ASUS RT-AX55: Router Dual-Band WiFi 6 Kencang dengan Dukungan AiProtection

Selain kategori PC dan mobile, ASUS juga memiliki rangkaian produk canggih di ranah networking. Salah satunya adalah ASUS RT-AX55, sebuah router Dual-Band WiFi 6 (802.11ax) yang diklaim mampu memberikan koneksi nirkabel kencang serta aman. Seperti apa fitur-fiturnya?

Fitur ASUS RT-AX55

ASUS RT-AX55

Karena sudah mengadopsi teknologi WiFi 6, router ini memiliki kapasitas dan efisiensi yang lebih baik. Dukungan MU-MIMO dan OFDMA secara efisien mampu mengalokasikan saluran dan berkomunikasi dengan beberapa perangkat sekaligus secara simultan. Cocok untuk pengguna yang punya banyak perangkat terhubung ke internet di rumah.

RT-AX55 mendukung bandwidth 80MHz dan 1024-QAM yang menurut ASUS akan meningkatkan kecepatan koneksi nirkabel secara signifikan. Total kecepatan jaringannya sekitar 1800 Mbps, antara lain 574 Mbps di 2.4 GHz dan 1201 Mbps di 5 GHz. Kalau dibandingkan dengan router dual-band 802.11ac, ASUS yakni RT-AX55 1.5 kali lipat lebih kencang. 1024-QAM sendiri memungkinkan laju data 25 persen lebih cepat dibanding standar lama 256-QAM.

Selain itu teknologi WiFi 6 yang masih baru juga membuat RT-AX55 future proof untuk pemakaian jangka panjang. Jangkauan WiFi-nya juga lebih luas, yang artinya turut membantu perangkat lain seperti laptop atau smartphone lebih mudah terhubung, sehingga konsumsi dayanya tidak boros.

svg%3E

Menariknya lagi, ASUS RT-AX55 dibekali fitur bernama Target Wake Time yang memungkinkan perangkat menjadwalkan interval pada perangkat untuk mengirim data. Dengan begitu, perangkat akan ‘tertidur’ saat tidak ada kebutuhan untuk menunggu sinyal dari router, sehingga dapat menghemat konsumsi daya hingga 7 kali lipat.

svg%3E

Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah AiProtection Classic. Didukung oleh Trend Micro, sistem keamanan ini sifatnya gratis selamanya dan secara otomatis dan berkala akan meng-update keamanan untuk melindungi perangkat serta data-data pribadi pengguna dari ancaman siber.

Perlu diketahui pula bahwa router RT-AX55 kompatibel dengan sistem ASUS AiMesh WiFi untuk menjangkau seluruh area rumah.

Harga ASUS RT-AX55

Bagi yang berminat, router ASUS RT-AX55 saat sudah bisa dibeli melalui beberapa e-commerce di Indonesia. Kisaran harganya sekitar 1,5 jutaan rupiah.