Quantcast
AndroidAplikasi

Google Goggles: Aplikasi yang Mampu Memecahkan Permainan Sudoku

Ada satu lagi nih aplikasi canggih di Android dari Google yang mungkin teman-teman pembaca belum tahu, Google Goggles namanya. Aplikasi ini mampu membaca dan mencari informasi hanya dari sebuah gambar dari kamera seperti benda-benda, barcode, QR code, dan yang lebih hebatnya lagi, Google Goggles bisa memecahkan permainan Sudoku. Menarik bukan?

Cara kerja aplikasi ini cukup praktis, Anda tinggal menjalankan aplikasi ini lalu mengarahkan ke gambar yang ingin Anda cari tahu informasinya. Misal jika Anda ingin mencari informasi dari sebuah barcode sebuah produk, Anda tinggal memindai barcode produk tersebut dengan mengarahkan kamera Android ke arah barcode-nya dan Google Goggles akan dengan otomatis mendeteksi barcode dan memprosesnya sehingga Anda bisa mendapatkan informasi-informasi yang berkaitan dengan produk tersebut. Intinya, Google Goggles adalah semacam ekstensifikasi dari mesin pencari Google, namun ketimbang menggunakan keyword untuk mencari informasi, Anda menggunakan gambar.

google goggles screen

Selain itu, yang membuat saya cukup takjub adalah kemampuannya untuk memecahkan permainan Sudoku. Saya tidak ingin menjelaskan panjang lebar, karena Anda dapat langsung melihat bagaimana caranya dari video di bawah:

5 komentar

  1. @Kristian
    untuk beberapa benda dan barcode, tapi dari yang saya coba Google goggles men-detect benda yang mudah dikenal dari mereknya. kalau benda yang ga ada mereknya atau mereknya kurang dikenal sulit di-detect. Saya baru coba untuk sudoku, tapi ternyata kok ga bisa ya? :(

    @Edwin
    Terimakasih :)

    1. Pada awalnya, untuk mencoba memecahkan soal Sudoku dengan Google Goggles memang agak sedikit tricky. Saya pun sempat beberapa kali gagal melakukannya hingga bertanya-tanya “sebenarnya bisa ngga sih ini?” Namun setelah uji coba beberapa kali, akhirnya berhasil juga.

      Caranya cukup mudah: Ketika Goggles selesai memindai soal Sudoku dan yang terpenting ‘mengenalinya’ sebagai soal Sudoku yang bisa dipecahkan, akan ada tombol “Solve Puzzle” yang bisa Anda tekan untuk menyelesaikan soal sudoku dengan instan.

      Selamat mencoba. ;)

  2. Waktu pertama baca judulnya, sempet sebel karena saya suka main sudoku. Saya pikir “ahh kok ga seru bisa dipecahin secara cepat”
    tapi pas baca artikelnya ternyata aplikasi-nya seru ga cuma buat mecahin sudoku.
    video-nya jadi bikin saya mau praktekin ke buku sudoku saya yang belum saya isi.
    Makasih artikelnya :)

Back to top button