Photovine: Jejaring Sosial Layanan Foto dari Google

Setelah sukses meluncurkan Google+, raksasa mesin pencari Google kembali berencana meluncurkan jejaring sosial baru lainnya, yakni Photovine. Berbeda dengan Google+, Photovine adalah media sosial yang lebih berfokus pada berbagi foto.

Selama ini sudah ada beberapa media sosial berbagi foto di antaranya yang terkenal Instagram dan Picplz, selain bentuk lama seperti Photobucket, Picasa dan sebagainya. Picasa sendiri adalah bagian dari kepemilikan Google. Berbeda dengan Instagram, di Photovine kita bisa memamerkan foto hasil jepretan kita ke pengguna Photovine di seluruh dunia melalui topik tertentu yang akhirnya akan menjalar ke mana-mana seperti slogannya: “Plant a Photo, Watch It Grow”. Photovine sendiri merupakan produk bikinan Slide yang kemudian dibeli oleh Google pada Agustus 2010 lalu.

Meskipun Google tidak banyak memaparkan soal jejaring sosial ke publik, namun tampaknya Photovine akan menjadi salah satu andalan Google. Pengguna ponsel dapat mengambil foto dari ponsel mereka dan mengunggah sejumlah foto dengan cara yang sama saat nge-twit di Twitter. Jika Anda berlangganan Photovine seorang teman, Anda akan dapat melihat foto-foto terbaru yang diunggah teman Anda itu secara langsung.

Untuk bisa terdaftar sebagai pengguna Photovine, rupanya Google menerapkan tradisi yang ternyata dianggap cukup berhasil, yakni melalui undangan. Hal yang sama juga digunakan oleh Google pada saat meluncurkan Google+ beberapa waktu lalu.

Seperti dalam teaser yang saat ini beredar di YouTube, aplikasi Photovine ini justru pertama kali ada di App Store milik Apple. Hal ini artinya Photovine baru bisa digunakan perangkat mobile berbasis iOS seperti iPhone, iPod Touch dan iPad. Belum ada keterangan lebih lanjut apakah layanan ini juga akan segera tersedia pada perangkat mobile berbasis Android atau BlackBerry OS.

Belum diketahui juga apakah Photovine ini nantinya akan diintegrasikan dengan Google+, tetapi kemungkinan besar hal itu bisa saja terjadi. Meskipun belum diluncurkan secara resmi, Anda bisa mendaftarkan diri di website Photovine atau melalui iPhone, iPod Touch dan iPad dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasinya secara gratis di App Store. Bersiaplah untuk bernarsis-ria dengan foto-foto jepretan Anda dengan Photovine.

 

Verified by MonsterInsights