Quantcast
News

Layanan Nokia Comes With Music Berakhir

Pihak Nokia baru saja mengumumkan bahwa layanan Comes with Music yang ditanam pada beberapa tipe ponsel Nokia Music akan dihentikan. Alasan penghentian layanan yang mampu memanjakan konsumen dengan download file musik gratis dari perpustakaan OVI Music ini disinyalir karena kurang suksesnya penjualan paket ponsel dengan fasilitas download musik sepuasnya tersebut. Satu faktor yang dicurigai menjadi penyebab utama adalah lisensi DRM (Digital Rights Management).

Dengan lisensi DRM, file musik yang telah didownload dengan susah payah (jika menggunakan Wi-Fi) atau dengan mengeluarkan pulsa nominal tertentu hanya bisa dinikmati dari ponsel dan PC yang telah didaftarkan saja, tidak bisa dikopi atau dibagi ke teman atau perangkat lain. Koleksi lagu tersebut memang bisa disimpan dan diputar selamanya, tapi terbatas di PC yang telah didaftarkan dan ponsel Comes with Music saja. Sementara konsumen menginginkan layanan musik yang bebas DRM, sehingga lagu-lagu yang didownload dari Ovi Music Store tidak terikat pada perangkat tertentu dan bisa dibagikan ke perangkat (dan orang) lain.

Namun ternyata Nokia tidak mencabut layanan Comes With Music dari semua negara. Khusus untuk Cina, Indonesia, dan Indonesia, layanan download lagu sepuasnya ini masih bisa dinikmati selama setahun, sementara untuk Brazil, Turki, Afika Selatan durasinya 6 bulan. Pihak Nokia berjanji, bagi ponsel yang masa berlaku download lagu gratisnya masih aktif, maka pelanggan tersebut masih bisa melakukan donwload sampai masanya berakhir. So don’t worry.

Berikut adalah statement resmi dari pihak Nokia Ray Haddow yang dikutip dari website Nokia Users

We are currently working with our partners to deliver new, innovative music services as part of the Ovi experience during 2011. As we focus on delivering these, we will continue to offer 12 month Ovi Music Unlimited in China, India and Indonesia, while offering 6 month subscriptions in Brazil, Turkey and South Africa.

For other markets, we plan to cease producing Ovi Music Unlimited-edition devices at the end of the year. Naturally, there will be no disruption to the service for our existing customers in these markets or anyone who in the future purchases an Ovi Music Unlimited-edition device from stores while stocks last – they can continue to enjoy unlimited downloads for the duration of their original Ovi Music Unlimited subscription and keep those tracks forever.

Ovi Music – our DRM-free, a-la-carte music store – is not affected in any way and music fans can continue to purchase music in 38 markets.

Sebagai peenggantinya, Nokia akan menawarkan layanan baru di Nokia music store, dengan menghadirkan koleksi lagu bebas DRM untuk sekitar 38 negara termasuk Indonesia.

Back to top button