Quantcast
News

Papataka.com, Situs Online Store eBook Pertama di Indonesia

Mungkin sebagian dari Anda masih belum mengenal tentang Papataka.com. Papataka.com adalah sebuah situs online store untuk berbagai buku elektronik alias eBook yang terdiri dari tidak hanya eBooks tetapi juga eComics dan eMagazines. Situs yang menamakan diri mereka ‘Indonesia’s first digital publication and web based digital content retailer’ kini telah bisa diakses, tidak hanya situs mereka, tetapi juga berbagai layanan yang telah mereka sediakan telah siap untuk dinikmati oleh publik, terutama penjualan buku serta e-book reader yang mereka jual.

Dalam situsnya, Papapataka.com menawarkan koleksi e-books yang jumlahnya lebih dari 100.000 judul dari beragam kategori. Mulai dari New York Times Best Seller, Fiksi, Non Fiksi, Humor, Teknologi, Literatur, dll. Sebagian besar memang masih didonimasi buku impor dan buku lokal hanya sekitar 20% dari keseluruhan judul buku yang ditawarkan. e-Books yang sebagian besar dari penerbit Amerika (ada juga beberapa berasal dari penerbit Jepang, Taiwan, German, Spanyol, Perancis, dll) karena teknologi e-books sangat dikembangkan di Amerika. Sehingga para publishernya sudah lebih terbiasa dengan konsep e-books. Selain itu, harga buku impor yang masuk ke pasar lokal dibandrol dengan harga tinggi, jadi diharapkan dengan e-books maka akan menjadi lebih ekonomis tanpa mengurangi nilai edukasi yang ada di dalam buku.

Seiring dengan perubahan sosial yang menjadikan gadget sebagai pegangan wajib, maka membaca melalui e-books semakin populer. Perkembangan teknologi yang diamati oleh Papataka.com membuat pemrakarsanya menyediakan aplikasi mobile yang kompatibel untuk mobile device dengan sistim operasi yang sedang trend seperti Android, iPhone, dan juga Blackberry. Mengimbangi aplikasi yang dikeluarkan untuk PC, Mac dan dua device yang sedang trend saat ini, yaitu eBook Reader dan iPad.

Misi Papataka.com adalah untuk menyajikan alternatif bagi semua orang untuk menikmati berbagai informasi atau pengetahuan dalam format eBooks maupun Audio Books. Mereka juga menyiapkan kerangka khusus bagi para pengarang ataupun penerbit yang tertarik untuk menerbitkan karyanya dalam bentuk digital melalui Papataka.com.

Papataka.com sangat anti pembajakan. Hal ini terlihat dengan penggunaan platform Adobe DRM (Digital Rights Management), yaitu suatu sistim untuk melindungi dan juga mendistribusikan semua konten buku-buku digital (eBooks). Bahkan semua eBooks mempunyai file properti unik, yang ketika didownload oleh seseorang akan memberikan identitas tersendiri hanya untuk pengguna tersebut, hal ini untuk mencegah terjadinya duplikasi, pendistribusian ilegal maupun pembajakan.

Selain bisa diakses online, Papataka.com juga memiliki Showroom / Gallery di Plaza Indonesia – EX lantai 2, tepatnya di samping Rumah Makan Kafe Betawi.

Back to top button