Gandeng Sennheiser, Netflix Hadirkan Fitur Spatial Audio untuk Semua Perangkat

Netflix mengumumkan bahwa fitur Spatial Audio kini tersedia untuk semua perangkat untuk meningkatkan pengalaman dalam menikmati katalog original mereka. Bagi yang belum tahu, Spatial Audio menjanjikan pengalaman sinematik lebih maksimal berkat suara yang lebih realistis.

Netflix x Sennheiser

Netflix
foto: cultofmac.com

Untuk menghadirkan fitur tersebut di semua perangkat, Netflix secara khusus menggandeng Sennheiser. Keduanya bekerja sama untuk menciptakan output Spatial Audio agar bisa disajikan melalui speaker stereo atau headphone tanpa membutuhkan perangkat tambahan.

Format yang digunakan adalah AMBEO 2-Channel Spatial Audio milik Sennheiser. Untuk menghasilkan profil stereo yang lebih mendalam, AMBEO menggunakan track audio surround sound atau Dolby Atmos yang ada pada konten.

Jika tidak memiliki speaker dengan teknologi surround sound, fitur Spatial Audio akan otomatis aktif ketika memutar TV series atau film yang mendukung fitur ini. Namun apabila punya speaker surround sound, pengguna direkomendasikan untuk tetap menonton dalam format 5.1 atau Dolby Atmos.

“Kombinasi ajaib antara visual dan suara ini akan membawa penonton lebih dekat dengan cerita, dan kami sangat senang menambahkan kemampuan ini ke fitur lainnya yang kami dukung seperti 4K, HDR, Dolby Atmos, dan Netflix Calibrated Mode,” tulis Netflix di pengumuman resminya.

Judul yang mendukung Spatial Audio

Perlu digarisbawahi, tidak semua konten sudah mendukung Spatial Audio. Pengguna bisa mencari judul apa saja yang memiliki fitur tersebut dengan mengetik “Spatial Audio” di bilah pencarian aplikasi Netflix. Yangcanggih.com menemukan beberapa judul antara lain Stranger Things 4, Red Notice, The Withcer, The Adam Project, serta Locke & Key.

svg%3E

Sekadar informasi tambahan, sebelumnya fitur Spatial Audio telah dirilis untuk perangkat Apple seperti iPhone, iPad, serta Apple TV, yang bisa dinikmati menggunakan Airpods 3rd generation, Airpods Pro, Airpods Max, dan Beats Fit Pro.

Verified by MonsterInsights