[CES 2023] Dell Concept Nyx Pamer Controller, Dilengkapi Tombol Shift dan Touchpad

Tahun lalu Dell Technologies memperkenalkan Concept Nyx, sebuah konsep gaming yang bisa dibilang cukup ambisius, karena menawarkan akses mudah ke perpustakaan game dari berbagai perangkat dan layar. Kini di CES 2023, Dell Concept Nyx memamerkan controller serta fitur splitscreen. Seperti apa?

Controller Concept Nyx

Concept Nyx Controller

Bagi yang belum tahu, ide dari Concept Nyx adalah menghadirkan sebuah ‘server’ dengan library game yang banyak, dan memungkinkan gamer memainkannya di berbagai layar yang ada di rumah. Misalnya, gamer mulai bermain di TV ruang keluarga, lalu pindah dan melanjutkannya di TV kamar.

Setahun berlalu, Dell kembali memberikan update soal kelanjutan proyek Nyx dengan mengumumkan aksesori berupa controller atau gamepad. Desainnya cukup unik, dan diklaim dapat memenuhi kebutuhan gamer dengan genre yang berbeda-beda.

“Kami kemudian mencoba mengeksplorasi lebih jauh untuk membuat controller yang bisa langsung melanjutkan sesi gim terakhir yang dimainkan. Kami juga terus berusaha untuk membuat controller yang secara otomatis dapat mengoptimalisasi tergantung dari game yang dimainkan,” kata Glen Robson, chief technology officer, Client Solutions Group, Dell Technologies.

svg%3E

Controller ini punya sensor sidik jari yang dapat membawa gamer menuju game pilihannya dalam sekejap. Gamer juga dapat memproyeksikan konten langsung ke salah satu perangkat atau layar dengan mengarahkan controller ke perangkat tersebut dan menarik pelatuknya. Ada juga beberapa fitur yang cukup menarik, misalnya tombol shift, scroll wheel, serta touchpad.

Fitur splitscreen

svg%3E

 

Fitur splitscreen menjadi salah satu update menarik yang dibawa Concept Nyx di CES 2023. Nantinya pengguna dapat melakukan multitasking dan melihat aplikasi pesan, email, film, atau game di layar terpisah yang intuitif. Pengguna pung bisa menyambungkan satu atau beberapa headset nirkabel sekaligus, lalu bermain game di separuh layar sementara anggota keluarga yang lain menonton film di separuh lainnya.

Verified by MonsterInsights