Menjelajah Dunia dari ponsel dengan Ovi Maps 3D

Seiring dengan perkembangan zaman, tampilan peta yang awalnya hanya berupa tampilan datar dengan rute jalan berikut keterangan lokasi kini semakin menyenangkan, dengan gambaran 3 dimensi. Nokia Ovi Maps 3D memang masih dalam versi beta, tapi kemampuan yang dihadirkan secara garis besar adalah menampilkan peta dalam tampilan 3D berikut dukungan fasilitas zoom in untuk melihat peta dengan lebih detail seakan Anda berada pada lokasi tersebut. Data 3 dimensi berbagai tempat di dunia ini merupakan hasil kolaborasi dengan C3, yang memang spesialis pembuat peta 3D.

Ovi Maps 3D menghadirkan gambaran nyata dari berbagai kota besar dan memungkinkan para pengguna mengeksplorasi peta dari berbagai sudut pandang. Sudut pandang yang ditawarkan mulai dari sisi atas hingga sudut pandang jalanan yang memungkinkan penglihatan panorama 360 derajat. Dalam tampilan 3D, Anda tidak hanya disuguhkan tampilan peta tetapi mencakup bangungan, dan juga lanskap. Secara keseluruhan fungsi-fungsi tersebut memang sudah lebih dulu dihadirkan oleh browser peta berbasis web lain di Internet, sebut saja Google Earth 3D.

Melihat Ovi Maps dalam versi 3D cukup dengan mengaktifkan tampilan 3D pada browser peta maps.ovi.com. Untuk melihat peta dalam format 3D memang dibutuhkan sebuah plugin yang kompatibel untuk browser pada PC, serta sistim operasi komputer Mac OS X dan Windows.

Untuk saat ini, Ovi Maps 3D versi Beta masih sebatas bisa digunakan untuk menyaksikan landmark di kota-kota besar seperti London, New York, dan San Francisco. Secara detail, aplikasi peta berbasis web saat ini hanya menampilkan 20 area metropolitan yaitu San Francisco, New York, Miami, Boston, Chicago, Los Angeles, Las Vegas, Toronto, London, Helsinki, Stockholm, Oslo, Copenhagen, Milan, Venice, Florence, Barcelona, Madrid, Prague, dan Vienna. Selain itu Ovi Maps 3D juga menampilkan peta 3 dimensi lima kota dengan sudut pandang jalanan, yaitu Copenhagen, Helsinki, London, Oslo, dan San Fransisco. Namun, jumlah data untuk cakupan peta dalam bentuk 3 dimensi akan terus bertambah seiring berjalannya waktu dan Nokia akan memperluas fitur Maps 3D pada ponsel.

Video berikut adalah demo Ovi Maps 3D di Perancis menggunakan browser Google Chrome dari PC Windows 7.

Verified by MonsterInsights