Quantcast
KomputerTablet PC

Mengintip Tablet PC Acer di Acer Solution Day

Ngintip dulu ah...

Masih dari Acer Solution Day yang diadakan hari Selasa, 8 Maret 2011, kami sempat melihat, memegang, dan memutar-mutar Tablet PC terbaru dari Acer yang dijuluki Iconia Tab. Sayangnya YangCanggih belum bisa melaporkan seperti apa performa atau kesan pertama menggunakan Tablet PC keluaran Acer tersebut karena produk yang dipajang belum berjalan dengan OS yang semestinya.

Kami juga mendapatkan kesempatan berharga untuk berbincang-bincang dengan Roy Lim, Marketing Intelligence Specialist for Commercial Product Marketing, yang sempat memberikan sedikit gambaran mengenai jajaran Tablet PC Acer.

[tab:Wawancara]

Apa yang membuat Tablet PC Acer berbeda dibandingkan kompetitornya?
Pertama, Acer menggunakan beberapa sistem operasi untuk produk Tablet; yaitu Google Android, Microsoft Windows, dan Meego. Untuk kelas korporasi, tablet PC berbasis Windows sepertinya akan lebih mudah diterima. Bahkan kami juga memiliki Acer Iconia touchbook dengan dua layar LCD. Selain memberikan pilihan sistem operasi yang cukup banyak, Acer juga akan menghadirkan tablet PC dalam berbagai form factor; mulai dari layar berukuran 5 inci, 7 inci, sampai 10,1 inci. Selain itu, kami juga memberikan pilihan input antara dengan keyboard dalam bentuk docking atau full slate (layar sentuh sepenuhnya).
Dari sisi software, kami juga memberikan Acer Ring untuk mempermudah dan mempercepat akses ke berbagai informasi mulai dari social media sampai berita. Kami juga bekerjasama erat dengan Microsoft untuk memastikan bahwa pengalaman pengguna akan lebih baik. Misalnya, kami memastikan bahwa tiap gambar dan ikon di user interface akan ditampilkan dengan tajam di layar Tablet.

Banyak berita berseliweran bahwa tablet akan “membunuh” netbook. Apakah ada kemungkinan Acer akan berhenti memproduksi netbook?
Tentu tidak. Target dan konsep keduanya cukup berbeda. Ditambah lagi untuk pasar Indonesia, pasar netbook amat mengagumkan. Konsep netbook yang dulunya ditujukan sebagai komputer kedua, ternyata malah diserap pasar sebagai komputer pertama oleh pengguna yang baru pertama kali mengenal komputer. Tablet memang sedang tren, tapi sepertinya keduanya akan memenuhi segmen yang berbeda.

Bagaimana Acer akan menghadapi persaingan di pasar tablet?
Salah satu kekuatan kami adalah supply chain yang kuat. Dengan supply chain yang kuat, biaya produksi juga semakin efektif sehingga kami juga mampu menghadirkan produk yang inovatif dan kompetitif dari segi harga. Sekali lagi, Acer tidak hanya menghadirkan satu bentuk atau satu produk Tablet PC, tapi amat beragam. Nanti Anda akan lihat sendiri beragam produk Tablet PC Acer dalam beberapa bulan mendatang.

[tab:Acer Iconia Tab hands-on] Walaupun belum dapat memainkannya karena tidak ada sistem operasinya, kami sempat bermain-main dengan Acer Iconia W500. Sesuai kodenya (W untuk Windows), tablet PC ini memang agak tebal, tapi sudah dilengkapi berbagai koneksi seperti layaknya notebook. Anda akan menemukan koneksi HDMI, USB, serta keyboard dock yang akan menyulapnya menjadi laptop biasa. Konsep convertible ini memang sudah tidak asing bagi Acer, walaupun produk yang terdahulu tidak bisa dipisahkan antara keyboard dan layarnya.

Belum ada informasi mengenai harga Acer Iconia Tab W500 saat dipasarkan beberapa bulan mendatang.

Back to top button