[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Samsung Galaxy A53 5G

Galaxy A53 5G merupakan jagoan terbaru Samsung untuk segmen menengah, yang saat ini sudah bisa dipesan di Indonesia dengan harga mulai dari 5,9 jutaan rupiah. Dalam sebuah sesi singkat yang digelar di Jakarta, Jumat (18/3), Yangcanggih.com berkesempatan untuk mencicipi langsung smartphone tersebut.

Penasaran bagaimana pengalaman dan kesan pertama kami terhadap Galaxy A53 5G? Yuk, langsung saja simak ulasan singkatnya!

Desain tidak banyak berubah

svg%3E

Ketika pertama kali menggenggam Galaxy A53 5G, kami langsung merasa ponsel ini mirip dengan Galaxy A52 atau A52s yang dirilis di Tanah Air tahun 2021 lalu. DNA desainnya tidak banyak berubah. Yang kami sadari hanya area sekitaran frame kamera belakang yang lekukannya kini dibuat lebih seamless, sehingga kesannya lebih menyatu dengan bodi. Samsung menyebutnya Ambient Edge.

Melalui Galaxy A53 5G, Samsung menawarkan varian warna baru bernama Awesome Peach. Dibandingkan tiga warna lainnya yaitu Awesome Blue, Awesome Black, dan Awesome White, menurut kami warna Peach-lah yang paling bikin jatuh hati. Tampilannya fresh, modern, elegan, dan tidak pasaran. Sebenarnya varian Blue juga oke, tapi bagi kami kurang memberikan sensasi yang berbeda karena warna ini sudah pernah ada di generasi terdahulu.

Finishing pada bodi bagian belakang Galaxy A53 5G cenderung matte. Lapisan terluarnya terasa halus ketika bersentuhan dengan kulit. Smartphone ini bukan yang paling ramping dan tipis di kelasnya karena memiliki ketebalan 8,1 mm, dengan bobot 189 gram. Meski begitu, Galaxy A53 5G masih cukup nyaman dioperasikan dengan satu tangan dan masuk ke saku celana.

svg%3E

Sementara di depan ada layar Super AMOLED Infinity-O berukuran 6,5 inci FHD+. Selain mampu memberikan kecerahan, ketajaman, dan reproduksi warna yang amat baik, nilai jual lainnya yang dimiliki layar ini tentunya refresh rate 120Hz. Anda juga bisa merasa aman selama menggunakannya karena Samsung memberi perlindungan lewat kaca Gorilla Glass 5.

Galaxy A53 5G sudah mengusung sistem speaker stereo. Satu catatan yang wajib Anda ketahui, smartphone ini sudah tidak memiliki port audio jack 3.5mm. Fitur yang sebelumnya masih ada di Galaxy A52 dan A52s. Jadi kalau Anda masih  memakai headphone kabel, siap-siap beralih ke TWS jika berminat meminang Galaxy A53 5G. Hal lain yang perlu diperhatikan, slot-nya bersifat hybrid yang artinya Anda harus memilih antara memasang SIM-card 2 atau microSD.

svg%3E

Oh iya, bodi Galaxy A53 5G sudah mengantongi sertifikasi IP67. Itu artinya, Anda tidak perlu khawatir ketika ponsel terguyur hujan maupun ketumpahan air minum. Memotret di kolam renang pun bukan masalah. Tapi perlu diketahui, saat di dalam air gunakan tombol volume down sebagai shutter kamera karena layar tidak responsif.

Kamera bagus

Ya, Galaxy A53 5G punya kamera mumpuni, setidaknya untuk pemotretan outdoor pada sore hari. Jujur saja kami belum bisa berbicara soal kemampuan low-light ponsel ini karena memang tidak sempat mencoba. Yang pasti, Anda bisa berharap hasil foto yang sama bagusnya (atau mungkin lebih baik?) dengan seri sebelumnya.

auto mode Galaxy A53 (11)

auto mode Galaxy A53 (7)

Di belakang, Anda akan menemukan kamera utama 64 MP f/1.8 lengkap dengan OIS. Ada juga kamera ultra-wide 12 MP, depth sensor 5 MP, dan kamera makro 5 MP. Sementara untuk yang gemar selfie, ada kamera 32 MP di depan. Untuk videografi, kamera utamanya mampu merekam hingga 4K 30fps.

ultra-wide Galaxy A53 (3)

Hasil foto Galaxy A53 5G sangat khas Samsung dengan saturasi yang diangkat sehingga warna terlihat lebih hidup. Dynamic range-nya luas, dan detail yang ditangkap cukup tinggi meski tetap terlihat adanya sedikit penajaman. Kamera depannya pun tidak kalah bagus dengan brand lain yang ‘jago’ selfie. Untuk portrait, masih perlu sedikit perbaikan soal pemisahan antara obyek utama dengan background.

auto mode Galaxy A53 (10)

Fun Mode Galaxy A53 (2)

Portrait Galaxy A53

Performa didukung Exynos 1280

Dari sektor performa, Samsung mengandalkan chipset Exynos 1280 dengan GPU Mali-G68. Ini adalah chipset baru, dan bisa dibilang Galaxy A53 5G yang pertama mengusungnya. RAM yang dibenamkan 8 GB dan bisa diperluas lewat fitur virtual RAM. Untuk storage, konsumen ditawarkan dua opsi antara lain 128 GB dan 256 GB.

svg%3E

Sekadar informasi, Galaxy A52s yang juga mendukung 5G dipersenjatai Qualcomm Snapdragon 778G. Karena tidak sempat menjalankan aplikasi benchmark, kami belum bisa menentukan mana di antara Exynos 1280 dan Snapdragon 778G yang lebih kencang kinerjanya. Namun kalau soal fabrikasi, Exynos 1280 sudah 5nm sementara 778G masih 6nm.

Dalam acara yang sama Samsung juga mengajak kami untuk mencoba kemampuan gaming dari Galaxy A53 5G dengan memainkan Mobile Legends. Ya, ini bukan game dengan kebutuhan grafis yang berat, jadi wajar kalau A53 mampu menangani pengaturan mentok kanan dan mendapatkan 60 fps stabil. Andai saja ada waktu lebih, kami lebih penasaran bagaimana performanya ketika menjalankan Genshin Impact.

svg%3E

Sekadar informasi tambahan, Galaxy A53 5G dibekali baterai 5.000 mAh, alias lebih besar dari Galaxy A52s yang memiliki 4.500 mAh. Namun sayangnya, dengan baterai yang lebih menggiurkan Samsung justru tidak lagi memberikan charger dalam dus penjualan A53, sementara di A52s masih tersedia.

Kesan pertama

Singkatnya, kesan pertama kami terhadap Galaxy A53 5G cukup positif. Samsung kembali berhasil menyajikan ponsel kelas menengah dengan desain yang tidak pasaran dan begitu ikonik. Warna baru Awesome Peach bisa jadi daya tarik utama untuk Anda yang ingin tampil beda.

Galaxy A53 5G

Sekilas Galaxy A53 5G adalah ponsel yang menyenangkan. Stylish, kameranya bagus, tahan air, dan performanya kencang. Meski begitu, sepertinya kami masih butuh waktu pengujian lebih lama karena belum menemukan sebuah kelebihan signifikan yang bikin ponsel ini lebih istimewa dibanding seniornya, Galaxy A52s. Apalagi, harga A52s kini sudah jauh lebih murah.

Bagi yang berminat, Galaxy A53 5G dijual dengan harga Rp5.999.000 untuk varian 8/128 GB, dan Rp6.499.000 untuk varian 8/256 GB. Pre-order dibuka mulai 18-20 Maret 2022 dan konsumen bisa melakukan pemesanan melalui website Samsung.com/id serta Blibli.

Selama periode tersebut, Samsung menawarkan bonus senilai 5,3 juta rupiah yang terdiri dari Galaxy Buds Live gratis, Samsung Care+ selama 1 tahun, skin Mobile Legends, serta paket data XL 120 GB selama 1 tahun dengan pengisian 25 ribu rupiah per bulan.

Verified by MonsterInsights