Quantcast
AndroidAplikasiNews

PayPal di Android: Akan Mendukung Pembayaran P2P dan NFC

Gerbang pembayaran online PayPal, mengumumkan fitur pembayaran P2P (peer-to-peer) untuk pengguna Android menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC), di mana dengan fitur tersebut pembayaran dapat dikirim atau diterima dengan menggunakan rincian transaksi dan semacam penyadapan satu ponsel terhadap ponsel lainnya.

P2P atau teknologi dari “ujung” ke “ujung” (atau antar pengguna) pertama kali diluncurkan dan dipopulerkan oleh aplikasi-aplikasi (file sharing). Sistem P2P yang sebenarnya adalah suatu sistem yang tidak hanya menghubungkan “ujung” satu dengan lainnya, namun ujung-ujung ini saling berhubungan secara dinamis dan berpartisipasi dalam mengarahkan lalu lintas komunikasi informasi, pemrosesan dan penugasan pembagian bandwidth yang intensif, sehingga jika sistem ini tidak ada, tugas-tugas ini akan diemban oleh server pusat.

Sedangkan teknologi NFC saat ini telah disuntikkan ke dalam beberapa smartphone terbaru seperti Samsung Nexus S dan Sony Ericsson Xperia Arc, namun belum optimal dan tersedia secara luas mengingat standar yang bervariasi serta kurangnya penggunaan. Namun Paypal mengambil langkah strategis untuk mendorong penggunaan sistem pembayaran mobile NFC tersebut untuk pengguna smartphone Android. Transaksi itu bekerja melalui widget PayPal di mana penggunanya dapat melakukan pengiriman atau permintaan uang ke pengguna lainnya. Salah satu pihak harus memasukkan rincian transaksi dan melakukan pairing dengan ponsel lainnya yang juga terinstal aplikasi serupa. Setelah itu ponsel secara bersamaan akan mengeluarkan tanda dan penerima kemudian dapat memilih untuk menerima transaksi dengan memasukkan PIN.

Sistem pembayaran ini sementara hanya tersedia di AS dengan ponsel Samsung Nexus S dari penyedia layanan Sprint atau T-Mobile, namun PayPal mengatakan layanan ini akan dikembangkan ke ponsel Android lainnya yang memiliki fungsi NFC dalam waktu dekat.

Back to top button