Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetNews

Hatsuden Nabe Thermo Electric: Panci Unik Pengisi Baterai

Bencana gempa dan tsunami di Jepang beberapa waktu lalu sempat membuat masyarakat di negeri tersebut mengalami kesulitan mengakses listrik untuk isi ulang gadget mereka. Situasi ini menginspirasi sebuah perusahaan elektronik di Osaka membuat teknologi yang memungkinkan pengisian baterai gadget diisi ulang melalui sebuah panci.

Adalah TES NewEnergy Corporation berhasil menciptakan sebuah perangkat isi ulang baterai (charger) berbentuk panci yang diberi nama Hatsuden Nabe Thermo Electric. Perangkat panci ini mampu mengubah panas dari air mendidih menjadi tenaga listrik. Charger unik ini dilengkapi dengan port USB untuk menghubungkannya dengan gadget yang akan diisi ulang baterainya.

“Ketika di televisi aku melihat para korban gempa dan tsunami menyalakan api untuk membuat mereka hangat, aku memiliki ide untuk membantu mereka mengisi ulang baterai gadget mereka pada saat yang bersamaan dengan mereka menyalakan api,” ujar Kazuhito Fujia, Chief Executive TES NewEnergy Coorporation seperti yang dilansir oleh kantor berita AFP beberapa hari lalu.

Perangkat panci ini memiliki material keramik termo elektrik yang bisa mengumpulkan listrik dari temperatur panas. Pihak TES NewEnergy Coorporation mengklaim, hanya butuh waktu tiga hingga lima jam untuk mengisi ulang iPhone sampai penuh. Asyiknya lagi, pada saat yang sama panci tetap bisa dipakai untuk memasak. Jadi seraya menunggu proses charging selesai, masakan pun bisa matang.

Hatsuden Nabe Thermo Electric memang dikhususkan untuk situasi darurat ketika listrik sedang langka. Produsennya berniat memasarkan perangkat ini ke negara dengan listrik terbatas, seperti di beberapa negara Afrika. Oleh produsennya, charger yang termasuk dalam kategori perangkat ramah lingkungan ini dibandrol dengan harga USD 299 atau sekitar Rp 2,5 juta.

Tampaknya panci ini juga dapat menjadi teman yang menyenangkan saat pergi camping atau mendaki gunung. Jadi sambil memasak, kita juga bisa mengisi ulang baterai gadget kita. Praktis kan?

 

Back to top button