Quantcast
Aksesoris

Tips Memilih Tas Kamera Untuk DSLR

Tas kamera merupakan salah satu kelengkapan wajib bagi para pemilik kamera DSLR. Tentunya rancangan tas kamera sangat berbeda dengan tas-tas pada umumnya. Ciri pertama: Tas kamera biasanya dilengkapi dengan beberapa kompartemen yang dilapisi oleh busa tebal (bervariasi) untuk melindungi isi kamera dari guncangan. Model dan mereknya pun bermacam-macam dengan kelebihannya masing-masing. Tapi fungsi utama dari tas kamera adalah untuk membawa bodi kamera, lensa dan beberapa aksesoris di saat kita bepergian, baik itu saat jalan-jalan ataupun saat hunting foto.

Saat kita berpergian jauh, kadang kita butuh tas kamera yang juga bisa memuat laptop. Namun pada saat jalan-jalan di alam bebas atau di saat sedang melakukan hunting, kita butuh tas kamera yang ringkas dan memudahkan kita untuk mengambil kamera secepatnya jika ada momen yang lewat di depan kita.

Secara ringkas berikut beberapa tips dalam memilih tas kamera DSLR:

1. Pertimbangkan kebutuhan Anda di masa mendatang
Jangan beli tas yang telalu kecil. Sebab biasanya aksesoris fotografi akan bertambah seiring waktu kita berkreasi dalam fotografi. Petimbangkan kapasitas tas yang kita butuhkan kira-kira hingga satu tahun ke depan. Pertimbangkan juga kebutuhan pada saat traveling jauh ke luar kota atau ke luar negeri. Kadang kita butuh tas kamera yang bisa sekalian untuk membawa laptop.

2. Pilih yang ada rain cover-nya
Rain cover atau lapisan pelindung air hujan sangat penting untuk melindungi barang-barang dalam tas (terutama kamera dan lensa) dari hujan dan air. Terutama di saat kita sedang hunting foto di alam terbuka. Meskipun tas kamera kita diklaim tahan air oleh produsennya, tapi tak ada salahnya bukan jika di saat hujan kita melapisinya lagi dengan rain cover. Rain cover ini juga bisa dibeli secara terpisah di toko-toko perlengkapan kamera.

3. Jika budget terbatas bisa mencoba customade/ handmade bag
Handmade/ customade bag bisa juga dipertimbangkan jika budget kita terbatas. Banyak usahawan-usahawan kreatif yang bisa membuat tas kamera dengan model dan kualitas yang cukup bagus dengan harga terjangkau. Coba deh Anda tanyakan ketersediaannya di toko-toko perlengkapan kamera di kota Anda. Biasanya mereka juga menjual tas-tas kamera produksi lokal dengan harga yang terjangkau.

Beberapa bentuk dan model tas kamera:

1. Backpack atau tas punggung/ ransel
Model backpack atau ransel cocok digunakan saat kita hendak bepergian jauh dalam waktu yang lama. Model ini tersedia dalam berbagai macam ukuran. Dengan kapasitas yang besar, kita dapat menaruh smua perlengkapan kamera dalam satu tas. Biasanya model tas ini digunakan oleh mereka yang menggunakan kamera jenis DSLR, karena kamera jenis tersebut memiliki banyak komponen bongkar-pasangnya, seperti lensa, tripod, filter, dsb. Biasanya pada tas kamera model backpack ini juga tersedia kompartemen untuk menyimpan laptop.
Backpack

2. Slingshot
Model slingshot lebih ringkas. Cocok digunakan bagi kita yang hendak memotret dalam kurun waktu singkat. Namun mengingat modelnya yang diletakkan pada sebelah bahu, tentu akan membuat bagian tubuh ini menjadi cepat letih.

3. Shoulder bag atau tas bahu
Model ini selintas mirip dengan tas selempang biasa. Sama seperti model slingshot, tas model ini cocok digunakan jika kita memotret dalam waktu yang tidak terlalu lama. Karena bertumpu pada satu bahu, tas model shoulder bag ini juga cepat membuat kita cepat lelah. Sebaiknya jika menggunakan tas model ini, janganlah membawa aksesoris yang terlalu banyak di dalam tas.
Shoulderbag

4. Tas pinggang
Sementara tas pinggang, selain tidak membuat bahu cepat lelah, mengeluarkan dan memasukkan perangkat kamera pun lebih mudah. Akan tetapi, kita hanya dapat membawa sedikit barang tentunya. Biasanya model tas pinggang ini dipakai oleh fotografer yang menggunakan kamera yang berukuran kecil atau sedang dengan aksesoris satu buah lensa saja.
Tas pinggang

Back to top button