di bulan Juli ini adalah sekitar $1,500 dengan garansi terbatas 3 tahun. Informasi lebih lengkap dapat Anda peroleh di situs www.hp.com/go/hpretail.

Verified by MonsterInsights