OPPO Indonesia Perkenalkan Reno8 5G, Ponsel Ramping yang Jago Portrait

Selain Reno8 Pro 5G yang dipastikan mengusung NPU MariSilicon X, satu produk lainnya dari keluarga Reno8 Series yang juga bakal dijual di Indonesia dalam waktu dekat adalah Reno8 5G. Dalam acara yang digelar di Jakarta, Rabu (3/8), OPPO memamerkan desain dan fitur kamera dari ponsel ini.

Desain unibody yang ramping

OPPO Reno8 5G dan Reno8 Pro 5G
OPPO Reno8 5G dan Reno8 Pro 5G

OPPO Reno8 5G merupakan smartphone yang mengadopsi desain unibody. Dimensinya ramping, 160.0 x 73.4mm, dengan ketebalan hanya 7,67mm dan berat 179 gram. Kombinasi yang bakal membuat perangkat lebih pas di genggaman tangan.

Konsep unibody sendiri mengintegrasikan modul kamera dan back cover (penutup belakang). Menurut OPPO, desain seperti ini akan mencegah debu menumpuk di sekitar area kamera, apalagi sampai masuk ke dalam kamera. Menariknya lagi, OPPO menciptakan desain kamera Reno8 5G yang terinspirasi dari kamera cinema vintage (Binocular Camera Module), dengan Ring Flash yang memberikan estetikan unik.

Smartphone ini akan tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Shimmer Gold dan Shimmer Black. Khusus untuk Shimmer Gold, efek gradiennya cukup unik karena mampu menampilkan warna-warna lainnya ketika terkena cahaya, misalnya pink. Selain itu, back cover ini juga dijanjikan tidak mudah kotor oleh bekas jari.

Reno8 5G

 

Perlu diketahui bahwa Reno8 5G memiliki layar berukuran 6,4 inci. Sayangnya OPPO belum mau menjelaskan lebih lanjut panel apa yang dipakai dan berapa resolusi maupun refresh rate-nya.

svg%3E

The Portrait Expert

Reno8 5G kembali mengusung jargon ‘The Portrait Expert’. Dibanding generasi sebelumnya, OPPO kini lebih mengedepankan kemampuan potret pada kondisi minim cahaya, termasuk untuk perekaman video. Salah satu fitur unggulannya adalah Ultra Night Video, yang secara otomatis mampu mendeteksi cahaya sekitar dan langsung aktif ketika dibutuhkan. Jadi, pengguna tidak perlu melakukan pengaturan secara manual.

Ultra Night Video mengandalkan AI untuk meningkatkan kualitas gambar, warna, dan juga mempertajam wajah agar video portrait menjadi lebih cerah dan jelas. Asyiknya lagi, fitur ini bisa digunakan baik dengan kamera belakang maupun kamera depan.

svg%3E

Selain itu ada pula Ultra HDR Video. Sesuai namanya, fitur ini akan menyesuaikan gambar secara otomatis pada kondisi perekaman yang terdapat bagian paling terang dan paling gelap. OPPO mengklaim, warna asli dan detail objek akan dipertahankan, dan video portrait bakal terlihat lebih jelas.

Fitur selanjutnya disebut Night Portrait. Menurut OPPO, Reno8 5G mengandalkan sensor kamera terdepan di industri dan didukung algoritme Turbo RAW yang telah ditingkatkan. Hasilnya, AI ponsel ini dapat mengurangi noise pada tiga lapisan warna R/G/B paralel di format RAW, sehingga foto potret malam hari bisa lebih jernih. Pratinjau atau preview gambar pun dapat disajikan 40 persen lebih cepat.

Jadwal rilis OPPO Reno8 5G

OPPO sudah mengumumkan bahwa Reno8 Series bakal meluncur di Indonesia pada bulan Agustus 2022. Belum ada informasi soal tanggal pastinya, maupun bocoran terkait harga. Dalam beberapa waktu ke depan, OPPO bakal mengungkap lebih rinci spesifikasi dan fitur lainnya dari ponsel ini. Kita tunggu saja!

Verified by MonsterInsights