Orange Sound Charge: T-shirt Inovatif Ubah Musik Jadi Listrik

Perusahaan telekomunikasi Orange melakukan inovasi dengan mengembangkan sebuah t-shirt yang dapat berfungsi sebagai sumber listrik untuk mengisi ulang baterai pada telepon seluler. Teknologi yang tertanam di t-shirt besutan perusahaan Prancis itu bekerja dengan mengonversikan energi suara yang terserap dari lingkungan sekitar menjadi listrik.

Prototipe t-shirt yang disebut Orange Sound Charge tersebut kini tengah dikembangkan. Material t-shirt terbuat dari piezoelektrik film, bahan yang mampu mengubah suara menjadi listrik lewat kompresi interlaced quartz crystal. Sekali bisa ‘dibangkitkan’, listrik akan disimpan di reservoir baterai yang ada hingga kemudian bisa dialirkan ke handset.

svg%3E

Orange Sound Charge telah diujicobakan pada saat pelaksanaan Glastobury Music Festival 2011, sebuah festival musik besar di Inggris yang berlangsung selama satu minggu pada akhir Juni lalu. Festival ini dianggap sebagai tempat uji coba yang tepat karena di sana menjadi pusat kebisingan, yang artinya memiliki sumber suara yang cukup untuk dikonversi menjadi tenaga listrik.

Produk ini cukup mencuri perhatian karena penonton biasanya mesti menginap di tenda-tenda terlebih dahulu sebelum konser dimulai. Orange Sound Charge ini cukup memberi solusi agar ponsel mereka tetap menyala tanpa bingung mencari sumber listrik di tengah konser tahunan yang cukup ditunggu-tunggu itu.

Mengungkapkan alasan penciptaan kaos ini, Andrew Pearcy selaku perwakilan Orange di Inggris mengatakan, “Dalam suasana bising seperti di Glastonbury, suara adalah medium yang sudah pasti dan natural untuk digunakan dalam pengembangan prototipe t-shirt ini. Getaran suara, khususnya frekuensi bass, akan menghasilkan getaran yang cukup untuk menghasilkan listrik. Dan ini akan menjadi solusi nyata bagi para pengguna ponsel.”

svg%3E

T-shirt ini memang belum mengandalkan desain yang fashionable. Tapi yang utama menurut pengembang, t-shirt Orange Sound Charge ini bisa mendukung gerakan peduli lingkungan serta tetap nyaman dipakai. Pengembang juga memperhatikan bahwa t-shirt ini juga perlu dicuci. Oleh karena itu, seluruh perangkat elektronik didesain untuk bisa dilepas saat t-shirt sedang dicuci.

Pada 2010 silam, Orange juga menciptakan charger ponsel ‘ramah lingkungan’ berbentuk sepatu boot. Sepatu ini memiliki charger di bagian bawahnya sehingga bisa membangkitkan listrik dari langkah penggunanya. Ramah lingkungan dan sangat berguna kan?

Verified by MonsterInsights