Quantcast
AplikasiMobile GadgetNewsSmartphone

Camera Assistant: Aplikasi Kamera Samsung dengan Fitur Pindah Lensa Otomatis

Tahukah Anda bahwa Samsung memiliki sebuah aplikasi kamera bernama Camera Assistant? Ya, aplikasi ini tersedia melalui Galaxy Store yang ada di ponsel Samsung. Ada banyak fitur menarik yang diusungnya. Yuk, simak penjelasan singkatnya.

Fitur Camera Assistant

Camera Assistant

Baru-baru ini Samsung merilis update untuk aplikasi Camera Assistant yang menghadirkan fitur Auto Lens Switching atau berpindah lensa secara otomatis. Fitur terebut akhirnya bisa digunakan oleh beberapa seri flagship seperti Galaxy Z Fold4, Fold3, Galaxy S21 Series, S20 Series, Note 20, dan Note 20 Ultra.

Sekadar informasi, pengguna ponsel yang lebih baru seperti Galaxy S23 Series dan Galaxy S22 Series sudah lebih dulu menikmati fitur Auto Lens Switching. Dengan fitur ini, ponsel akan memutuskan lensa mata yang paling tepat untuk digunakan dalam sebuah skenario pemotretan berdasarkan kualitas cahaya di sekitar dan jarak terhadap subjek.

Fitur Auto Lens Switching secara default akan langsung aktif, dan berpindah lensa antara kamera utama dan kamera tele. Karena kamera tele tidak bisa menyerap lebih banyak cahaya dibanding kamera utama, ketika kondisi agak temaram ponsel akan memilih memakai kamera utama dan meng-crop gambar untuk mendapatkan foto zoom seperti memakai kamera tele.

Camera Assistant

Selain Auto Lens Switching, Camera Assistant juga didukung beragam fitur menarik lainnya seperti HDR otomatis yang berguna untuk menangkap detil pada area terang maupun gelap, Soften Pictures untuk tekstur foto yang lebih oke, Quick Shote untuk mengurangi efek blur, waktu standby kamera agar aplikasi bisa terbuka dalam durasi yang ditentukan, dan yang tidak kalah penting adalah kemampuan untuk preview melalui HDMI display.

Update Camera Assistant

Aplikasi Camera Assistant mendapatkan update terbaru Maret 2023 dengan versi 1.1.01.1. Pastikan pula ponsel Anda sudah mengadopsi One UI 5.1. Untuk mengetahui apakah ponsel Anda sudah mendapatkan update tersebut, caranya adalah masuk ke Galaxy Store -> Menu -> Updates.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button