SolarSinter: Perangkat Pembuat Mangkuk dengan Media Pasir dan Matahari

Jika sekilas melihat gambar di atas, mungkin ini kelihatannya seperti yang terdapat dalam film-film fiksi ilmiah. Namun percayalah bahwa perangkat ini nyata adanya. Perangkat fenomenal yang bernama SolarSinter ini mampu menciptakan mangkuk dan objek lainnya secara instan hanya cukup dengan bahan baku pasir dan tenaga sinar matahari.

SolarSinter dirancang oleh seorang pria asal Inggris bernama Markus Kayser. Dilatarbelakangi oleh keinginannya untuk menghemat konsumsi sumber daya energi dunia, Kayser menciptakan SolarSinter yang mampu membuat obyek instan di tengah-tengah padang pasir dan teriknya matahari gurun Sahara di kawasan Siwa, Mesir.

Perangkat ini meniru cara kerja printer 3D, yang sering disebut juga sebagai SLS (Selective Laser Sintering). 3D Printer memanfaatkan sinar laser untuk menciptakan obyek dengan presisi tinggi yang dibuat dari dari berbagai bahan mentah seperti plastik, resin dan metal. Kayser mengganti sinar laser dengan tenaga matahari dan menggunakan pasir sebagai pengganti bahan baku resin. Jadilah Solar Sinter, sebuah alat printing yang menggunakan alam sebagai sumber dayanya.

SolarSinter merupakan perangkat kedua ciptaan Kayser yang memanfaatkan tenaga matahari sebagai sumber dayanya. Sebelumnya, Kayser pernah menciptakan mesin pemotong bertenaga matahari bernama SunCutter di tahun 2010 lalu.

Verified by MonsterInsights