Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review vivo V27e

vivo V27e Lively Green 4
7.6
Cek Harga

vivo Indonesia meluncurkan vivo V27e sebagai opsi yang lebih terjangkau dibanding V27 5G. Ya, V27e memang masih mengandalkan jaringan 4G, dan dari segi fitur pun tidak semewah saudaranya. Meski begitu, ada beberapa keunggulan yang menurut kami cukup menarik, dan membuatnya layak menjadi target belanja.

vivo V27e

Kelebihan vivo V27e:

  • Tampilan premium dengan Aura Light yang unik
  • Layar AMOLED 120Hz
  • Performa mulus untuk beragam kebutuhan
  • Ada opsi RAM 12 GB
  • Kamera utama cukup oke untuk foto
  • Baterai tahan lama
  • Charging cepat 66W
  • Ada NFC
  • Paket penjualan tergolong lengkap

Kekurangan vivo V27e:

  • Tidak ada kamera ultrawide
  • Speaker belum stereo
  • Untuk kelas harganya, akan lebih menarik jika sudah memakai chipset 5G

Desain menawan

vivo menyajikan V27e dalam desain yang kurang lebih sama dengan V27 5G. Tepian datar, frame kamera kotak yang berukuran besar di kiri atas, serta Aura Light yang merupakan lampu flash dengan bentuk lingkaran seperti ring light, semua ada di sini.

vivo V27e

vivo V27e tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Lively Green dan Glory Black. Kalau ingin tampil beda, tentu kami sarankan untuk meminang Lively Green. Warna hijaunya terkesan modern dan menawarkan efek gradasi yang menawan ketika terkena cahaya.

Bodi smartphone ini memiliki ketebalan 7,7mm saja. Tergolong tipis dengna bobot yang juga pas, 184,2 gram. Sejauh pengalaman penggunaan kami, V27e terasa mantap digenggam walaupun bodi belakangnya agak licin jika Anda tidak memasang softcase.

Beralih ke depan, keluhan kami terkait vivo V25e yang masih mengusung layar berponi akhirnya terjawab. vivo sudah menggunakan layar punch hole yang lebih kekinian. Bezel di sekitarnya juga tidak terlalu tebal, meski bukan yang paling tipis.

vivo V27e Lively Green 2

Di sisi sebelah kanan terdapat tombol power dan pengaturan volume. Tombol power ini tidak berfungsi sebagai pembaca sidik jari, karena sensornya dibenamkan di dalam layar. Sementara di bawah terdapat port Type-C, lubang speaker, dan SIM-Tray (triple slot).

vivo V27e Lively Green 6

Dalam paket penjualannya, vivo masih menyertakan charger 66W yang sesuai dengan teknologi fast charging yang didukung oleh V27e. Satu nilai plus yang patut diapresiasi. Selain itu, Anda juga akan menemukan softcase bening.

vivo V27e Lively Green 5

Sekadar informasi tambahan, vivo V27e merupakan ponsel dengan sertifikasi IP54, yang artinya tahan terhadap cipratan air. NFC juga tersedia untuk memudahkan mengecek atau mengisi ulang saldo e-money. Perangkat ini mengadopsi sistem operasi Funtouch OS 13 berbasis Android 13.

Layar 120Hz

Kalau sensor sidik jari dibenamkan di bawah layar, tentu panel yang digunakan adalah AMOLED. Layar ponsel ini berukuran 6,62 inci, sedikit lebih besar dari generasi sebelumnya. Mengusung resolusi Full HD+, Anda juga bisa menikmati refresh rate tinggi hingga 120Hz.

Pada menu Settings atau Pengaturan, Anda bisa mengatur refresh rate untuk terkunci di 120Hz atau 60Hz jika ingin lebih hemat daya. vivo juga menyediakan fitur Smart Switch yang secara otomatis akan menyesuaikan refresh rate tergantung konten yang ditampilkan.

Soal tingkat kecerahannya, menurut kami layar vivo V27e tergolong bagus. Konten masih dapat terlihat dengan jelas saat berada di bawah sinar matahari terik, walaupun ada sedikit distorsi warna ketika menyentuh tingkat kecerahan maksimal.

Terkait audio, sangat disayangkan smartphone ini masih dibekali speaker mono saja. Pastinya bakal jauh lebih menarik jika sudah stereo seperti kebanyakan pesaingnya di kelas harga setara.

Kamera oke untuk fotografi

vivo V27e Lively Green 4

Untuk V27e, vivo menawarkan kamera 64 MP OIS di belakang beserta dua kamera pendamping yaitu 2 MP depth dan 2 MP makro. Lensa ultrawide? Sayangnya tidak ada. Menurut kami ketiadaan kamera sudut lebar merupakan sebuah kekurangan. Pasalnya, pada kebanyakan skenario pemotretan, kamera sudut lebar bakal lebih bermanfaat. Sementara di depan, ada kamera selfie 32 MP.

Bagaimana kualitas kameranya? Untuk kebutuhan fotografi, menurut kami sudah sangat memadai. Asalkan cahaya cukup, kamera utama mampu menangkap detil dengan baik dan menyajikan warna yang hidup namun tetap natural.

Auto vivo V27e (2)

Auto vivo V27e (1)

indoor vivo V27e (3)

indoor vivo V27e (1)

Memotret di dalam ruangan dengan bantuan cahaya dari lampu pun terasa mudah. Kamera mampu menyerap cahaya dengan baik, sehingga hasil foto indoor-nya juga tetap tajam. Untuk mengabadikan momen di malam hari, mode Night sangat membantu menghasilkan gambar yang lebih terang, walaupun terkadang agak mengubah suasana malam sehingga sedikit berbeda dengan aslinya.

Portrait vivo V27e (1)

Night Mode vivo V27e (6)

Night Mode vivo V27e (4)

Portrait vivo V27e (3)

Selfie? Kita sama-sama tahu kalau vivo cukup jago untuk urusan yang satu ini. Anda boleh berharap hasil foto yang mantap menggunakan kamera depan vivo V27e, baik di siang hari maupun malam hari. Mode portraitnya juga bagus, rapi dan bisa diatur efek bokehnya setelah foto diambil.

Selfie vivo V27e

Beralih ke videografi, menurut kami hasilnya standar saja. Ponsel ini mampu merekam hingga resolusi maksimal 1080p di 60fps. Kalau Anda menghidupkan fitur stabilization, maka frame rate akan dikunci di 30fps.

Performa cukup baik, charging cepat

Perangkat dengan chipset MediaTek Helio G99 hadir dalam dua varian memori, antara lain 8/256 GB dan 12/256 GB. Yang ada di meja pengujian kami adalah varian 12/256 GB. Dengan RAM sebesar 12 GB, menurut kami multitasking sudah terasa sangat lancar tanpa harus mengaktifkan fitur Extended RAM.

Walaupun belum 5G dan secara performa bukan yang paling kencang di kelas harganya, vivo V27e bisa diandalkan untuk menunjang beragam kebutuhan, termasuk gaming. Judul-judul seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan juga Genshin Impact yang masih bisa berjalan stabil di 30-40an fps.

Berbekal baterai 4.600 mAh yang di atas kertas lebih kecil dari sebagian besar ponsel pesaing yang sudah 5.000 mAh, ternyata V27e mampu memberikan daya tahan yang memuaskan. Ponsel ini mampu menemani aktivitas pengujian kami hingga seharian penuh tanpa harus khawatir baterai habis di tengah jalan.

Kalau harus mengisi daya, vivo memberikan teknologi 66W Flash Charge yang mampu melakukan charging cepat sekitar 1 jam saja untuk dapat penuh 100 persen.

Kesimpulan

Desain cantik, performa oke, kamera memadai, baterai tahan lama, dan charging cepat. Kombinasi yang menurut kami layak menempatkan vivo V27e sebagai salah satu opsi menarik di kelas harganya. Ini adalah ponsel all-around di kelas menengah yang cocok untuk beragam tipe pengguna.

Bagi yang berminat, vivo V27e dijual dengan harga Rp4.299.000 untuk varian RAM 8GB dan Rp4.899.000 untuk varian RAM 12GB. Klik tautan berikut ini untuk melakukan pembelian.

vivo V27e Lively Green 4
vivo V27e
Ini adalah ponsel all-around di kelas menengah yang cocok untuk beragam tipe pengguna
7.6
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Kamera
Fitur dan Performa
Baterai & Charging
Harga
Final Score

Back to top button