Mobil Listrik Pertama Rakitan Indonesia, Hyundai IONIQ 5 Resmi Diluncurkan di IIMS 2022

PT Hyundai Motors Indonesia memperkenalkan IONIQ 5, mobil listrik berukuran sedang terbaru Hyundai, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang diselenggarakan dari 31 Maret hingga 10 April 2022. Hyundai IONIQ 5 ini juga menjadi mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang diproduksi secara massal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

svg%3E

Berbasis E-GMP

IONIQ 5 menawarkan desain futuristik yang dilengkapi dengan material ramah lingkungan, serta  menjadi mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yaitu sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV.

Didesain khusus untuk BEV, E-GMP memberikan berbagai manfaat termasuk peningkatan fleksibilitas, performa berkendara yang bertenaga, peningkatan jarak tempuh berkendara, serta penguatan fitur keselamatan. Dengan battery pack yang tertanam di bawah lantai kabin, E-GMP juga menciptakan lantai kabin yang rata sehingga memberikan ruang kaki yang lebih luas untuk penumpang.

svg%3E

Satu keuntungan E-GMP adalah pada peningkatan performa di kondisi tikungan dan stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi.  Platform E-GMP juga memiliki struktur pendukung yang terbuat dari baja berkekuatan sangat tinggi untuk mengamankan baterai. Komponen baja yang dibentuk melalui proses dipanaskan yang mengelilingi struktur ini juga memberikan kekokohan ekstra. Energi kinetik saat tabrakan dapat diserap secara efisien berkat dukungan di bagian penyerapan energi pada sisi body dan sasis, jalur beban energi yang efektif, serta bagian tengah dari battery pack yang terikat erat ke badan kendaraan.

Hyundai IONIQ 5 ini terdiri dari beberapa varian yaitu: IONIQ 5 Prime Standard Range, IONIQ 5 Prime Long Range, IONIQ 5 Signature Standard Range, dan IONIQ 5 Signature Long Range.

svg%3E

Dari segi performa, tipe Prime Standard dan Signature Standard mampu membuat IONIQ 5 melaju dari 0 – 100 km/jam dalam kurun waktu 8,5 detik, sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam kurun waktu 7,4 detik. IONIQ 5 juga memiliki jarak tempuh yang mengagumkan. IONIQ 5 tipe Prime Standard dan Signature Standard dapat dikendarai sejauh 384 KM bila baterai mobil sedang terisi penuh. Tidak hanya sampai di situ, IONIQ 5 tipe Long Range juga memiliki kemampuan jarak tempuh yang lebih mengesankan lagi, dengan tipe Prime Long Range mampu menempuh jarak 481 KM dan tipe Signature Long Range hingga 451 KM (berdasarkan WLTP1).

E-GMP juga membuat lini produk EV Hyundai, termasuk IONIQ 5, memiliki pilihan pengisian daya yang lebih bervariatif dan lebih cepat. IONIQ 5 membutuhkan waktu 5 jam (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 6 jam (tipe Prime Long Range dan Signature Long Range), untuk pengisian daya hingga 100% menggunakan fasilitas wall charger atau AC Charger. Kemudian, EV ini membutuhkan 46 menit (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 57 menit (tipe Prime Long range dan Signature Long Range), untuk pengisian daya hingga 80% di fasilitas fast-charging atau DC Charger kapasitas daya 50kW.

svg%3E

svg%3E

Dalam jangka panjang, Hyundai berencana menghadirkan fasilitas super fast-charging kapasitas daya 350 kW di Indonesia yang memungkinkan semua tipe IONIQ 5 dapat melakukan pengisian daya hingga 80% hanya dalam kurun waktu 18 menit.

Dilengkapi fitur keamanan canggih dan berlimpah

Sebagai mobil listrik yang paling mutakhir dan terbaik dari Hyundai, IONIQ 5 hadir dengan fitur keamanan canggih yang berlimpah seperti:

  • Hyundai SmartSense, sistem bantuan pengemudi mutakhir dari Hyundai yang akan terus memantau area sekitar dan membantu memberikan keamanan lebih dari potensi bahaya pada saat mengemudi.
  • Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan. Jika diperlukan, mobil akan secara otomatis mengerem jika sistem menilai adanya tabrakan yang akan terjadi.
  • Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA) yang akan membantu mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi visual dan audio, serta membantu mengembalikan mobil ke posisi ideal apabila keluar dari jalur marka.
  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) untuk mendeteksi serta memantau kendaraan yang datang dari arah belakang serta membantu menghindari potensi benturan atau tabrakan dengan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan. Sistem keamanan ini juga mencakup situasi ketika sedang melakukan proses parkir secara paralel.
  • Blind-Spot View Monitor (BVM) untuk menampilkan area blind spot di bagian belakang mobil . Tampilan visual BVM terletak di panel cluster mobil yaitu pada saat pengemudi mengaktifkan lampu sein, dalam situasi pengemudi hendak berganti jalur ketika berkendara.
  • Driver Attention Warning (DAW) yang berfungsi untuk memberi peringatan pada pengendara yang kurang konsentrasi saat berkendara untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya.
  • Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) untuk mendeteksi kendaraan yang mendekat dari arah belakang sebelah kanan maupun kiri. Sebuah tanda peringatan akan muncul jika ada kendaraan yang datang dari arah belakang. Sistem juga bisa mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan.
  • Smart Cruise Control dengan Stop & Go Function (SCC w/ S&G) guna mempertahankan jarak yang ditentukan dari mobil yang berada di depan dengan cara mengurangi atau meningkatkan kecepatan ke batas yang telah ditentukan secara otomatis.
  • High Beam Assist (HBA), yang dapat mendeteksi lampu depan dari kendaraan yang datang dari arah berlawanan, kemudian mengatur posisi penggunaan lampu dekat dan lampu jauh secara bergantian ketika sedang berkendara di malam hari atau di area dengan jarak pandang yang terbatas.

svg%3E

  • Surround View Monitor (SVM) untuk menghadirkan tampilan seluruh kendaraan dengan sudut pandang 360 derajat sehingga memudahkan pengemudi saat harus memarkir kendaraan di area yang sempit.
  • Brake Assist System (BAS), sistem yang akan meningkatkan kekuatan pengereman dan memperpendek jarak berhenti kendaraan di situasi darurat.
  • Vehicle Stability Management (VSM), sistem yang membantu kendaraan untuk tetap dalam kondisi stabil pada saat meningkatkan kecepatan atau melakukan pengereman secara mendadak pada kondisi jalanan yang basah, licin, dan tidak mulus.
  • Emergency Stop Signal (ESS) akan secara otomatis menyalakan lampu hazard jika mobil melakukan pengereman mendadak.
  • Rear Occupant Alert (ROA) yang memberikan peringatan bagi pengemudi untuk memeriksa apakah masih ada penumpang di bagian belakang ketika sedang keluar dari mobil yang digunakan.
  • Virtual Engine Sound System (VESS) yang menghasilkan suara atau audio unik untuk kendaraan listrik agar pengemudi lain sadar jika ada mobil mendekat.

Program Purna Jual Hyundai IONIQ 5

svg%3E

Hyundai IONIQ 5 hadir dalam llima pilihan warna eksterior, yaitu Optic White, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte. Sedangkan untuk warna interior, tersedia dalam Black 1-tone. IONIQ 5 terbaru ini terdiri dari berbagai varian yaitu: IONIQ 5 Prime Standard Range, IONIQ 5 Prime Long Range, IONIQ 5 Signature Standard Range, dan IONIQ 5 Signature Long Range.

HMID telah menyiapkan berbagai macam program purna jual untuk IONIQ 5 , termasuk:

  • Hyundai Call Center selama 24 jam di 0-800-1-878-878.
  • Garansi dasar 3 tahun atau 100.000 km (yang mana tercapai lebih dulu).
  • Gratis biaya jasa perawatan hingga 5 tahun atau 75.000 km (yang mana tercapai lebih dulu & hanya untuk biaya jasa).
  • Gratis 24 jam Roadside Assistance (melalui Hyundai Call Center di 0-800-1-878-878).
  • Program Layanan Hyundai Datang ke Mana Saja (melalui Hyundai Call Center di 0-800-1- 878-878).
  • Gratis 24 jam Emergency Mobile Charging Service selama masa garansi (melalui Hyundai Call Center di 0-800-1-878-878 & berlaku di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya).
  • Gratis suku cadang hingga 3 tahun atau 45.000 km (yang mana tercapai lebih dulu & sesuai jadwal perawatan rutin).
  • Gratis Pick Up & Delivery Service (melalui Hyundai Call Center di 0-800-1-878-878 & berlaku di Jabodetabek).
  • Garansi Baterai Kendaraan Listrik selama 8 Tahun/160,000 km.
  • Gratis AC Home Charger dan Biaya Instalasi.
  • Gratis portable charger.