Gorillapod: Jajaran Tripod Fleksibel untuk Berbagai Jenis Kamera

svg%3E

Tripod adalah alat bantu agar badan kamera dapat berdiri tegak dan kokoh. Tripod berkaki tiga, sementara yang berkaki tunggal disebut monopod. Tetapi sayangnya tripod dan monopod hanya bisa digunakan dipermukaan yang datar saja. Sangat sulit kiranya apabila kita ingin mengambil gambar dari sudut (angel) yang sempit, seperti dari atas pohon atau dari tebing yang cukup curam.

Adalah Joby, sebuah perusahan desain kreatif peralatan elektronik, telah menciptakan tripod unik yang dapat dipakai disegala kondisi dan situasi pengambilan gambar. Joby menyebut tripod unik ini dengan nama Gorillapod. Benda ini merupakan tripod yang sangat fleksibel.

Gorillapod dikatakan unik dan fleksibel karena ketiga kakinya tidak hanya tegak, melainkan elastis seperti karet dan konstruksinya kokoh. Ketiga kakinya dapat diputar hingga 360 derajat. Kaki-kakinya pun dapat dililitkan di batang pohon, stang sepeda, tiang dan bisa disesuaikan disegala medan.

Pertama kali muncul adalah versi originalnya. Gorillapod Original cuma bisa digunakan untuk kamera digital saku (digital pocket). Benda kaki tiga elastis ini hanya mampu menompang kamera yang berat maksimalnya 325 gram. Gorillapod Original saat ini dipasarkan dengan lima pilihan warna menarik; merah, kuning, hijau, biru dan merah muda.
svg%3Esvg%3E

Namun kesininya, Joby mengembangkan teknologi Gorillapod hingga alas kakinya berupa magnetic. Keuntungan alas magnet, si kaki tiga fleksibel ini dapat ditempel di media besi. Gorillapod Magnetic ini juga hanya diperuntukan bagi kamera saku karena hanya mampu menopang kamera dengan berat maksimal 325 gram.

Alas kaki magnetic ini juga disematkan ke dalam seri Gorillapod Video. Dengan kekuatan maksimal menopang seberat 325 gram, Gorilla Video ini cocok bagi handycam Anda karena sudah dilengkapi dengan gagang pengatur arah pengambilan gambar yang sangat fleksibel.

Joby juga memperkenalkan Gorillapod SLR yang sanggup menopang beban maksimal seberat 800 gram. Tripod ini diperuntukan bagi kamera-kamera SLR/ DSLR yang tidak terlalu dijejali dengan aksesoris berat seberti lensa zoom.
svg%3Esvg%3E

Namun bagi kamera SLR/ DSLR dengan lensa zoom, Joby juga menyediakan Gorillapod SLR-Zoom yang sanggup menggendong beban kamera + lensanya maksimal seberat 3 kilogram.
svg%3Esvg%3E

Sedangkan untuk kamera yang full aksesoris atau video cam yang berat, Joby juga menghadirkan Gorillapod Focus. Tripod ini mampu menopang beban maksimal seberat 5 kilogram. Posisi pengambilan gambar pun tetap stabil karena produk ini sudah dilengkapi dengan Joby Ballhead X.

Anda tidak perlu khawatir dengan kekuatannya, karena semua produk Gorillapod ini dibuat dari bahan plastik ABS berkualitas tinggi dari Jepang. Semakin meyakinkan karena baut-baut pada Gorillapod ini pun terbuat dari bahan stainless steel.

Untuk harga, Gorillapod ini tidak terlalu mahal. Berkisar antara Rp 350.000 untuk versi Original dan Rp 1 jutaan untuk yang versi Gorilla Focus.

Ingin mencoba pengalaman baru dalam memotret dan mengambil gambar video? Segera sambangi toko-toko kamera langganan Anda untuk mendapatkan tripod unik nan flaksibel ini.
svg%3E

Verified by MonsterInsights