Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 3 Hadir dengan On-Device Generative AI

Qualcomm memperkenalkan chipset terbarunya di kelas menengah, yaitu Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 3. Yang menarik, untuk pertama kalinya di lini Snapdragon 7 Series, Qualcomm membenamkan teknologi On-Device Generative AI.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 3

Qualcomm Snapdragon 7+ Gen

Snapdragon 7+ Gen 3 merupakan versi upgrade dari Snapdragon 7 Gen 3. Chipset 4nm ini didukung single prime Cortex-X4 core pada CPU-nya, dan kemampuan on-device Generative AI yang sebelumnya hanya tersedia di chipset kelas flasghip maupun premium Qualcomm, seperti Snapdragon 8 Gen 3 dan Snapdragon 8s Gen 3.

Untuk Snapdragon 7+ Gen 3, Qualcomm menjanjikan peningkatan CPU sebesar 15% dan GPU 45% dibanding pendahulunya. Selain itu, chipset ini juga diklaim punya efisiensi daya 5% lebih baik. Konfigurasi CPU-nya adalah 1-core Cortex-X4 2.8GHz 4-core performa yang berjalan di 2.6GHz, dan 3-core hemat daya Cortex-A520 1.9GHz.

Seperti disebutkan di atas, Snapdragon 7+ Gen 3 dibekali teknologi on-device generative AI yang mendukung berbagai LLM dan LVM seperti Baichuan-7B, Llama 2, Gemini Nano, dan Zhipu ChatGLM. Fitur AI ini juga dipercaya akan menghadirkan asisten virtual lebih canggih.

Yang tidak kalah menarik, platform seluler ini menjadi Snapdragon 7 Series perdana yang konektivitasnya dipersenjatai Wi-Fi 7 dengan HBS (High Band Simultaneous) Multi-Link. Modem yang digunakan adalah Snapdragon X63 5G dengan FastConnect 7800.

Snapdragon 7 Gen 3 Summary Slide

Untuk fitur lainnya, Snapdragon 7+ Gen 3 kompatibel dengan layar hingga resolusi 4K 60Hz atau QHD+ 120Hz, serta variable refresh rate 1-240Hz. Produsen smartphone juga dapat memasangkan RAM LPDDR5X hingga 24 GB dan storage UFS 4.0.

Jadwal Ketersediaan

Belum ada informasi kapan perangkat pertama dengan Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 3 akan meluncur ke pasaran. Yang pasti, nama-nama seperti OnePlus, realme, dan Sharp tengah mempersiapkan produknya untuk dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button