AplikasiiOS (iPhone/iPad)

Back to The Future: The Game – Episode 1: Berpetualang Kembali ke Masa Lalu

Resize of IMG 0623

Judul Back to The Future tentunya masih melekat di memori para penggemar film meski film tersebut sudah berumur lebih dari 25 tahun. Film yang memberi Michael J. Fox ketenaran dan dua sekuel ini begitu terkenal sampai-sampai versi game-nya masih dibuat hingga sekarang. Setelah versi SNES di awal 90an dan akhir-akhir ini di PC dan PS3, kini giliran versi iPad yang dibuat.

Resize of IMG 0600

Visualisasi tokoh-tokoh yang ada masih sama persis dengan yang ada di film seperti Marty McFly, Doc Emmet Brown, George McFly, hingga Biff yang menyebalkan. Bahkan suara mereka juga tak berbeda dengan versi aslinya.

Resize of IMG 0616 Resize of IMG 0625 Resize of IMG 0626

Di awal game, ada cutscene untuk mengawali ceritanya. Marty dan Doc sedang menguji mesin waktu yang dipasang di dalam mesin mobil DeLorean. Einstein, anjing milik Marty, ikut dimasukkan ke dalamnya sebagai kelinci percobaan. Namun setelah mobil tersebut pergi ke masa lalu, perlahan-lahanDoc ikut menghilang sebagai tanda bahwa dikirimnya mobil tersebut ke masa lalu merubah kontinuitas waktu dan peristiwa.

Resize of IMG 0615 Resize of IMG 0617 Resize of IMG 0620 Resize of IMG 0621

Beberapa bulan kemudian, mobil beserta Einstein tiba-tiba muncul. Marty lalu menyadari bahwa mobil tersebut dikirim oleh Doc untuk menyelamatkan dirinya di masa lalu yang terancam dibunuh. Dari sini petualangan Marty dimulai. Ia akan berkeliling kota di era 1931 untuk mencari petunjuk agar bisa menyelamatkan Doc dan membawanya kembali ke masa depan.

Resize of IMG 0628 Resize of IMG 0598 Resize of IMG 0603 Resize of IMG 0601 Resize of IMG 0609

Di masa lalu, Marty akan bertemu beberapa orang yang ada di masa kini seperti wartawan Edna Strickland yang memberinya informasi tentang keberadaan Doc, ayah dan kakeknya semasa muda, dan juga Dr. Emmet sewaktu masih belia dan belum menjadi ilmuwan.

Resize of IMG 0613 Resize of IMG 0610 Resize of IMG 0606

Kontrolnya juga sangat mudah. Tinggal sentuh layar di bagian manapun dan sebuah joystik virtual akan muncul. Sentuh dengan dua jari dan akan ada titik-titik merah yang merupakan bagian-bagian yang bisa Anda pilih. Tak semuanya harus dipilih namun akan memberi sedikit detil tentang segala sesuatu yang perlu diketahui. Jika perlu bantuan atau tak tahu apa yang harus dilakukan, tinggal pilih opsi hint di atas layar dan beberapa petunjuk tentang apa yang harus dilakukan bisa dibuka.

Resize of IMG 0607 Resize of IMG 0629

Sama seperti versi lainnya, game ini memiliki waktu gameplay yang singkat. Jika sudah terbiasa bermain game RPG, Anda bisa menamatkan game ini dalam waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Saya mencoba game ini menggunakan iPad dengan firmware 4.3.1 dan grafis yang ditampilkan terbilang istimewa. Saking istimewanya, iPad agak kewalahan dalam memutar game ini ditandai dengan lag dan audio, video, dan teks subtitle (jika diaktifkan) yang sedikit tidak sinkron. Bahkan dalam beberapa adegan dengan pergerakan grafis yang cukup dinamis, lag yang terjadi sangat mengganggu kenikmatan bermain game. Tampaknya, Anda harus memainkan game ini di iPad 2 yang memiliki prosesor dan grafis yang lebih baik.

Resize of IMG 0596

Pengguna iPod Touch atau iPhone terpaksa harus gigit jari karena versi iOS hanya dibuat untuk iPad. Telltale Games menyediakan Back to The Future: The Game – Episode 1 di AppStore dengan harga $6.99 dengan ukuran 150MB saja, lumayan kecil untuk ukuran game singkat dengan grafis 3D yang bagus. Setelah menamatkannya, Anda bisa langsung melanjutkannya di Episode 2 yang juga sudah dirilis.

Satu komentar

Back to top button