Quantcast
News

[MWC] Qualcomm Umumkan Prosesor Quad Core

snapdragon

Tablet dan Smartphone dual-core mungkin memang sedang laris manis terutama pada Mobile World Congress, namun Qualcomm sang produsen chipset seluler menawarkan suatu hal yang lebih menjanjikan yaitu prosesor quad-core untuk perangkat seluler.

Qualcomm mengumumkan generasi penerus keluarga Snapdragon di Mobile World Congress, Barcelona pada hari Senin kemarin. Prosesor untuk perangkat seluler ini menawarkan kecepatan hingga 2,5 GHz pada tiap inti prosesornya dan akan tersedia untuk varian single, dual, dan quad-core. Yang lebih menarik lagi, chip-chip yang menggunakan micro-architecture “Krait” ini juga akan mengadopsi versi terbaru dari Adreno GPU.

MSM 8930 Single-core
Varian pertama yaitu prosesor single-core MSM 8930 yang merupakan solusi single-chip pertama yang  sudah terintegrasi dengan LTE modem. Target pasar untuk prosesor ini tampak jelas, prosesor ini akan kita temukan pada smartphone kelas bawah dan menengah.

MSM 8960 Dual-core
Sedangkan untuk varian dual-core yaitu MSM 8960, sudah di-integrasikan dengan multi-mode 3G/LTE modem. Prosesornya menggunakan dual asynchronous CPU yang bisa dikendalikan secara independen untuk memaksimalkan efisiensi dan kemampuan. Chipset ini juga mendukung memori LP DDR dual channel dan enhanced GPU.

APQ8064 Quad-core
Varian terakhir yang juga merupakan idola dari lini Snapdragon ini adalah prosesor quad-core APQ8064. Qualcomm menyebut prosesor ini sebagai jantung yang akan menghidupkan “perangkat komputasi dan hiburan generasi selanjutnya”, yang berarti bahwa chipset ini akan ditemukan pada tablet atau netbook hybrid high-end.

Prosesor dahsyat ini menawarkan empat inti CPU asynchronous dan quad-core Adreno 320 GPU. Hal tersebut membuktikan bahwa target chipset ini adalah untuk perangkat yang memiliki form factor yang lebih besar, APQ8064 akan mendukung memori PC dan LP DDR, interface PCIe dan beberapa port USB. LTE dan modem 3G juda dapat ditambhakn pada chipset ini sesuai kebutuhan pabrikan.

Sampel dari Snapdragon dual-core akan tersedia pada kuartal kedua tahun ini. Prosesor single-core dan quad-core akan segera hadir di awal tahun 2012.

Back to top button