Quantcast
AplikasiBlackBerry

7 Aplikasi Blackberry Gratis untuk Mengingatkan Waktu Sholat

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat yang sangat dinanti oleh umat Islam. Dalam bulan ramadhan, Anda pasti ingin meningkatkan intensitas ibadah dengan melaksanakan sholat wajib dan sholat sunat. Nahh…jika di hari biasa Anda sering melewatkan kewajiban beribadah hanya karena alasan klasik ‘lupa’ ada baiknya mendownload salah satu diantara 8 aplikasi pengingat waktu sholat untuk Blackberry berikut :

Prayer Time

Aplikasi gratis yang satu ini memerlukan memori bebas yang terbilang kecil. Hanya dengan 43KB Anda bisa setting waktu sholat sesuai dengan lokasi. Aplikasi Prayer Times menyediakan informasi sholat update untuk 24.000 negara. Sesuai dengan labelnya, aplikasi Prayer Time hanya menyuguhkan informasi waktu sholat dengan alarm pengingat tanpa kumandang azan. Tetapi nilai lebih aplikasi ini terletak pada informasi lain berupa arah kiblat dan jarak kiblat dari lokasi Anda berpijak.

Download aplikasi Prayer Times dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau langsung ketik keyword Prayer Times’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry.

Prayer Time

Prayer Adhan

Sesuai dengan label ‘Adhan’ yang disematkan, aplikasi Prayer Adhan memang akan mengumandangkan Azan ketika masuk waktu sholat. Waktu sholat dalam aplikasi ini akan ditentukan otomatis tanpa harus setting lokasi karena telah menggunakan kalkulasi lokasi berdasarkan GPS. Aplikasi yang dikeluarkan bulan Maret 2011 lalu ini memang membutuhkan memori bebas yang jauh lebih besar dibandingkan aplikasi Prayer Time, yaitu 1019 KB.

Tetapi walaupun membutuhkan memori tersisa yang cukup besar, aplikasi ini akan sangat berguna bagi para traveller dengan tidak selalu setting lokasi untuk mendapatkan waktu sholat real time. Untuk mendownload aplikasi Prayer Adhan, bisa dilakukan dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau ketik keyword ‘Prayer Adhan’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

Prayer Adhan

Pray Time

Naaah jika 2 aplikasi diatas terbilang global, aplikasi Pray Time lebih spesifik niih. Aplikasi karya anak negri ini dibuat khusus hanya untuk pengguna Blackberry Playbook. Lokalisasi waktu juga hanya terbatas untuk kota kota di Indonesia saja. Tampilan informasi waktu sholat termasuk imsak dihadirkan dalam periode bulanan.

Data jadwal sholat didapatkan oleh sang pembuat aplikasi bersumber dari pkpu.co.id. Aplikasi Pray Time bisa berjalan offline tanpa membutuhkan koneksi internet. Dalam Prayer Time, Anda juga akan mendapatkan alarm pengingat waktu sholat, tetapi masih belum diketahui apakah pengingat tersebut dalam bentuh azan atau alarm biasa. Sayangnya, aplikasi ini terbilang sangat spesifik dengan kebutuhan memori yang cukup besar.

Untuk mendownload aplikasi Pray Time, bisa dilakukan dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau ketik keyword ‘Pray Time’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

Pray Time 3

Pray Time 1

Pray Time 2

SalatMK

Aplikasi SalatMK terpilih menjadi semi finalis dalam ajang kompetisi BlackBerry Partners Fund Super Apps Developer Challenge 2010. Walaupun diikutkan dalam ajang 2010, tetapi aplikasi ini baru mampir ke Appworld di bulan Mei 2011. Aplikasi SalatMK tidak hanya khusus menghadirkan informasi waktu sholat saja, tetapi juga arah kiblat dengan deteksi lokasi otomatis (tanpa input lokasi manual) dari fitur GPS. Agar akurat, kalkulasi lokasi bisa menggunakan 4 cara, yaitu Cell Tower, GPS Assisted, GPS dan Manual.

Fitur yang dihadirkan dalam aplikasi SalatMK antara lain :
– Pengingat salat wajib 5 waktu dengan pilihan alarm azan atau hanya getar.
– Kalender Hijriah dengan notifikasi hari besar Islam.
– Pilihan jenis Azan lebih dari satu.

Aplikasi yang available untuk Blackberry dengan minimal Operating System 4.5 ini membutuhkan memori yang terbilang menengah untuk beragam fasilitas yang ditawarkan, yaitu 608Kb. Download aplikasi SalatMK dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau ketik keyword ‘salatMK’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

SalatMK 3

SalatMK 1

SalatMK 2

Islamic Contents

Jika aplikasi SalatMK menghadirkan kalender hijriah dan penunjuk kiblat sebagai fitur pelengkap pengingat sholat, maka Islamic Content menghadirkan fitur yang lebih lengkap lagi. Aplikasi Islamic Content membungkus beragam konten islami di dalamnya. Tidak hanya menghadirkan fitur pengingat waktu sholat saja dan pencari arah kiblat saja, tetapi juga konten islami lain seperti kalender islami, zikir harian, penunjuk lokasi Masjid, Kalkulator Zakat, selawat, berbagai doa dan niat, serta Al-Qur’an digital. Lengkap bukan.

Download aplikasi Islamic Contents dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau ketik keyword ‘Islamic Contents’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

Islamic Contents 3

Islamic Contents 2

Islamic Contents 1

Islamic Contents 4

Teman Ibadah

Aplikasi yang satu ini juga buatan anak negri niih. Walaupun isi aplikasi menggunakan bahasa Inggris, tetapi aplikasi karya 7Langit ini menyuguhkan beragam fitur yang penting untuk pengguna Blackberry di Indonesia, mengingat beberapa fasilitas spesifik untuk Indonesia. Fitur yang dihadirkan dalam aplikasi Teman Ibadah antara lain :

• Dengan menggandeng Alifmagz.com, aplikasi Teman Ibadah menyuguhkan informasi seputar Quote of the Day, kisah religi (Hikayat), Doa Harian, Kisah Harian, serta tanya jawab seputar masalah islam.
• Memberikan informasi lokasi masjid/musholla terdekat. Dengan database lokasi 15.000 masjid/musholla di seluruh Indonesia.
• Menghadirkan informasi mudik.
• Bisa digunakan untuk menyimpan jadwal aktifitas islami dengan terhubung ke aplikasi BlackBerry? calendar.
• Menghadirkan Digital Wirid. Dengan mengaktifkan fasilitas digital wirid, Anda hanya cukup menekan trackball atau trackpad untuk menghitung wirid sebagaimana fungsi alat wirid digital atau penghitung wirid manual yang biasa disebut tasbih.
• Menghadirkan jadwal imsakiyah.
• Menghadirkan jadwal waktu sholat sesuai waktu sholat di kota Anda.
• Qur’an digital.
• Untuk yang hobby narsis dan ingin selalu eksis, Anda bisa mempublikasikan kegiatan islami atau batas pembacaan Al Qur’an yang telah atau sedang Anda lakukan langsung ke Twitter dan Facebook.

Download aplikasi Teman Ibadah dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau ketik keyword ‘Teman Ibadah’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

Teman Ibadah 3

Teman Ibadah 2

Teman Ibadah 1

Teman Ibadah 4

Islamic Pocket Guide

Aplikasi karya Veelabs ini juga memang bukan aplikasi baru yang bertandang ke Appworld. Aplikasi yang juga karya anak negri ini menghadirkan satu paket informasi yang dibutuhkan oleh umat Islam seperti yang disuguhkan oleh aplikasi Teman Ibadah. Hanya saja perbedaannya, Islamic Pocket Guide menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya. Aplikasi yang membutuhkan memori sebesar 955KB ini menyuguhkan rangkaian fitur antara lain :

– Pengingat waktu sholat dengan pilihan alarm Suara azan versi full, suara manusia, ringtone, dll.
– Penunjuk arah kiblat dengan pencarian arah yang cepat dan akurasi lokasi dengan LBS dan GPS Technology.
– Berbagi tulisan tentang islam ke pengguna aplikasi lain yang tergabung dalam IPG Community.
– Aplikasi yang tidak boros baterai.
– Jadwal sholat termasuk imsak sesuai lokasi.
– Perhitungan mundur sebelum masuk waktu sholat.

Download aplikasi Islamic Pocket Guide dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau ketik keyword ‘Islamic Pocket Guide’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

Islamic Pocket Guide 6

Islamic Pocket Guide 5

Islamic Pocket Guide 4

Islamic Pocket Guide 3

Islamic Pocket Guide 2

Islamic Pocket Guide 1

Islamic Pocket Guide 7

2 komentar

Back to top button