Quantcast

Review HP OMEN 15-ce086tx, Laptop Gaming Terjangkau dengan Build Quality Jempolan

Laptop gaming harga terjangkau dengan performa oke
Cek Harga

Segmen laptop gaming entry-level dengan harga di kisaran belasan juta rupiah memang menjadi pasar yang sangat menarik. Dengan harga yang relatif terjangkau, Anda bisa mendapatkan sebuah laptop gaming yang memiliki spesifikasi lumayan untuk bermain game terbaru dan menjalankan berbagai aplikasi yang cukup berat sekalipun. Salah satu dari laptop gaming tersebut adalah OMEN dari HP.

Lini laptop gaming dari HP, OMEN, sebenarnya pernah meluncur di Indonesia beberapa tahun silam. Di tahun 2017 ini, HP menghidupkan kembali lini OMEN dan menghadirkan jajaran laptop gaming dalam beberapa pilihan. Bukan cuma mengandalkan spesifikasi yang mumpuni untuk bermain game, laptop gaming HP Omen 15-ce086tx yang akan kami ulas kali ini juga menawarkan beberapa keunggulan lainnya.

Bodi Ramping, Bobot Ringan

HP OMEN 15-ce086tx tampil dengan desain yang garang dan pas untuk sebuah laptop gaming. Selain didominasi warna hitam di seluruh bagian bodinya, laptop gaming ini memiliki desain yang terkesan agresif. Ini membuatnya terlihat garang dan menunjukkan jati dirinya sebagai sebuah laptop gaming.

Laptop ini menggunakan kombinasi bahan plastik dengan area palm rest yang berbahan aluminium. Material plastik yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan membuat HP Omen 15-ce086tx ini terasa solid dan mantap saat digunakan. HP Omen 15 menggunakan warna hitam dengan sentuhan matte yang membuatnya terlihat garang, elegan, serta misterius secara bersamaan.

Di bagian belakang layar menggunakan bahan plastik dengan pola berbentuk seperti carbon fiber serta guratan besar yang membentuk huruf X. Kemudian HP juga menyematkan identitas OMEN dengan logo warna merahnya yang di bagian tengah. Secara keseluruhan, dari sisi estetika, desain laptop HP OMEN ini terasa

Lubang ventilasi diposisikan di bagian belakang sehingga tidak akan mengganggu Anda saat sedang bermain atau bekerja dengan laptop gaming ini. Kemudian lubangnya pun dibuat cukup besar untuk membantu menghasilkan pembuangan panas yang maksimal.

Soal ketersediaan port, HP Omen 15 menyediakan pilihan port yang lengkap. Di sisi kiri, terdapat port mic in, port audio out, USB 3.0, USB 3.1 Type-C, LAN, HDMI, dan mini DisplayPort. Sedangkan di sisi kanan, terdapat port sebuah SD card reader dan 2 port USB 3.0 serta port charger.

Laptop gaming biasanya memiliki ukuran yang cukup tebal dan berat, namun tidak demikian dengan laptop gaming ini. HP Omen 15-ce086tx memiliki ketebalan sekitar 24,5mm yang masih cukup wajar dan tidak terlalu tebal. Begitu pula dengan bobotnya yang berada di kisaran angka 2,25kg membuat Anda bisa tetap membawa laptop gaming ini kemana-mana tanpa perlu takut punggung Anda menjadi cepat pegal. Dan juga, charger milik laptop gaming ini mempunyai ukuran yang cukup kecil dan ringan yang membuatnya mudah disimpan di dalam tas.

Speaker Kencang, Keyboard Nyaman, Layar Standar

Sektor keyboard menjadi kelebihan dari HP Omen 15 ini. Dengan mengadopsi keyboard ukuran penuh yang dilengkapi tambahan numpad di sisi kanan, keyboard OMEN tidak hanya nyaman saat digunakan bermain game, tapi juga saat bekerja. Selain itu, tombol keyboard OMEN juga memiliki jarak travel yang cukup baik dan memberikan feedback yang oke, walaupun tidak menggunakan switch mekanikal.

Keyboard ini dilengkapi dengan backlight berwarna merah di seluruh tombolnya, kecuali tombol WASD yang berwarna putih. Sayangnya pengaturan backlight keyboard ini terlalu sederhana. Anda hanya bisa menghidupkan seluruh lampunya, atau hanya menghidupkan area WASD saja. Tingkat brightness lampu pada keyboard juga tidak dapat diatur.

Di sektor suara, HP Omen 15-ce086tx telah dibekali speaker yang cukup bagus. Dengan posisi speaker menghadap ke depan, laptop ini mampu mengeluarkan suara yang maksimal dengan suara yang langsung mengarah ke pengguna. Volume suara yang dihasilkan juga cukup besar dengan detail yang lumayan menyenangkan untuk bermain game, mendengarkan musik, maupun menonton film.

Layar HP OMEN 15-ce086tx memiliki ukuran 15,6 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixel. Layar ini memiliki lapisan matte yang minim pantulan sehingga tetap oke di . Hanya saja, kami merasa layar ini terasa sedikit kurang terang, walaupun setting brightness telah diposisikan maksimal. Dengan layarnya yang terasa agak redup, laptop gaming ini cukup sulit untuk digunakan di luar ruangan, apalagi saat terkena cahaya matahari.

Performa Baik untuk Berbagai Aplikasi

HP Omen 15-ce086tx membawa spesifikasi yang mirip seperti laptop gaming kelas entry-level maupun menengah pada umumnya. Laptop gaming ini dibekali dengan prosesor Intel Core i7 7700HQ, RAM DDR4 16GB, dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 Ti 4GB. Kemudian untuk penyimpanannya, HP Omen 15 menggunakan kombinasi SSD M.2 256GB untuk menampung sistem operasi, serta hard disk sebesar 1TB untuk menyimpan berbagai data lainnya.

Spesifikasi tersebut membuat HP Omen 15-ce086tx memiliki kemampuan yang cukup mumpuni untuk menjalankan game-game terbaru. Beberapa judul game papan atas seperti Battlefield 1, GTA V, dan PlayerUnknown’s Battlegrounds dapat dijalankan dengan lancar tanpa hambatan. Kami mampu menjalankan game tersebut pada tingkat grafis yang baik dengan mulus.

Saat diajak bermain game atau menjalankan tugas berat lainnya, HP OMEN 15-ce086tx ini juga mampu menjaga suhu operasional agar tetap optimal. Sistem pendinginan yang dimilikinya sanggup untuk melepas dengan cepat panas yang dihasilkan oleh prosesor dan kartu grafis saat bekerja keras. Area keyboard dan palm rest juga tetap nyaman digunakan tanpa ada rasa panas yang berlebih saat sedang digunakan maksimal.

Untuk daya tahan baterai, HP Omen 15-ce086tx ini mencatatkan penggunaan baterai yang cukup lumayan. Saat digunakan bekerja seperti mengetik atau browsing, Anda bisa menggunakan laptop ini selama sekitar 3 jam tanpa membutuhkan charger. Namun saat diajak bermain game, daya tahan baterainya langsung hanya dapat bertahan menjadi sekitar 1 jam saja.

Untuk mengetahui gambaran kinerja dari HP Omen 15-ce086tx, berikut kami tampilkan hasil dari beberapa benchmark yang kami jalankan.

Kesimpulan

HP OMEN 15-ce086tx adalah sebuah laptop gaming yang cukup baik untuk menandai kembalinya HP di segmen laptop gaming. Laptop ini memiliki desain yang keren dengan build quality yang terasa solid sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan dan membawanya kemana-mana. Apalagi didukung dengan bodinya yang cukup ramping dan bobotnya yang masih bisa dibilang tidak terlalu berat.

Jadi, HP Omen 15-ce086tx rasanya cocok bagi Anda yang sedang mencari sebuah laptop gaming di kelas entry-level. Dengan harga Rp18.999.000 yang masih cukup terjangkau untuk sebuah laptop gaming, Anda akan mendapatkan sebuah laptop gaming dengan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk menjalankan berbagai game dengan baik dan lancar. Bukan hanya untuk bermain game, HP Omen 15 ini juga pantas menjadi pilihan Anda yang sedang mencari laptop untuk bekerja, terutama untuk content creator.

Jadi bagi Anda yang mencari laptop gaming keren dengan spesifikasi baik dan harga relatif terjangkau, HP OMEN 15 ini dapat menjadi pilihan yang baik.

Yang Canggih:
+ Desain futuristik dengan bodi yang tidak mudah panas
+ Bodi cukup tipis dan ringan sehingga mudah untuk dibawa-bawa
+ Ukuran charger ringkas dan ringan
+ Posisi speaker menghadap depan menghadirkan suara yang bagus
+ Keyboard nyaman digunakan
+ Kinerja bagus untuk bermain game
+ Sistem pendinginan bekerja baik untuk melepas panas

Yang Kurang:
– Daya tahan baterai kurang
– Layar agak redup
– Pengaturan backlight keyboard terbatas

Spesifikasi HP Omen 15-ce086tx
Prosesor Intel Core i7 7700HQ
RAM DDR4 16GB
Penyimpanan SSD M.2 256GB + HDD 1TB
Kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 Ti 4GB
Layar 15,6 inci 1920 x 1080 pixel 60Hz
Konektitivitas 1 x mic in, 1 x audio out, 3x USB 3.0, 1 x USB 3.1 Type-C, LAN, HDMI, mini DisplayPort, WiFi AC, Bluetooth
Dimensi 388,5 x 275,5 x 24,8mm
Bobot 2,25kg
HP Omen 15-ce086tx
Tak hanya menawarkan spesifikasi yang baik, HP Omen 15-ce086tx menawarkan kualitas rancang bangun yang baik dengan penggunaan material berkualitas yang terasa solid.
Laptop gaming harga terjangkau dengan performa oke
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: