Quantcast
AndroidAplikasi

Google Docs Telah Menjadi Aplikasi Tersendiri untuk Ponsel Android

Semakin hari, masyarakat tidak menggunakan ponsel hanya sebatas melakukan panggilan, menerma panggilan atau berkirim pesan singkat saja. Tetapi mengakses informasi dari ponsel juga menjadi fungsi lain seiring berjalannya waktu. Beragam aktifitas mulai dari browsing, membuka email atau bahkan mengedit dokumen dilakukan dari ponsel. Berdasarkan hal itu, para pengguna ponsel Android pasti akan menyambut gembira aplikasi Google Documents (Google Docs). Berbeda dengan Google Docs pada PC yang ditampilkan dari browser, Google Docs untuk ponsel Android kini menjadi sebuah aplikasi mandiri dan terpisah dari browser yang mampu mengedit dokumen Anda kapan saja dimana saja tanpa bergantung dengan jaringan internet.

Android Google Docs 01

Aplikasi Google Docs ini memudahkan pengguna menyaring dan mencari konten informasi dari account Google kemudian langsung mengedit informasi yang telah didapat menggunakan aplikasi editor online. Tidak hanya berguna untuk mengedit dokumen dan data, Google Documents juga memungkinkan Anda berbagi data hasil editan langsung dari aplikasi ke teman teman.

Google Docs bisa ditambahkan dalam widget di homescreen untuk kemudahan akses melakukan 3 tugas utamanya, yaitu akses cepat menuju dokumen yang diinginkan, upload foto, dan membuat dokumen baru hanya dengan sekali tap. juga dapat menambahkan widget ke layar rumah Anda untuk memudahkan akses ke tiga tugas utama: untuk melompat ke dokumen yang sedang anda bintang, mengambil foto untuk meng-upload, atau membuat dokumen baru dengan sekali tekan.

Android Google Docs 02

Asyiknya, tidak hanya dokumen yang bisa diedit dalam aplikasi Google Docs, bahkan foto dengan tulisan bahasa inggris bisa terbaca dan berubah menjadi format dokumen dengan langkah mengambil foto dari fitur kamera ponsel lalu membawanya ke dalam aplikasi untuk diedit dengan bantuan optical character recognition (OCR) dan voila! hasil foto akan dikonversikan menjadi dokumen. Dalam hal ini, OCR baru bisa mengkonversikan foto dalam bahasa Inggris, tetapi kemampuannya akan berkembang untuk membaca foto dengan bahasa lain.

Android Google Docs 03

Aplikasi Google Docs kompatibel untuk ponsel dengan Android OS 2.1 dan diatasnya. Download dan coba kemampuan aplikasi Google Documents dengan scanning QR code berikut atau kunjungi Android Market.

Android Google Docs 04

 

 

Back to top button