Quantcast
News

PEN E-P3, PEN E-PL3 & PEN E-PM1: Trio Kamera Micro Four Thirds Terbaru dari Olympus

Olympus PEN

Akhir Juni 2011 kemarin, Olympus mengumumkan kehadiran tiga kamera Micro Four Thirds seri PEN terbarunya. Dua kamera di antaranya adalah penyegaran atau upgrade rutin tahunan. Sambutlah PEN E-P3 (penerus E-P2) sebagai flagship (unggulan) untuk kamera berformat Micro Four Thirds, lalu PEN Lite E-PL3 sebagai kamera Micro Four Thirds versi ‘lite’ dan yang terakhir PEN Mini E-PM1 yang ditujukan untuk menjadi kamera Micro Four Thirds termurah dalam sejarah. Ketiganya diperkuat oleh sensor Live MOS berkekuatan 12,3 megapixel. Seperti apa sih kehebatan dari ketiganya?

Olympus PEN E-P3: Classic Design, Built to Perform
Inilah kamera klasik Olympus PEN yang terlahir kembali di era digital dengan sensor Four Thirds (2x crop) dan segudang fitur mewah terdapat dalam bodi berbalut metal ini. Meneruskan kesuksesan E-P2 di tahun lalu, kamera Olympus E-PL3 ini kini diklaim memiliki kinerja auto fokus tercepat di dunia, bahkan lebih cepat dari DSLR. Sebagai sensor digunakan Live MOS beresolusi 12,3 megapixel dengan kinerja burst 3 fps dan dukungan HD movie 1080p. Kamera yang memiliki bobot 321 gram (body only) ini pun sudah dilengkapi dengan teknologi touchscreen pada layar LCD-nya. Olympus PEN E-P3 dipasarkan dalam tiga pilihan warna elegan: silver, putih dan hitam.

PEN E P3 01
PEN E-P3 01 - Front
PEN E P3 02
PEN E-P3 - Back

Olympus PEN Lite E-PL3: Where Performance Meets Style
Kamera ini merupakan versi ‘lite’ dari seri PEN dengan layar LCD yang bisa dilipat dan tetap memiliki fitur yang sama seperti E-P3 seperti sensor, auto fokus dan prosesor yang cepat serta fitur HD movie. Bedanya, E-PL3 lebih kecil (memiliki bobot 265 gram body only) dan lebih tipis dengan meniadakan lampu kilat internal. Syukurlah Olympus masih menyertakan lampu kilat kecil dalam paket penjualan E-PL3 yang bisa dipasang di flash hot shoe. Hebatnya, soal burst E-PL3 mengungguli E-P3 dengan 5.5 fps. Olympus PEN Lite E-PL3 tersedia dalam empat pilihan warna: merah, silver, putih dan hitam.

PEN E P3L 01
PEN E-PL3 - Front
PEN E P3L 02
PEN E-PL3 - Back

Olympus PEN Mini E-PM1: Stylish & Simple to Use
E-PM1 adalah versi ‘mini’ dari Olympus PEN yang baru pertama kali diperkenalkan kepada khalayak ramai. Kamera ini hadir dengan harapan para pemula dan yang dananya terbatas tetap bisa memiliki kamera mirrorless dengan sensor sekualitas DSLR. E-PM1 memiliki dimensi bodi yang lebih kecil lagi (dengan bobot hanya 215 gram body only) dan bahkan tidak terdapat mode dial seperti sang kakak. Soal layar memang E-PM1 tidak bisa dilipat seperti di E-PL3, namun setidaknya soal sensor dan fitur lainnya masih sama memakai resolusi 12,3 megapixel, demikian juga dengan fitur HD movie dan auto fokusnya yang cepat. Untuk mendukung penampilan yang stylish, Olympus PEN Mini E-PM1 diluncurkan dengan enam pilihan warna, yakni merah muda, ungu, coklat muda, silver, putih dan hitam.

PEN E PM1 01
PEN E-PM1 - Front
PEN E PM1 02
PEN E-PM1 - Back

Ketiga kamera terbaru Olympus ini dijual dengan paket lensa M.ZUIKO DIGITAL 14-42mm f3.5-5.6 II R. Tersedia juga paket lainnya dengan lensa M.ZUIKO DIGITAL 17mm f2.8 (untuk E-P3 dan E-PM1) dan lensa M.ZUIKO DIGITAL ED 40-150mm f4.0-5.6 R (untuk E-PL3).

Untuk penjabaran lebih lengkap dari ketiga kamera PEN terbaru ini, nantikan di www.yangcanggih.com pekan depan.

3 komentar

Back to top button