Quantcast
News

XL Baca, Perpustakaan Digital Sistim Beli dan Rental

‘Bangsa yang pintar adalah bangsa yang gemar membaca’, istilah seperti ini pastinya sering dikumandangkan ketika program yang berkaitan dengan membaca diperkenalkan ke masyarakat. Sesuai dengan tujuan mencerdaskan bangsa, PT. XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan layanan data Digital Reading ‘XL Baca’. XL Baca merupakan aplikasi yang menyajikan konten berupa materi publikasi dalam format digital untuk buku, majalah dan surat kabar. Singkatnya, XL Baca merupakan rak buku digital yang menyediakan layanan pinjam dan beli buku. Aplikasi ini digagas berdasarkan kebiasaan masyarakan yang semakin mobile dan menggeser kegiatan membaca dalam format cetak menjadi format digital.

Nicanor V Santiago, Direktur Marketing XL mengatakan “2 alasan mengapa XL Baca menjadi sangat penting, yaitu layanan yang sangat inovatif baik untuk pengarang buku dan juga untuk pembaca sekaligus membuka cakrawala bangsa”. Visi yang digarap untuk layanan XL Baca adalah misi sosial yang berharap kemudahan membaca buku yang bisa diakses dari seluruh pelosok Indonesia. Mengingat banyak bagian wilayah yang masih tidak terjangkau oleh distribusi buku, majalah maupun koran.

Akses XL Baca untuk berbagai model smartphone memang baru bisa dinikmati April 2011 mendatang. Untuk saat ini, layanan XL Baca tersedia dalam paket bundling dengan ponsel pintar Huawei Ideos S7. Sebagai tahap awal, XL Baca telah bekerjasama dengan 7 penerbit sebagai penyedia konten. Yaitu Kompas Gramedia (buku), Mizan Digital Publishing (buku), MRA Printed Media (majalah), Tempo (majalah dan surat kabar), The Jakarta Post (surat kabar), dan Tiga Serangkai (buku).

Total konten sementara XL Baca sampai April 2011 nanti adalah 25 majalah, 2 surat kabar dan sedikitnya 900 judul buku. Target yang ingin dicapai sampai akhir 2011 nantinya adalah bekerja sama dengan 20 penerbit sebagai partner. Layanan XL Baca masih gratis untuk 1 bulan pertama. Setelah itu pengguna layanan akan dikenakan tarif untuk mendownload buku ataupun meminjam dari perpustakaan digital. Biaya yang dikenakan sangat kompetitif dan terjangkau. Untuk mendownload, biaya yang dikeluarkan 20-40% lebih murah dibandingkan harga format cetak. Asyiknya, ada tambahan diskon untuk majalah dan surat kabar, yaitu 10-20% dari biaya download jika berlangganan 1 dan 3 bulan. Sementara untuk sewa bulanan, pelanggan hanya cukup mengeluarkan tarif 75-85% lebih murah dari format cetak, atau sekitar Rp.2.500 – Rp.17.000 saja untuk satu judul buku.

Dengan XL Baca, membaca buku tidak harus membeli dengan harga mahal bukan.

Back to top button