MiniSebran: Aplikasi Pendidikan Pra-Sekolah bagi Balita

svg%3E

Sejak usia dua tahun, rasa ingin tahu anak sudah mulai berkembang. Hal ini tentunya dirasakan oleh Anda yang sudah mempunyai anak. Sadar ataupun tidak, aktivitas Anda di depan komputer (saat Anda berada di rumah) turut diperhatikan juga oleh buah hati Anda itu. Seringkali si anak pun ingin tahu apa yang sedang Anda lakukan di depan komputer. Kami rasa sebagian dari Anda pun pasti mencoba mengenalkan teknologi komputer ini kepada anak Anda. Namun, tidak semua aplikasi yang ada di komputer Anda sesuai untuk buah hati Anda tersebut.

Salah satu cara mengakrabkan si kecil dengan komputer adalah dengan mengunakan software pendidikan yang dirancang untuk usianya. Anda dapat menggunakan software berbasis pendidikan bernama MiniSebran untuk mengenalkan dunia akademis usia dini kepada si kecil. Dengan MiniSebran si anak diajak untuk bermain sekaligus belajar.

Software yang dikembangkan oleh Marianne Wartoft ini memang diperuntukan bagi anak berusia dua hingga enam tahun. Karena termasuk freeware, software ini dapat bebas Anda gunakan tanpa membayar alias gratis.

Materi yang ditawarkan MiniSebran meliputi pengenalan warna, huruf, angka, gambar, bentuk, dan pengembangan kreativitas anak. Untuk menambah minat si kecil dalam belajar, aplikasi ini juga dilengkapi dengan beragam suara dan lagu. MiniSebran sendiri bukan hanya memperkenalkan pendidikan seputar akademis saja. Anak-anak juga akan diajarkan untuk menggunakan komputer secara dasar yaitu dengan melatih penggunaan keyboard dan mouse.

Tampilan MiniSebran didominasi dengan warna hitam sebagai latar belakang. Tombol yang tersedia cukup besar, sangat cocok untuk anak-anak. Aplikasi ini memakan satu layar penuh saat dijalankan. Materi pembelajaran terbagi ke dalam delapan kotak yang masing-masing kotaknya memiliki fungsi yang berbeda.

svg%3E

svg%3E

Software ini mengikutsertakan unsur pendidikan saat bermain game. Asyiknya lagi, saat si anak menjawab pertanyaan di game ini dengan benar, akan muncul “happy face” yang tentunya akan menambah semangatnya untuk terus belajar. Aplikasi ini memang belum tersedia dalam bahasa Indonesia. Namun, Anda dapat mengambil keuntungan dari kekurangan tersebut karena Anda dapat sekaligus mengajarkan bahasa Inggris sejak dini kepada si kecil.

Secara umum, aplikasi ini cukup ideal untuk membantu proses belajar anak berumur dua sampai enam tahun. Si kecil akan merasa proses belajarnya lebih menyenangkan. Sedangkan untuk para orangtua, tentunya akan sangat bersyukur karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi ini.

MiniSebran dapat Anda unduh langsung melalui website resminya di www.wartoft.nu. Aplikasi ini dapat dijalankan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 2000, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7.

svg%3E
svg%3E
svg%3E

Verified by MonsterInsights