Review Game iOS: Spider-Man Total Mayhem

svg%3E

Selain Iron Man, Gameloft juga mengangkat superhero yang lain, Spider-Man, dari media komik menjadi game iPad. Sebagai seorang penggemar komik Amerika, tentunya saya tak buang-buang waktu lagi dan segera mencoba begitu mengetahui ada game ini di AppStore.

svg%3E

Spider-Man: Total Mayhem ini diambil dari versi komik Ultimate Spider-Man yang memang lebih cocok bagi mereka yang ingin mengetahui sejarah Spider-Man sejak awal dengan cerita-cerita yang lebih ringan. Begitu pula dengan jalan ceritanya. Seperti judulnya, Total Mayhem, ilmuwan Roxxon sedang melakukan eksperimen di dalam fasilitas Triskelion untuk menggabungkan serum Venom dan OZ. Namun ledakan yang dihasilkan justru menghancurkan sebagian Triskelion dan membuat beberapa musuh besar Spider-Man lolos. Spider-Man pun harus turun tangan untuk mengembalikan semuanya ke balik jeruji besi.

[tab: Konsep game]

Satu hal yang harus dilakukan pertama kali adalah memilih tingkat kesulitan Hard. Saya sudah mencoba level normal dan Spider-Man hampir tak pernah mati, menandakan bahwa level ini masih terlalu mudah untuk dimainkan. Selain kontrol gerak, hanya ada 3 tombol action di sebelah kiri untuk memukul, melompat, dan menembakkan jaring. Anda bisa menggunakan ketiga kontrol tersebut untuk memukul musuh. Tombol memukul dan melompat, misalnya, bisa digunakan untuk menciptakan combo. Saat ketiganya dikombinasikan, hit combo yang diciptakan bisa mencapai belasan hingga puluhan combo.

svg%3E

Tombol keempat adalah tombol untuk special move yang bisa digunakan saat ada banyak musuh mengelilingi Spider-Man dalam jarak dekat. Kumpulkan combo dan tombol ini akan muncul secara otomatis.

svg%3E

Tak hanya melawan musuh, Spider-Man juga harus menyelamatkan penduduk kota yang menjadi sandera. Cukup dekati sandera tersebut, pilih tanda seru, dan segera sentuh logo laba-laba berkali-kali hingga bar penuh.

svg%3E svg%3E svg%3E

Terkadang, akan ada tombol Spider Sense yang muncul di sebelah virtual D-Pad. Segera sentuh tombol ini karena saat tombol ini muncul, itu menandakan bahwa ada yang sedang menyerang Spider-Man baik itu memukul, melempar bom, menembakkan rudal, maupun serangan lainnya dengan begitu Spider-Man bisa menghindar dalam gerakan slow motion.

svg%3E

Di saat ada banyak musuh atau di level boss, tombol Spider-Sense bisa muncul berkali-kali dan dalam jangka waktu yang pendek sebagai tanda bahwa ada banyak serangan yang dilancarkan.

Tombol kamera juga terkadang akan muncul di samping tombol D-Pad. Tombol ini hanya akan muncul dengan sekejap saat level boss agar Spider-Man bisa memotret musuh. Hasil jepretannya akan keluar di menu Extras. Tak signifikan memang karena itu fitur ini hanyalah opsional saja.

svg%3E svg%3E

Dua jenis orc tersebar di berbagai sudut lokasi dan bisa dikumpulkan hanya dengan melewatinya saja. Kumpulkan Orc merah untuk menambah poin upgrade yang bisa diakses di menu pause. Orc hijau berguna untuk menambah life gauge Spider-Man.

svg%3E

Kumpulkan pula buku dengan logo kepala Spider-Man untuk membuka menu Artwork yang berisi ratusan art cover komik Ultimate Spider-Man.

svg%3E svg%3E

Di game ini, Anda akan menemui Quick Time Event. Segera ikuti gestur yang ditandai dengan logo laba-laba yang bergerak sebelum waktu habis.

svg%3E

Tak hanya melawan musuh, Spider-Man akan meluncur, berayun, dan merambat di dinding.

svg%3E svg%3E svg%3E

[tab: Boss]

Ada 6 boss yang harus dihadapi di sini. Mereka adalah Sandman, Electro, Venom, Doctor Octopus, dan Green Goblin.

svg%3E svg%3E svg%3E svg%3E svg%3E svg%3E

Setelah semua ditaklukkan, akan ada beberapa bonus yang didapat seperti kostum baru Black Suit dan tingkat kesulitan baru (Ultimate) yang tak hanya super sulit tapi juga menguras nyawa lebih cepat.

svg%3E svg%3E svg%3E

[tab:Kesimpulan]

Gameplay Spider-Man : Total Mayhem cukup menarik dan tidak membosankan. Grafisnya juga bagus tanpa ada lag. Mode normal bisa diselesaikan dalam waktu sekitar 3-5 jam saja. Oleh karena itu saya sarankan Anda yang terbiasa bermain game langsung memilih level Hard untuk gameplay yang lebih lama dan menantang.

Versi free untuk iPhone dan iPod Touch bisa didapat di AppStore dengan besar 151MB dan versi full sebesar 467MB dengan harga $6.99. Versi HD untuk iPad juga dihargai sama dengan besar 407MB.

Jangan lupa menonton video di bawah ini sebelum memutuskan untuk membelinya.

Verified by MonsterInsights