[Gadget Guide] OPPO A96 dan Reno5 F, Pilih Mana?

Sebagai penantang baru di kelas menengah, OPPO A96 memiliki sederet fitur menarik yang membuatnya tampil cukup menonjol. Bahkan, jika dibandingkan dengan salah satu anggota Reno Series, Reno5 F, A96 mampu lebih unggul di beberapa sektor. Padahal, seperti diketahui di jajaran ponsel OPPO seri Reno satu tingkat lebih tinggi dari seri A.

Yang perlu digarisbawahi, OPPO A96 dan Reno5 F dijual dengan harga yang sama, yakni Rp4.299.000. Nah, untuk Anda yang sedang bimbang ingin memilih A96 atau Reno5 F sebagai daily driver selanjutnya, langsung saja simak panduan belanja singkat di bawah ini:

Perbedaan generasi chipset

Reno5 F merupakan ponsel yang dirilis tahun 2021 lalu. Karena itu, wajar jika generasi chipset yang digunakan kalah baru dibanding A96. Helio P95 yang menjadi andalan Reno5 F dikenal punya performa cukup kencang. Chipset ini mengadopsi fabrikasi 12nm.

OPPO A96

Sementara Snapdragon 680 pada OPPO A96 adalah chipset anyar dengan fabrikasi 6nm. Selain performanya lebih kencang, teknologi yang lebih baru juga memungkinkan efisiensi daya yang lebih baik. Untuk gaming pun Snapdragon 680 cukup bertenaga.

Butuh AMOLED atau 90Hz?

Kalau Anda menginginkan layar AMOLED dengan refresh rate 90Hz, sayangnya keduanya belum mampu menyuguhkannya. Reno5 F mengusung layar dengan panel AMOLED yang diyakini dapat memberikan tingkat kecerahan serta sajian warna yang memanjakan mata. Meski begitu, panel LTPS-LCD pada A96 juga tidak kalah tajam dan sedap dipandang.

svg%3E

Keunggulan layar OPPO A96 ada pada refresh rate yang sudah 90Hz. Itu artinya, Anda boleh berharap layar ini mampu menampilkan pergerakan gambar dengan lebih halus. OPPO juga membenamkan fitur Adaptive yang akan menyesuaikan refresh rate dengan kebutuhan Anda secara otomatis. Jadi, lebih pilih AMOLED atau refresh rate tinggi?

Seberapa besar ruang penyimpanan yang Anda perlukan?

OPPO Reno5 F dibekali storage internal 128 GB yang bisa diperluas dengan microSD sebesar 256 GB. Bagi kebanyakan orang, kapasitas sebesar ini sudah amat mencukupi. Anda bisa meng-install banyak aplikasi, games, maupun menyimpan foto dan video tanpa takut memori cepat habis.

Namun kalau Anda adalah seorang heavy user yang sering memotret atau merekam video, memainkan game-game berukuran besar, serta menaruh banyak file lainnya di smartphone, maka OPPO A96 yang menjadi anggota seri A pertama dengan storage 256 GB bisa jadi pilihan. Apalagi, OPPO tetap menyediakan slot microSD yang bisa dipasangkan hingga kapasitas 1 TB.

svg%3E

OPPO A96

Anda gemar multitasking?

Ekspansi RAM merupakan fitur kekinian yang memungkinkan kapasitas RAM bawaan diperbesar secara virtual. Fitur ini hadir di OPPO A96, tapi belum ada di Reno5 F. Dengan RAM bawaan sama-sama 8 GB, A96 lebih unggul karena ekpansi RAM memungkinkan melakukan penambahan hingga 5 GB, sehingga totalnya menjadi 13 GB. Kalau Anda gemar multitasking dengan membuka banyak aplikasi sekaligus, pilih OPPO A96!

Perlu NFC?

OPPO A96 ada NFC, sementara Reno5 F tidak punya. Anda sendiri, butuh NFC atau tidak?

svg%3E
OPPO Reno5 F

Perbandingan konfigurasi kamera

OPPO Reno5 F menawarkan konfigurasi kamera yang ideal untuk mengabadikan momen di berbagai kondisi. Untuk selfie mantap berkat kamera 32 MP di depan. Kombinasi kamera belakangnya 48 MP + 8 MP ultra-wide + 2 MP + 2 MP. Jika Anda benar-benar perlu kamera sudut lebar, maka jelas Anda harus meminang Reno5 F.

Mengapa demikian? Karena OPPO A96 tidak memiliki kamera ultra-wide. Di belakang ada sensor utama 50 MP dan kamera bokeh 2 MP. Sementara untuk selfie ada kamera 16 MP. Konfigurasi yang tentunya tidak kalah menggiurkan. Apalagi kalau Anda lebih menyukai memotret dengan kamera utama saja.

Baterai OPPO A96 lebih besar dan didukung SuperVOOC

OPPO A96 memang dirancang untuk membawa serangkaian upgrade fitur yang sebelumnya hanya bisa Anda temukan di keluarga Reno atau Find series. Jadi jangan heran saat menemukan teknologi 33W SuperVOOC untuk mengisi baterai 5.000 mAh. Selain mampu menemani aktivitas seharian penuh, SuperVOOC dapat mengisi baterai A96 hingga penuh 100 persen (dari kondisi di bawah 10 persen) dalam waktu sekitar 70 menit saja.

svg%3E

Sekadar informasi, Reno5 F punya baterai 4.310 mAh dengan teknologi 30W VOOC Flash Charge. Jadi bila Anda menginginkan kapasitas daya yang lebih besar dan teknologi charging yang lebih canggih, maka OPPO A96 jawabannya.

Nah, itulah sedikit panduan untuk memilih antara OPPO A96 atau Reno5 F. Bagi yang berminat dengan OPPO A96, perangkat ini dijual seharga Rp4.299.000 dan bisa dipesan mulai 7–15 April 2022 secara luring melalui jaringan OPPO Store serta toko–toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia. Pemesanan secara daring bisa melalui aplikasi OPPO Store yang terdapat di perangkat smartphone OPPO atau OPPO Official Store yang terdapat di jaringan situs e-dagang terkemuka di Indonesia.

Selama masa pemesanan, pengguna akan mendapatkan keuntungan senilai Rp1.359.000 berupa A96 Sound Box Bluetooth Speaker senilai 599 ribu rupiah secara terbatas dan selama persediaan masih ada. Potongan harga sebesar 300 ribu rupiah khusus untuk pembelian bundling dengan OPPO Watch Free.

Verified by MonsterInsights