Quantcast
ReviewKomputerLaptop

Review Acer Swift Edge

Reader Rating1 Votes
2
7.9

Laptop yang memiliki layar berukuran besar biasanya identik dengan bobot berat yang membuatnya kurang nyaman dibawa ke mana-mana. Tapi lain cerita jika kita bicara soal laptop terbaru Acer yaitu Swift Edge. Inilah laptop 16 inci paling ringan di dunia saat ini, dengan bobot hanya sedikit di atas 1kg. Tapi apakah itu saja kelebihan laptop yang juga termasuk tipis itu? Berikut ulasan kami tentang laptop Acer Swift Edge beserta kelebihan dan kekurangannya.

Desain tipis dan ringan

Walaupun memiliki ukuran layar di atas rata-rata, desain Acer Swift Edge termasuk tipis dan ringan. Tidak hanya itu saja, bodinya termasuk cukup kokoh. Maka tidak heran jika laptop ini meraih penghargaan Good Design Award 2022 dan RedDot Winner 2022. Rahasia kekuatan rancangan bodinya terletak pada sasisnya yang memakai bahan magnesium aluminium. Acer mengklaim bahan ini dua kali lebih kuat dari aluminium biasa.  dengan cukup meyakinkan.

acer swift edge samping

Namun yang mengejutkan saat kami mencoba menekuk layarnya. Ternyata layarnya dengan mudah bisa sedikit membengkok. Tapi tentunya hal ini akan sulit dilakukan tanpa sengaja dan tentunya bukan hal yang wajar dilakukan pengguna kebanyakan.

Untuk menjaga agar laptop tetap dingin dan tidak terlalu panas, bagian keyboard Acer Swift Edge akan sedikit terangkat sehingga memberikan ruangan untuk sirkulasi udara. Hasilnya cukup efektif karena kami nyaris tidak merasakan panas yang mengganggu saat menggunakannya untuk tugas berat sekalipun.

acer swift edge badge

Kami juga menyukai konektivitas yang diberikan Acer di Swift Edge. Tercatat ada dua port USB Type C dan dua port USB Type A, jack audio, serta port HDMI berukuran penuh. Keyboard Swift Edge termasuk nyaman digunakan untuk mengetik lama-lama, walaupun tombolnya sedikit lebih kecil dibandingkan laptop kebanyakan. Saat kami menekan tombol keyboard dan area sekitarnya dengan sengaja, bodinya bisa menahan tekanan tersebut. Tombol mungilnya berbanding terbalik dengan touchpad yang ukurannya jauh lebih besar dibandingkan touchpad kebanyakan laptop. Jadi menavigasi Windows dan beragam aplikasi dengan touchpad dapat dilakukan dengan nyaman dan responsif.

Layar OLED 16 inci

Daya tarik utama Acer Swift Edge ada pada layar OLED 16 incinya. Dengan layar yang lega, beragam aktivitas seperti menonton film, menyunting foto dan video, serta mencari data di Internet akan dapat dilakukan dengan lebih nyaman.

Tidak hanya berukuran lega, layarnya juga punya kualitas jempolan. Warna hitam akan terlihat pekat, sementara warna lain akan terlihat cemerlang, sesuai dengan profil layar OLED pada umumnya. Kualitas layarnya ini akan jelas terlihat saat memutar video dan menampilkan foto. Untuk mengurangi resiko burn-in, kami sarankan Anda mengatur agar layar masuk ke screensaver dalam waktu 1-2 menit jika tidak ada aktivitas.

Memadai untuk Kebanyakan Pengguna

Acer Swift Edge hadir dalam dua pilihan konfigurasi. Versi paling terjangkau menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 6600U dan versi terbaik menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 6800U. Dari pengalaman kamu menggunakan versi AMD Ryzen 5, performanya sudah amat memadai untuk tugas-tugas mendasar seperti membuat presentasi, menyunting dokumen serta memutar video. Bahkan Swift Edge juga masih nyaman digunakan untuk menyunting editing foto dan video yang tidak terlalu kompleks. Apalagi jika Anda hanya menggunakan aplikasi Capcut saja.

Acer Swift Edge

Acer Swift Edge juga bisa diajak main game tipis-tipis, dengan pengaturan grafis di tingkat rendah hingga menengah, tergantung tuntutan game yang dimainkan. Hanya saja, kami menyarankan Anda mengatur resolusi game di bawah 4K agar game berjalan lebih lancar. Game-game ringan seperti FIFA 2023 bisa dimainkan cukup lancar, begitu juga dengan game strategi seperti Humankind dan sejenisnya. Kami tidak menyarankan Anda menggunakannya untuk bermain game serius yang kompetitif dengan aksi cepat karena laptop ini memang tidak dirancang untuk keperluan tersebut.

Daya tahan baterai Acer Swift Edge termasuk cukup oke.Dengan pola pemakaian menonton film dan browsing cukup sering, sambil membuka beragam dokumen, kami bisa menggunakannya hingga sekitar 8 jam. Kerennya lagi, ukuran charger Acer Swift Edge termasuk amat kecil untuk sebuah charger laptop. Bahkan ukurannya mirip seperti charger ponsel yang bisa muat di saku celana.

Laptop dengan Keunggulan Unik

Bagi yang sudah menggunakan laptop dengan ukuran layar yang lega, biasanya akan mengiyakan kalau ukuran layar yang lebih besar berbanding lurus dengan kenyamanan penggunaan. Dengan Swift Edge, Acer berhasil menghadirkan laptop berukuran besar yang amat ringan, punya performa baik, serta harga yang cukup premium mengingat absennya GPU dedicated. Bicara soal bobot, Acer Swift Edge ini bahkan bobotnya lebih ringan dibandingkan kebanyakan laptop 14 inci lainnya.

Dengan berbagai kelebihannya, Acer Swift Edge layak jadi pilihan pekerja mobile yang membutuhkan laptop ringan tapi punya performa tinggi, atau pengguna awam yang membutuhkan laptop yang nyaman dibawa dan digunakan untuk beragam kebutuhan. Acer Swift Edge sudah tersedia resmi dengan harga mulai dari 19,9 juta rupiah untuk varian dengan prosesor AMD Ryzen 5.

Kelebihan Acer Swift Edge

+ Bodi tipis dan amat ringan, tapi kokoh
+ Layar OLED yang lega dan berkualitas amat baik
+ Kinerja cukup kencang untuk beragam kebutuhan kecuali gaming dan kreasi konten yang berat
+ Touchpad lebar dan besar, nyaman untuk navigasi
+ Konektivitas lengkap untuk laptop setipis ini
+ Ukuran Charger ringkas
+ Manajemen panas efektif, memberi kenyamanan bagi pengguna

Kekurangan Acer Swift Edge

– Tombol keyboard agak kecil dari biasanya
– Layar agak mudah dibengkokkan tangan
– Harga premium untuk laptop tanpa GPU dedicated

Acer Swift Edge akan cocok untuk siapa?

Pecinta drakor dan film

Layar OLED 16 inci dengan kualitas visual yang tajam dan kaya warna akan memanjakan pecinta drama korea dan film. Bobotnya yang ringan juga tidak membuat pengguna kurang nyaman saat memangkunya sambil bersantai di ranjang.

Gamer

Bagi gamer kasual yang memainkan game ringan seperti game puzzle atau game platformer, akan cocok menggunakan Acer Swift Edge. Apalagi bagi yang suka bermain bersama teman, Acer Swift Edge akan mudah dibawa-bawa. Sayangnya, harga Acer Swift Edge termasuk premium sehingga jika aktivitas Anda di laptop lebih banyak untuk main game, ada Acer Nitro yang dijual dengan harga lebih terjangkau.

Pekerja profesional

Jika kebutuhan pekerjaan masih terbatas membuat naskah berupa teks dan presentasi, Acer Swift Edge jelas sangat memadai. Kebutuhan desain grafis dengan aplikasi sederhana seperti Canva juga bisa dilakukan dengan nyaman di laptop ini. Nilai tambahnya, pekerja profesional yang sering bepergian akan diuntungkan oleh bobotnya yang ringan dan tidak membebani bahu jika dibawa-bawa.

Pelajar dan mahasiswa

Bagi sebagian besar pelajar yang tidak membutuhkan laptop dengan kemampuan gaming ekstra, Acer Swift Edge sangat memadai. Tapi yang menjadi poin utama di sini adalah layar 16 incinya yang lega. Ukuran layar yang lega ini membuat mata tidak cepat lelah jika harus digunakan berlama-lama. Hanya saja, jika bobot ringan dan layar 16 inci tidak menjadi prioritas, banyak pilihan lain yang lebih terjangkau dengan performa lebih baik.

 

 

acer swift edge badge
Review Acer Swift Edge
Dengan berbagai kelebihannya, Acer Swift Edge layak jadi pilihan pekerja mobile yang membutuhkan laptop ringan tapi punya performa tinggi, atau pengguna awam yang membutuhkan laptop yang nyaman dibawa dan digunakan untuk beragam kebutuhan. Acer Swift Edge sudah tersedia resmi dengan harga mulai dari 19,9 juta rupiah untuk varian dengan prosesor AMD Ryzen 5.
Desain
8.5
Fitur
8.5
Performa
7.5
Harga
7
Reader Rating1 Votes
2
7.9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score

Back to top button