Quantcast
News

LUMIX DMC-FT3: Kamera Saku Petualang Sejati

Lumix DMC FT3

Apakah Anda termasuk orang yang gemar berpetualang sekaligus memotret? Jika iya, pastinya Anda sudah memaklumi jika kamera digital tidak selalu bisa mendukung hobi berpetualang tersebut, apalagi kalau sudah berurusan dengan air, debu atau benturan.

Maka dari itu, beberapa produsen kamera telah membuat kamera saku khusus outdoor dengan berbagai pilihan yang tahan berbagai unsur alam seperti air, debu bahkan salju. Kali ini giliran Panasonic memperkenalkan Lumix DMC-FT3, sebuah kamera saku untuk kegiatan outdoor yang bisa diandalkan sebagai alat dokumentasi maupun alat bantu dalam berpetualang.

Untuk spesifikasinya, Lumix FT3 menggunakan lensa Leica DC Vario-Elmar dengan sisi wide-angel 28 mm dan zoom optik 4,6x. Pada kamera ini juga disematkan sensor CCD berkekuatan 12,1 megapixel. Lumix FT3 memiliki rentang sensitifitas ISO dari 100 hingga 1600 dan memiliki layar LCD 2,7 inci dengan 230 ribu dot. Di dalam kamera ini juga terdapat fitur 3D Photo Mode untuk merekam gambar 3D yang bisa dinikmati pada televisi berteknologi 3D. Sedangkan untuk urusan merekam video, Lumix FT3 terbilang sangat baik dengan kemampuan Full HD movie 1080i dengan AVCHD lite, Dolby Digital, lampu LED yang bisa dihidupkan dan lensa yang bisa di zoom optik saat merekam video.

Tapi apa yang sebenarnya membuat Lumix FT3 ini lebih istimewa? Tentu saja kemampuan outdoor-nya yang mumpuni yang sementara ini belum ada tandingannya. Kemampuan-kemampuan istimewa tersebut adalah:

? tahan air hingga kedalaman 12 meter (bisa hingga 40 meter dengan case tambahan)
? tahan beku hingga -10 derajat Celcius
? tahan benturan/ jatuh dari ketinggian 2 meter
? tahan debu
? fitur GPS dan kompas
? alat ukur ketinggian (Altimeter) dan kedalaman (Depth Indicator)
? alat ukur tekanan udara (Barometer)

Rata-rata kamera outdoor yang ada di pasaran saat ini hanya mampu bertahan di dalam air hingga 3 atau 5 meter saja. Semakin dalam kemampuan kamera di bawa menyelam, maka akan semakin rumit desain seal di dalamnya. Di bawah ini adalah skema bagaimana Lumix FT3 sanggup bertahan dalam berbagai kondisi ekstrim tadi:

Lumix pelindung

Selain dipakai untuk memotret, Lumix FT3 juga bisa dijadikan alat bantu dalam berpetualang. Hadirnya GPS dan berbagai alat ukur di dalamnya seperti kompas, Altimeter, Depth Indicator dan Barometer akan memberikan informasi berguna bagi Anda agar terhindar dari tersesat saat di hutan, atau mengetahui sudah seberapa dalam Anda menyelam. Informasi yang didapat dari hasil pengukuran akan ditampilkan di layar seperti contoh berikut ini :

Lumix indikator

Lihat nomor pada gambar contoh tampilan layar kamera di atas, inilah penjelasannya :
1. Indikator ketinggian yang berguna saat mendaki gunung (Altimeter)
2. Indikator kedalaman yang berguna saat menyelam (Depth Indicator)
3. Indikator jarum kompas yang berguna saat membaca peta
4. Indikator koordinat (lintang dan bujur) untuk geotagging maupun navigasi (WGS84)
5. Indikator tekanan udara yang berguna di ketinggian (Barometer)

Dengan kemampuan bertahan di dalam air menjadikan kamera ini cocok juga bagi Anda penggemar petualangan air, seperti diving, snorkling, surfing dan arung jeram. Hal tersebut akan membuat kesan terhadap Indonesia yang kaya dengan tujuan wisata bawah air lebih mendalam lagi. GPS yang tertanam dalam Lumix FT3 ini pun diklaim mampu menghadirkan hingga 1.000.000 nama daerah di seluruh dunia.

Lumix FT3 tersedia dalam empat pilihan warna: merah, jingga, biru dan putih. Warna-warna cerah memang kerap dipakai untuk urusan outdoor karena akan lebih mudah ditemukan pada saat terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Untuk kisaran harga, kamera ini rencananya akan dibandrol antara Rp 4,8 juta – Rp 5,5 juta.

Spesifikasi Lumix DMC-FT3:
• Sensor: 1/2.33 inch CCD sensor / 12.5 Megapixels / Primary Color Filter (12.1 MP effective pixel)
• Lens: Leica DC Vario-Elmar 4.9-22.8mm ASPH, 28-128mm in 35mm equivalent
• Optical Zoom: 4.6x
• Digital Zoom: 4x
• Focusing Modes: Normal, Macro
• Movie clips: 4:3 format AVCHD, 1080i: 1920 x 1080 pixels
• Exposure modes: Program mode (P), Aperture priority (A), Shutter Speed priority (S), Manual Setting (M)
• White Balance: Auto, Daylight, Cloudy, Shade, Halogen, Manual
• Sensitivity: Auto ISO, Intelligent ISO, ISO 100-1600
• Shutter speeds: 8s-1/1300s
• Built-in GPS: Geodetic Data System WGS84
• Waterproof: 12m (IPX8)
• Dustproof: Yes (IPX6)
• Freezeproof: -10?
• Shockproof: 2m (based on MIL-STD)
• LCD display: 2.7” TFT-LCD Approx. 230k pixels with touch screen functionality
• Dimensions: 103.5 x 64.0 x 26.5 mm
• Weight: 197g (with memory card & battery)

Lumix FT3 00
Lumix FT3 02
Lumix FT3 03
Lumix FT3 04
Lumix FT3 05
Lumix FT3 06
Lumix FT3 07
Lumix FT3 08
Lumix FT3 09
Lumix FT3 10
Lumix FT3 11
Lumix FT3 13
Lumix FT3 14
Lumix FT3 15
Lumix FT3 16
Lumix FT3 17

Lumix 40m
Case tambahan untuk menyelam hingga kedalaman 40 meter

7 komentar

  1. Pak, kalo jenis canon powershot atau ixus, yang spcifikasinya lumayan tinggi dan semi pro, bisa manual dg zoom lens yg long range, type apa ya? terima kasih.

  2. Permisi mas, mau tanya donk..
    jadi bagusan lumix ft3, sony tx10, atau canon powershoot d12 ya..??
    thank you ya.. ;)

    1. Dear Deasy… Mungkin yang Anda maksud Canon Powershot D10 ya?? Tiap-tiap merk punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekarang tergantung dengan kebutuhan, selera dan budget Anda saja dalam hal memilih kamera. Untuk lebih puasnya dalam hal memilih, Anda bisa jajarkan spesifikasi tiga kamera tadi. Silakan Anda cermati dan kemudian Anda sendiri yang memilih kamera mana yg cocok buat Anda :)

Back to top button