Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review Samsung Galaxy S23 FE

Samsung Galaxy S23 FE
8.1
Cek Harga

Samsung Galaxy S23 FE atau Fan Edition merupakan versi terjangkau dari lini flagship S23 Series. Meski harganya lebih ramah kantong, smartphone ini tetap memiliki sederet fitur menarik yang membuatnya tampil cukup menonjol di kelas harganya.

Bahkan, bisa dibilang Galaxy S23 FE adalah alternatif paling pas untuk pengguna yang menginginkan kecanggihan seri flagship Samsung, namun dananya masih terbatas. Penasaran seperti apa keunggulannya? Yuk, langsung saja simak!

Desain premium

Tidak perlu meragukan soal kualitas desain dari Galaxy S23 FE. Meski harganya lebih murah dari S23 Series lainnya, smartphone ini masih terlihat premium dengan desain khas Galaxy Series di tahun 2023 ini. Sekali genggam saja, Anda akan langsung setuju bahwa ini adalah hp mahal.

Samsung Galaxy S23 FE

Sekilas desainnya agak mirip dengan Galaxy A54, baik ketika dilihat dari belakang maupun depan. Samsung menggunakan lapisan kaca pada back cover-nya, yang juga mengandalkan Gorilla Glass 5 seperti pada bagian depannya. Untuk frame, bahannya metal.

Dari segi dimensi dan bobot, Galaxy S23 FE tergolong perangkat yang nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan. Tidak mengganggu sama sekali ketika kami masukkan ke saku celana. Ukurannya di atas Galaxy S23 basic tapi masih di bawah S23+.

hands on Galaxy S23 FE 1

Samsung menyediakan lima pilihan warna yang kekinian, antara lain Mint, Cream, Graphite, Purple, dan warna eksklusif Indigo. Sekadar informasi tambahan, S23 FE memiliki sertifikasi IP68 untuk ketahanan terhadap air dan debu.

hands on Galaxy S23 FE 4

Pada bagian bawah terdapat port USB-C bersama dengan lubang speaker dan mikrofon. Tombol power dan pengaturan ada di sebelah kanan. Smartphone ini memiliki slot dual-SIM nano, tanpa kehadiran slot microSD. Paket penjualannya sama dengan sebagian besar ponsel Samsung terutama di kelas atas, yaitu hanya memberikan kabel USB-C saja.

Layar istimewa

Samsung Galaxy S23 FE didukung layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,4 inci Full HD+. Samsung turut membenamkan teknologi adaptive refresh rate 120Hz (60-120Hz). Teknologi Vision Booster pada Galaxy S23 FE secara otomatis bisa mendeteksi kondisi pencahayaan yang terang.

hands on Galaxy S23 FE 3

Singkat saja, layar ini amat memuaskan untuk menunjang berbagai kebutuhan sehari-hari. Tingkat kecerahannya juga baik sehingga mudah untuk melihat konten ketika berada di bawah sinar matahari.

Sedikit membahas audio, Samsung Galaxy S23 FE memiliki speaker stereo dengan kualitas suara yang jernih dan lantang. Tidak ada komplain. Sejauh pengujian kami, speaker ponsel ini sudah sangat memadai untuk menemani menonton video atau bermain games.

Kamera oke di berbagai kondisi

Samsung Galaxy S23 FE

Samsung Galaxy S23 FE didukung kamera utama 50 MP dengan teknologi Nightography, OIS, dan VDIS. Selain itu ada juga kamera tele 8 MP 3x optical zoom, kamera ultrawide 12 MP 123 derajat, dan kamera selfie 10 MP.

Menurut kami kameranya bagus untuk memotret dengan skenario indoor dan bantuan lampu. Kualitasnya benar-benar seperti hp kelas atas. Detail tajam, dynamic range-nya mantap, warna kaya dengan kontras yang menggugah selera, dan kemampuan portrait-nya pun oke.

20231010_114010

20231010_113124

20231010_112500

20231010_114042

Ketika berada di kondisi cahaya yang agak gelap, misalnya malam hari atau indoor dengan lampu temaram, kamera Galaxy S23 FE akan secara otomatis beralih ke mode Night. Hasil fotonya pun cukup baik, nuansa gelapnya dapat dan ketajaman serta warnanya tetap terjaga.

Indoor low light Samsung Galaxy S23 FE (9)

Indoor low light Samsung Galaxy S23 FE (10)

Indoor low light Samsung Galaxy S23 FE (7)

Indoor low light Samsung Galaxy S23 FE (11)

Bagaimana dengan kamera telenya? Dengan 3x zoom, untuk kami hasil fotonya masih menawan asalkan pemotretan dilakukan di kondisi cahaya yang ideal. Detail fotonya masih terlihat dengan jelas dan rapi, serta warnanya juga tidak meleset.

S23 FE 3x Optical zoom (1)

S23 FE 3x Optical zoom (2)

Untuk merekam video juga tidak kalah menggiurkan. Kamera depannya dapat digunakan untuk nge-vlog di resolusi 4K 60fps. Sementara untuk kamera belakangnya dapat merekam hingga resolusi 8K di 24fps, atau 4K 60fps.

Video Portrait

video Samsung Galaxy S23 FE

Performa gesit

Soal performa, versi Samsung Galaxy S23 FE yang beredar resmi di Indonesia menggunakan chipset Exynos 2200. Ada dua varian memori yang tersedia, yaitu 8/128 GB dan 8/256 GB. Karena tidak ada slot microSD, kami sarankan Anda memilih kapasitas sesuai dengan kebutuhan agar tidak cepat penuh di kemudian hari.

Soal performa tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Gesit untuk membuka dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Semua terasa mulus dan nyaman sekali. Untuk main game pun terasa bertenaga, walaupun mungkin masih ada yang performanya lebih kencang di kelasnya.

Game ringan seperti Mobile Legends jelas tidak akan menemui kendala saat dimainkan. Sementara untuk PUBG Mobile, lancar dengan mengatur grafis yang pas untuk mendapatkan frame rate yang stabil. Bagaimana dengan game berat seperti Genshin Impact? Masih oke di mode 60 fps dan akan turun setelah ponsel agak hangat.

Smartphone dengan baterai 4.500 mAh ini menawarkan daya tahan yang menurut kami standar saja. Tidak boros, tapi juga bukan yang paling awet. Intinya bisa menemani kami beraktivitas seharian dengan gaya pemakaian normal alias tidak terlalu intens.

Galaxy S23 FE mendukung kemampuan fast charging 25W yang dijanjikan mampu mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu 30 menit. Untuk penuh 100 persen bisa sekitar 1 jam. Cukup cepat, tapi harus diakui ada yang lebih cepat lagi di kelasnya. Fitur Fast Wireless Charging 2.0 dan Wireless PowerShare juga tersedia.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S23 FE merupakan smartphone yang menarik di kelasnya. Dengan harga yang lebih ramah kantong, Anda disuguhkan kualitas yang hampir setara dengan seri flagship Galaxy S. Bagi yang berminat, Galaxy S23 FE dijual dengan harga Rp8.999.000 untuk varian 8/128 GB, dan Rp9.999.000 untuk varian 8/256 GB.

Kelebihan Samsung Galaxy S23 FE:

  • Desain premium
  • Pilihan warna menarik
  • Layar sedap dipandang
  • Kamera bagus untuk foto maupun video
  • Konfigurasi kamera cukup lengkap, dan masing-masing lensa bisa diandalkan
  • Performa oke
  • Jaminan update jangka panjang
  • IP68
  • Speaker mantap
  • Ada fitur wireless charging

Kekurangan Samsung Galaxy S23 FE:

  • Tidak dapat charger di kemasan penjualannya
  • Fast charging belum secepat pesaingnya
  • Bobot agak berat
Samsung Galaxy S23 FE
Samsung Galaxy S23 FE
8.1
Cek Harga

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Kamera
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button