Snapseed, Aplikasi Editor Gambar Khusus Bagi iPad

Salah satu kelebihan tablet seperti iPad adalah bisa mewakili beberapa pekerjaan yang biasa dilakukan di komputer, termasuk mengedit gambar. Aktivitas itupun terasa menyenangkan apalagi dengan fungsi layar sentuh dengan kemampuan multitouch. Salah satu aplikasi yang memanfaatkan lebar layar iPad untuk bisa mengedit gambar dengan mudah adalah Snapseed.

svg%3E

Snapseed menawarkan kemudahan dalam mengedit gambar dengan fitur-fiturnya yang kaya namun simpel. Anda hanya tinggal memilih gambar dan semua perintah hanya dijalankan dengan swipe saja.

Menu Basic Adjustment memiliki 5 opsi. Pertama adalah auto correct dengan editing dasar di mana Anda bisa mengatur kontras dan warna. Swipe ke atas untuk memilih menu dan swipe ke kiri atau kanan untuk mengubah parameter.

svg%3E

Jika ingin mengedit beberapa bagian tertentu saja, menu kedua ini akan sangat membantu. Selective Adjust memungkinkan Anda untuk menunjuk satu atau lebih titik tertentu yang akan dipoles. Jangkauan editannya bisa diatur dengan pinch dan ada pilihan Brightness, Saturation, dan Contrast.

Tune Image memberi lebih banyak pilihan untuk membuat gambar terlihat lebih hidup secara keseluruhan. Tak hanya Brightness, Contrast, dan Saturation, Anda juga bisa mengatur Ambiance dan White Balance hanya dengan memilih opsi tersebut dan swipe ke samping untuk mendapatkan pengaturan yang Anda suka.

svg%3E

Straighten & Rotate akan membantu meluruskan gambar dan mengubah orientasi sedangkan Crop bisa digunakan untuk memotong gambar.

svg%3E

Swipe menu-menu ini ke kanan dan Anda akan mendapatkan menu Creative Adjustment untuk mengubah tampilan gambar dengan tema-tema yang telah disediakan.

Ada fitur Black and White yang tak cuma sekedar mengubah warna menjadi monochrome tetapi juga bisa menambah efek grainy.

Menu Vintage dan Grunge akan memberi banyak pilihan efek klasik atau pudar yang bisa diaplikasikan ke sebuah gambar. Tekstur gambar juga bisa diubah dengan memilih menu Texture.

 

Drama hanya memberikan pilihan Saturation dan Filter Strength yang tampaknya kurang terlalu signifikan. Tapi menu Style di bagian bawah sedikit berguna untuk memberikan tema berbeda yang bisa memberikan beberapa kesan yang sesuai dengan namanya.

Center Focus adalah salah satu pilihan favorit di aplikasi ini. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat fokus suatu gambar terpusat pada sebuah titik yang sudah ditentukan sehingga bagian lain akan nampak kabur dan terlihat lebih artistik. Tinggal atur Center Size dan Filter Strength dan gambar Anda akan terlihat lebih bokeh.

Tambah bingkai melalui menu Organic Frames. Sayang tak banyak jenis frame yang bisa dipilih dan diatur. Namun kesan minimalis yang ditampilkan justru bisa menjadi lebih menarik.

Setelah mengedit gambar, Anda bisa memanfaatkan menu Compare di bagian kiri bawah untuk membandingkan hasil editan dengan gambar aslinya.

Jika sudah mengutak-atik gambar terlalu jauh dan hasilnya kurang memuaskan, Anda bisa memilih Revert di menu utama untuk mengembalikan gambar seperti semula.

svg%3E

Tunjukkan pula kreasi Anda melalui pilihan Share di mana Anda bisa menunjukkan gambar tersebut di Facebook atau Flickr.

svg%3E

Dengan Snapseed, mengedit gambar menjadi benar-benar segampang membalik telapak tangan. Aplikasi dengan pengoperasian yang sangat mudah ini hanya tersedia bagi iPad dengan iOS versi 4.2 ke atas dengan harga $4.99.

 

Verified by MonsterInsights