Quantcast
News

Gunakan Mesin Canggih, OPPO Find N3 Diproduksi di Pabrik Indonesia

OPPO, Kamis (26/10), kembali mengajak awak media untuk berkunjung ke pabrik OPPO Manufacturing Indonesia yang berlokasi di Bayur, Tangerang. Kali ini, OPPO ingin memamerkan seperti apa proses produksi dari smartrphone flagship foldable mereka, yaitu OPPO Find N3.

Mesin canggih untuk produksi OPPO Find N3

OPPO Find N3

Menurut OPPO, Find N3 merupakan smartphone flagship foldable pertama yang dirakit di pabrik OPPO Indonesia. Ada beberapa mesin canggih yang didatangkan khusus untuk mendukung proses produksi dari perangkat tersebut.

Contohnya adalah AOI Machine, alias Automated Optical Inspection). Mesin ini bekerja secara otomatis untuk memeriksa dan mengidentifikasi cacat atau ketidakkonsistenan pada produk, yang mungkin terlewatkan melalui inspeksi manual. Jika ada produk yang tidak memenuhi standar kualitas, mesin akan mengeluarkan peringatan.

Produksi OPPO Find N3 5

Ada juga mesin Pengeleman Unit yang akan mengaplikasikan lem secara tepat dan konsisten pada area di komponen produk. Sementara mesin Pemasangan Secondary Screen bertujuan untuk menunjang perakitan secondary screen yang membutuhkan tingkat akurasi sangat tinggi.

Mesin ini memastikan konektor BTB terpasang dengan sempurna, sehingga pemasangan layar kedua dapat dilakukan tanpa catat. Untuk pemasangan screen guard, OPPO menggunakan satu mesin khusus yang memang ditujukan untuk layar lipat, dan satu lagi mesin untuk memasang di layar kedua.

Produksi OPPO Find N3 3
Mesin pemasangan screen guard

Setelah melalui proses instalasi, produksi OPPO Find N3 berlanjut ke proses testing. Banyak pengetesan yang dilakukan untuk perangkat ini, misalnya Hall Test untuk mengetes dengan cara melipat ponsel pada sudut tertentu, dan melihat apakah Hall Sensor pada Find N3 akan mendeteksi sudut buka-tutup yang berkaitan dengan layar sebelah mana yang akan menyala.

Produksi OPPO Find N3 6

Beragam testing lainnya yang dilakukan adalah testing OIS (Optical Image Stabilization), Optical Axis Calibration dan Verification, serta Screen Color Calibration. Setelah melalui semuanya, barulah OPPO Find N3 dikemas dan siap dilepas ke pasaran.

“Produksi OPPO Find N3 ini melibatkan tenaga kerja dari Indonesia sebagai wujud komitmen OPPO dalam berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional serta pengembangan tenaga kerja Indonesia, ini juga menunjukkan komitmen OPPO terhadap market premium Indonesia,” kata Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia.

OPPO juga memiliki lab untuk Quality Control dengan serangkaian pengujian untuk memastikan kualitas dari Find N3, antara lain drop test, micro drop test, tumbling barrel test, folding test untuk menguji ketahanan engsel Flexion Hinge generasi ke-3, temperature shock, aging test, serta dust test.

Packing OPPO Find N3

Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia mengatakan, OPPO telah memasuki produksi minggu terakhir untuk Find N3. Lalu, kapan OPPO Find N3 resmi dijual di Indonesia? Bocorannya adalah di bulan November 2023 mendatang. Namun belum ada informasi kapan tanggal pastinya. Konsumen yang berminat bisa langsung menuju ke tautan berikut ini.

Sekilas tentang OPPO Manufacturing Indonesia

Bagi yang belum tahu, OPPO Manufacturing Indonesia merupakan pabrik OPPO dengan luas 10,1 hektar yang resmi beroperasi pada 1 Agustus 2022. Pabrik ini telah memproduksi berbagai lini smartphone OPPO, dari A series, Reno dan smartphone flagship Find series OPPO.

OPPO Manufacturing Indonesia memiliki kapasitas produksi hingga 1 juta perangkat per bulan, dan terdapat lebih dari 100 pos perakitan dengan lebih dari 130 tenaga kerja yang dikerahkan dalam perakitan OPPO Find N3 Series.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button