Tips : Maksimalkan Blackberry Messenger Bagian II

Memaksimalkan layanan Blackberry Messenger tidak puas hanya dibahas dalam Tips Maksimalkan Blackberry Messenger Bagian I, berikut adalah lanjutan tips untuk memaksimalkan Blackberry Messenger agar kegiatan chatting semakin seru dan menyenangkan.

Memulai Percakapan
Cara memulai percakapan adalah dengan klik kontak yang dituju, ketik pesan yang ingin disampakan lalu tekan tombol enter. Atau untuk mengeksekusi pesan bisa juga dengan menekan tombol Menu pada percakapan, lalu pilih ‘Send’.

Mengirim file, voice note, foto, Messenger Contact dan Blackberry Contact
Layanan Blackberry Messenger bisa digunakan untuk mengirimkan file Picture, Voice Note, File, Messenger Contact, dan Blackberry Contact. Caranya adalah buka nama kontak yang ingin dikirim file > tekan tombol Menu (tombol berlogo Blackberry) > geser kursor ke bagian bawah untuk menemukan menu ‘Send’, maka akan tampil pilihan Picture, Voice Note, File, Messenger Contact, dan Blackberry Contact.

Conference/Multiperson Chat
Coference/Multiperson Chat adalah layanan chating ke beberapa kontak dalam satu jendela/window percakapan. Cara mengundang teman dalam Multiperson Chat adalah :
1. Buka aplikasi Blackbery Messenger > Tekan tombol Menu (tombol berlogo Blackberry) > Klik pada menu ‘ New Multiperson Chat’.

2. Pilih kontak yang ingin diundang dalam conference.
svg%3E

3. Kontak yang sudah bergabung akan tampak pada jendela percakapan. Kemudian layanan Multiperson Chat siap digunakan.
svg%3E

4. Untuk melihat anggota chat lainnya, tekan Tekan tombol Menu (tombol berlogo Blackberry) > geser kursor ke bawah lalu pilih menu ‘View Participants’.

5. Untuk mengundang teman tambahan, tekan Tekan tombol Menu (tombol berlogo Blackberry) > geser kursor ke bawah lalu pilih menu ‘Invite Others’.

6. Untuk keluar dari conference/multiperson chat, tekan Tekan tombol Menu (tombol berlogo Blackberry) > geser kursor ke bawah lalu pilih menu ‘Leave Chat’

Broadcast Message
Broadcast message adalah layanan yang berfungsi menyebarkan pesan/berita/informasi secara bersamaan ke lebih dari satu penerima yang ada dalam daftar kontak Blackberry Messenger. Cara melakukan Broadcast Message adalah sebagai berikut :

1. Tekan tombol Menu (tombol berlogo Blackberry) > Klik pada menu ‘New Broadcast Message’.

2. Ketik pesan yang ingin disampaikan pada box ‘Message’.
svg%3E

3. Jika pesan hanya ingin disampaikan untuk kontak pada kategori tertentu, pilih kategori yang dimaksud.

4. Anda juga bisa checklist pada box di bagian kanan kontak jika ingin memilih kontak tertentu yang akan menerima broadcast message.

5. Klik ‘Send’ untuk eksekusi.
svg%3E

Group
Membuat Group Blackberry Messenger berfungsi lebih dari sekedar membuat Multiperson Chat. Karena dalam group, Anda bisa melihat beberapa aktifitas seperti Members, Chat, Picture, Lists dan Calendar.
Untuk membuat Group baru, lakukan langkah berikut :
1. Tekan tombol Menu (tombol berlogo Blackberry) > geser kursor ke bawah lalu pilih ‘New Group’.

2. Masukkan nama grup yang diinginkan pada box Group Name.
svg%3E

3. Isi box Description untuk penjelasan grup.
svg%3E

4. Pilih icon grup.
svg%3E

5. Jika mengizinkan anggota member lain mengundang kontak lainnya pilih ‘yes’.
svg%3E

6. Klik ‘Create Group’ untuk mengeksekusi.
svg%3E

Verified by MonsterInsights