Quantcast
AplikasiNews

Google Person Finder: Menemukan Orang saat Terjadi Bencana

Saat saya menulis artikel ini, gempa bumi berkekuatan 8,9 skala Richter menghantam Jepang beberapa jam yang lalu. Efek gempa bumi tersebut sangat dahsyat, mengakibatkan munculnya tsunami setinggi 10 meter. Bahkan tsunami tersebut tidak hanya “mampir” di Jepang, tapi juga negara di sekitar laut Pasifik, mulai dari Amerika Serikat sampai Indonesia.

person finder site

Dalam kondisi serba kacau tersebut, tentunya sangat sulit untuk mengecek keberadaan saudara atau anggota keluarga kita yang sedang berada di lokasi bencana alam. Google menyediakan solusi gratis untuk membantu mencari orang atau melaporkan informasi mengenai keberadaan seseorang.

Person Finder memiliki tampilan yang sederhana dan memang itu keputusan yang tepat mengingat tujuannya adalah untuk menemukan orang secepat mungkin. User interface mirip seperti mesin pencari Google, dengan dua pilihan: mencari orang atau memberikan informasi. Jadi, Anda tinggal mengetikkan nama orang yang dicari maka Google People Finder akan mencari di database sesuai dengan input dari pengguna lain. Jika nama orang yang dicari keluar, Anda akan dapat melihat statusnya. Jadi, orang yang dicari juga dapat memanfaatkan Google People Finder untuk memberitahukan kepada semua orang yang mencarinya mengenai keadaannya, seperti di gambar di bawah ini.

Solusi ini menyadarkan saya betapa teknologi tidak harus tampil canggih, dengan user interface yang berwarna-warni dan fitur keren. Hanya mengandalkan desain minimalis berbasis teks, asal tepat guna, sebenarnya suatu teknologi sudah cukup. Dengan Google People Finder ini, Anda cukup berbekal web browser yang kini menghuni hampir semua ponsel di dunia, Anda dapat memanfaatkan layanan ini. Kegunaan dan substansi jauh lebih penting, tapi malah sering dikesampingkan karena kadang kurang marketable alias komersil.

Bersama artikel ini, yangcanggih.com turut mengucapkan belasungkawa bagi para korban tsunami di Jepang hari ini.

Back to top button