News

Inilah Tampilan dan Kelebihan Symbian Anna

Berita tentang sistem operasi terbaru Nokia yaitu Symbian Anna memang belum pernah terdengar oleh pihak media. Meskipun pada akhirnya ketahuan jika update OS PR2 (update Symbian^3) akhirnya diberi label Anna. Jadi singkatnya, Symbian Anna (PR2) merupakan versi upgrade dari sistem operasi Symbian layar sentuh sebelumnya, yaitu Symbian^3. Selain digunakan pada 2 type ponsel Nokia terbaru yaitu Nokia X7 dan Nokia E6, Symbian Anna juga akan dibenamkan untuk ponsel Nokia type N8, E7, C7 dan C6-01.

Nokia menawarkan 3 keunggulan utama pada ponsel pada Symbian Anna. Yaitu :

Refreshed Icon. Dalam Symbian Anna Anda akan disuguhkan oleh tampilan icon baru yang lebih fresh dan menarik. Tampilan icon terlihat lebih bulat dari icon yang digunakan Nokia untuk Symbian^3 sebelumnya. Theme dasar yang ditawarkan juga baru sehingga tampilan tampilan homescreen tampil beda. Tampilan icon dan homescreen pada Symbian Anna akan tampak seperti berikut :

 

 

Performa browser yang lebih cepat. Dalam hal ini, Symbian Anna menawarkan peningkatan segala hal yang berhubungan dengan web application atau web browser sehingga kegiatan browsing lebih nyaman dan menyenangkan. Kemampuan menampilkan website lebih cepat, dan tombol Back yang selalu muncul. Tidak hanya itu saja, tampilan user interface pada layanan browser juga terlihat lebih fresh dan intuitif. Halaman browser pada Symbian Anna akan tampak seperti berikut :

Penggunaan input text yang lebih mudah. Tmpilan virtrual keyboard dalam posisi potrait (vertikal) akhirnya diaplikasikan oleh Nokia dalam Symbian Anna. Selain itu tampilan layar akan membelah ketika memasukkan teks ke dalam halaman web dan aplikasi, sehingga Anda tidak akan melupakan apa yang ingin diketik. Asyiknua, keyboard virtual QWERTY juga bisa dimunculkan di menu manapun yang memerlukan input text. Tampilan keyboard virtual pada Symbian Anna akan tampak seperti berikut :

Selain 3 unggulan utama tersebut, Anda juga akan menikmati beragam kelebihan dalam Symbian Anna seperti :

Kinerja dalam hal rendering tampilan grafis akan lebih cepat. Ini juga tidak lepas dari dukungan prosesor khusus grafis yang menyertai.

Kemudahan penggunaan fitur Gallery foto seperti tampak dalam screenshot berikut :

Browser v7.3. Browser terbaru yang menampilkan user interface lebih baik, termasuk bar URL entry, selalu menampilkan fitur ‘Back’ dan tombol-tombol toolbar yang diperbanyak serta terintegrasi dengan field alamat URL, respon pengguna yang lebih baik, navigasi history dan loading halaman lebih cepat, serta kemampuan split layar virtual Qwerty keyboard.

Fitur Ovi Maps versi terbaru v3.6. Ovi Maps versi terbaru menghadirkan kelebihan pada fitur pencarian (Search) yang lebih pintar. Anda juga akan menemukan fitur Public Transport, yaitu gambar kendaraan umum yang akan muncul di peta. Bahkan pada Ovi Maps versi terbaru Anda bisa download aplikasi peta digital suatu negara langsung dari ponsel Nokia. Fitur tambahan lainnya adalah check in lokasi ke aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Forsquare dan lainnya dari Ovi Maps. Anda juga bisa berkirim info lokasi, baik ke sesama pengguna ponsel Nokia maupun dengan pengguna ponsel non Nokia.

Ovi Store v2.06.xx. Ovi Store versi ini memberikan batas ukuran file download yang lebih besar dengan jaringan WLAN.

Fitur Sosial Networking v1.3. Dalam versi terbaru, Anda bisa melihat update status langsung di Contact/Phonebook, Bisa melakukan retweet dan melihat Follower di Twitter, bisa mengupload gambar/foto dengan ukuran resolusi lebih besar dan bisa menambahkan caption pada gambar.

Untuk para pelaku bisnis, Symbian Anna menghadirkan peningkatan fungsi aplikasi Office dan keamanan data. Termasuk peningkatan pada fitur Microsoft Exchange, di mana kemampuan enkripsi data akan lebih ditingkatkan kemampuannya untuk keamanan extra bagi pengguna ponsel.

Setiap ponsel yang menggunakan Symbian Anna juga akan mendapatklan fitur Microsott Communicator Mobile, fitur hasil kolaborasi Nokia dan Microsoft yang berfungsi untuk chatting dengan sesama rekan kantor yang berada di dalam jaringan intranet yang sama.

Symbian Anna juga membawa upgrade untuk para pengembang aplikasi. Di mana dengan menghadirkan API (semacam kode program) yang baru yaitu Flashlite 4, Java Runtime 2.2, Qt Mobility 1.1, Qt4.7 yang membuat pengembang aplikasi lebih mudah membuat aplikasi untuk Symbian Anna.

Hmmm….jadi nggak sabar ketemu Anna di ponsel Symbian terbaru Nokia.

Satu komentar

Back to top button